Apa Itu Spotify, dan Apakah Gratis?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Dengan begitu banyak layanan streaming yang tersedia, mungkin sulit untuk mengetahui apa yang ditawarkan masing-masing layanan. Spotify adalah salah satu nama terbesar dalam streaming. Kami akan menjelaskan apa itu dan apakah Anda perlu membayarnya.

Apa itu Spotify?

Spotify didirikan pada tahun 2006 oleh Daniel Ek dan Martin Lorentzon di Stockholm, Swedia. Ini adalah saat ketika layanan berbagi file sangat populer. Banyak orang yang mengunduh musik secara gratis secara ilegal.

Pendiri Spotify ingin “menciptakan layanan yang lebih baik daripada pembajakan dan pada saat yang sama memberikan kompensasi kepada industri musik”. Itulah ide utama di balik layanan ini: Permudah pembelian musik sehingga orang akan lebih menyukainya daripada pembajakan.

Cara termudah untuk memikirkan Spotify adalah “Netflix musik.” Daripada membayar untuk setiap lagu atau album satu per satu, Anda mendapatkan akses ke semuanya dengan biaya bulanan. Namun, tidak seperti Netflix, Anda tidak perlu membayar untuk Spotify. Lebih lanjut tentang itu nanti.

Spotify bukan hanya tentang lagu dan album. Sebagian besar pengalaman Spotify adalah daftar putar. Spotify membuat daftar putar “Dibuat untuk Anda” yang dipersonalisasi berdasarkan riwayat mendengarkan dan artis serta lagu favorit Anda. Banyak dari daftar putar ini diperbarui setiap hari agar tetap segar.

Semua pengguna Spotify juga dapat membuat daftar putar mereka sendiri. Itu berarti Anda dapat membuat sendiri, tetapi Anda juga dapat menemukan daftar putar yang dibuat oleh pengguna lain. Jika Anda lebih suka pengalaman mendengarkan yang lebih pasif, daftar putar adalah cara yang bagus.

Singkatnya, Spotify seperti banyak layanan streaming, tetapi Spotify adalah salah satu yang pertama mempelopori konsep tersebut. Ada layanan streaming musik lain di luar sana, tetapi daftar putar dan katalog podcast Spotify menjadikannya opsi yang sangat populer.

Apakah Spotify Gratis?

Ya, Spotify gratis. Seperti yang disebutkan, Anda tidak perlu membayar untuk menggunakan Spotify jika Anda tidak mau. Namun, ada beberapa batasan yang menyertai penggunaan versi gratis Spotify.

Pertama dan terutama, versi gratis memiliki iklan. Anda akan mendengar iklan singkat setiap beberapa lagu. Terkadang, Anda akan mendapatkan opsi untuk mendengarkan iklan yang lebih lama untuk mendapatkan periode bebas iklan yang diperpanjang.

Tangkapan kedua adalah bagaimana Anda dapat mendengarkan musik. Dengan aplikasi desktop, Anda dapat mendengarkan hampir semua hal yang Anda inginkan kapan saja. Namun, aplikasi seluler memiliki batasan. Anda dapat mendengarkan daftar putar “Dibuat untuk Anda” yang disebutkan di atas sesuka Anda, tetapi yang lainnya harus didengarkan secara acak. Anda tidak dapat membuka album dan memutar lagu tertentu.

Jika Anda terutama mendengarkan daftar putar “Dibuat untuk Anda” yang dipersonalisasi, tingkat gratisnya tidak terlalu buruk. Iklannya tidak terlalu mengganggu, dan Anda masih dapat mendengarkan musik lain, hanya saja tidak sesuai urutan pilihan Anda.

Berapa Spotify Premium?

Bagaimana jika Anda tidak ingin berurusan dengan semua iklan dan batasan yang disertakan dengan tingkat gratis? Spotify memiliki empat langganan “Premium” berbeda yang dapat Anda beli (harga per Agustus 2022):

Individual: Satu akun seharga $9,99 per bulan.Duo: Dua akun seharga $12,99 per bulan. Keluarga: Hingga enam akun seharga $15,99 per bulan.Siswa: Satu akun seharga $4,99 per bulan (harus membuktikan bahwa Anda bersekolah di institusi pendidikan tinggi yang terakreditasi).

Apa yang Anda dapatkan? Seperti yang Anda duga, Anda tidak perlu mendengar iklan lagi. Itu keuntungan besar. Anda juga dapat mendengarkan lagu, album, artis, atau daftar putar kapan saja dalam urutan apa pun dengan lompatan tanpa batas. Tidak ada lagi mode acak acak.

Salah satu fitur terbaik dari langganan Premium adalah unduhan offline. Anda dapat mengunduh lagu, album, atau daftar putar sehingga tersedia untuk didengarkan tanpa koneksi internet. Ini juga cara yang bagus untuk menghemat data.

Terakhir, Anda juga dapat mendengarkan streaming audio berkualitas lebih tinggi. Lagu-lagu dialirkan pada 96kbps di ponsel dan 160kbps di komputer Anda dengan paket gratis. Dengan Premium, Anda dapat mendengarkan lagu hingga 320kbps, yang sangat mirip dengan audio berkualitas CD.

Begitulah ceritanya di Spotify. Itu dibuat untuk menjauhkan orang dari mengunduh musik secara ilegal, tetapi banyak artis masih tidak senang dengan cara mereka dibayar dari Spotify. Anda dapat menggunakan Spotify secara gratis atau mendapatkan lebih banyak fitur dengan paket berbayar. Ini hanyalah salah satu dari banyak layanan yang dapat Anda gunakan untuk music.

Itulah berita seputar Apa Itu Spotify, dan Apakah Gratis?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.