Apa Itu Tas Faraday, dan Haruskah Anda Menggunakannya?

Faraday menggunakan prinsip yang sama seperti sangkar Faraday untuk mencegah sinyal nirkabel keluar atau mencapai perangkat Anda. Jadi apa alasan untuk menggunakannya, dan apa bedanya dengan mematikan perangkat atau menggunakan mode pesawat?

Cara Kerja Tas Faraday

Tas Faraday pada dasarnya adalah sangkar Faraday yang portabel dan fleksibel. Sangkar Faraday, dinamai ilmuwan Michael Faraday, menghalangi gelombang elektromagnetik mencapai apa pun di dalamnya.

Kandang ini bekerja dengan mengelilingi objek dengan jaring logam konduktif. Ketika medan elektromagnetik bertemu dengan sangkar, itu dilakukan di sekitar benda-benda di dalamnya. Jika Anda tersambar petir saat berada di dalam sangkar Faraday, Anda tidak akan terluka sama sekali karena energi dialihkan di sekitar Anda. Idealnya, sangkar harus terbuat dari logam terus menerus, tetapi seringkali terlalu mahal atau tidak praktis. Jala juga berfungsi dengan baik, selama lubang pada kasa cukup kecil dari panjang gelombang sinyal yang ingin Anda blokir.

Kembali ke tas Faraday, tas ini terbuat dari bahan logam konduktif yang menghalangi sinyal mencapai apa pun yang ada di dalamnya. Anda dapat membeli tas ini hampir di mana saja akhir-akhir ini, jadi apakah tas tersebut sepadan dengan waktu dan uang Anda?

Mengapa Menggunakan Tas Faraday?

Pertimbangkan bahwa ponsel cerdas Anda mungkin tidak memiliki baterai yang dapat dilepas dan bahwa Wi-Fi, Bluetooth, dan internal lainnya radio dioperasikan oleh sakelar perangkat lunak—bukan sakelar pemutus fisik. Dengan kata lain, Anda tidak memiliki cara untuk mengetahui bahwa perangkat Anda benar-benar tidak mengirim dan menerima data saat Anda memasukkannya ke mode pesawat atau menonaktifkan Wi-Fi.

Itulah salah satu alasannya Tas Faraday berguna. Saat Anda ingin memastikan perangkat Anda tidak berjabat tangan dengan hotspot Wi-Fi, menara seluler, pembaca RFID, dan suar Bluetooth, Anda dapat menggunakan tas untuk menyembunyikannya. Jika Anda ingin menyamar untuk sementara, menggunakan tas Faraday lebih baik daripada meninggalkan ponsel Anda.

Alasan bagus lainnya untuk menggunakan tas Faraday adalah untuk melindungi perangkat RFID Anda agar tidak di-skim. Anda dapat meletakkan kartu akses, fob RFID mobil, dan apa pun yang dapat disalin dalam jarak dekat di dalam tas. Ini akan menggagalkan penjahat yang mencoba mencuri data Anda menggunakan metode skimming.

Memastikan Tas Faraday Anda Berfungsi

Tas Faraday efektif, tetapi dapat disusupi. Jika tas mengembangkan lubang atau bahannya aus, itu bisa mulai memungkinkan sinyal masuk. Beberapa tas Faraday tidak ada gunanya. Cara paling sederhana untuk melihat apakah tasnya berfungsi adalah dengan meletakkan ponsel Anda di dalamnya dan kemudian mencoba meneleponnya dari perangkat lain. Jika panggilan berhasil, maka Anda tahu tasnya tidak berfungsi dengan baik. Hal yang sama berlaku untuk kartu RFID. Jika kartu masih berfungsi saat disegel di dalam tas, tas itu tidak berfungsi dengan benar.

Mission Darkness, produsen tas Faraday, juga memiliki aplikasi Android yang dirancang untuk menguji tas. Setelah menjalankan pengujian, Anda akan mendapatkan laporan yang menunjukkan dengan tepat apa yang dapat (atau tidak dapat dilakukan) oleh aplikasi untuk melewati perisai.

Haruskah Anda Menggunakan Tas Faraday?

Dengan asumsi Anda memiliki tas kerja yang dapat Anda percaya untuk melakukan tugasnya , tidak ada salahnya menambahkannya ke gudang privasi pribadi Anda. Kemampuan untuk memutuskan perangkat Anda dari komunikasi nirkabel adalah opsi yang ampuh ketika Anda tidak, misalnya, ingin Google mengetahui bahwa Anda sedang mengunjungi tempat-tempat tertentu. Jika Anda menduga bahwa ponsel Anda telah disusupi oleh malware pelacak yang serius, seperti rootkit, tas ini menyediakan cara non-teknis untuk menangani masalah dengan segera. Bahkan peretas tidak dapat meretas hukum fisika, bagaimanapun juga.

Ada kerugian menggunakan tas Faraday. Jika Anda lupa barang-barang Anda di dalam tas, Anda akan kehilangan panggilan dan email. Jika Anda kehilangan tas, Anda tidak dapat menggunakan layanan seperti Cari Milik Saya untuk melacak barang-barang Anda. Fitur berbagi lokasi fungsional juga menawarkan tingkat keamanan dalam situasi darurat. Namun, gunakan milik Anda dengan benar, dan Anda dapat masuk dan keluar jaringan sesuka hati tanpa menyerah pada ponsel cerdas Anda. Sekarang Anda hanya perlu berurusan dengan pengenalan wajah publik.

Itulah berita seputar Apa Itu Tas Faraday, dan Haruskah Anda Menggunakannya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.