Apa Itu Teknologi XeSS Intel, dan Bagaimana Cara Kerjanya?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Intel pertama menggembar-gemborkan teknologi baru yang disebut XeSS. Ini menjanjikan peningkatan FPS yang luar biasa, tetapi apa sebenarnya itu, dan seberapa baik kerjanya?

Apa itu Intel XeSS?

Intel XeSS, juga dikenal sebagai Intel Xe Super Sampling, singkatnya, adalah respons Intel terhadap DLSS NVIDIA dan FSR AMD. Ini adalah teknologi peningkatan yang bekerja dengan merender bingkai pada resolusi rendah dan meningkatkannya menjadi resolusi yang lebih besar dengan sedikit kehilangan kualitas gambar sebenarnya. Itu melakukan keajaibannya menggunakan, tentu saja, pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan.

Sebenarnya ada dua versi XeSS yang perlu Anda ketahui. Yang pertama bersumber terbuka dan berfungsi pada kartu grafis apa pun yang mendukung instruksi DP4A — pada dasarnya ini adalah kumpulan instruksi yang didukung dalam berbagai GPU yang membantu mempercepat perhitungan kecerdasan buatan. Set instruksi tersebut didukung pada hampir semua GPU NVIDIA sejak arsitektur Pascal (2016) dan semua GPU AMD sejak Vega 20 (2018) dan RDNA 1 (2019). Ini adalah pengambilan sampel super yang belum sempurna, seperti yang dimiliki AMD saat ini dengan FSR.

Yang kedua memanfaatkan unit XMX Intel (inti perangkat keras peningkat AI yang setara dengan inti Tensor NVIDIA), termasuk dalam Intel Arc A770 dan A750, untuk mencapai hasil yang lebih berkualitas. Bertentangan dengan versi pertama, yang satu ini eksklusif untuk kartu Intel, karena menggunakan perangkat keras berpemilik yang tidak dimiliki oleh kartu dari pabrikan lain.

AMD dan NVIDIA mengambil pendekatan berbeda untuk teknologi peningkatan mereka. NVIDIA membuat sesuatu yang memanfaatkan perangkat keras eksklusifnya sendiri, membuat sesuatu yang bekerja dengan sangat baik tetapi hanya berfungsi pada kartu RTX-nya sendiri. AMD, di sisi lain, membuat sesuatu yang open source dan tidak bergantung pada perangkat keras apa pun, membuatnya bekerja dengan GPU dari semua pabrikan, tidak hanya GPU AMD. Dengan pendekatan dua versi ini, Intel menjadikan XeSS sesuatu yang dapat bersaing secara efektif dengan AMD dan NVIDIA

Versi XMX dari XeSS saat ini didukung pada jajaran GPU Intel Arc Alchemist, yang meliputi GPU Arc A770 dan Arc A750. Sementara itu, versi DP4A open-source didukung di berbagai GPU, termasuk kartu dari NVIDIA dan AMD.

Seberapa Baik Intel XeSS Bekerja?

Singkatnya, sementara Intel Xe Super Sampling bukanlah teknologi supersampling terbaik yang ada — itu hadiah diberikan kepada DLSS NVIDIA, yang baru-baru ini sangat ditingkatkan berkat DLSS 3 — masih cukup bagus, meskipun masih memerlukan beberapa peningkatan.

Pengujian mendalam oleh situs seperti Digital Foundry telah menunjukkan bahwa teknologi ini mampu mengalahkan dan melampaui rendering asli dalam beberapa skenario, dan itu bisa mendekati DLSS di banyak game. Dengan pengecualian beberapa artefak, XeSS memiliki potensi besar yang dapat dimanfaatkan Intel untuk perbaikan dalam versi standar yang akan datang. Dan, tentu saja, ini menyelesaikan pekerjaan, menghasilkan peningkatan frekuensi gambar yang luar biasa.

Meskipun teknologinya masih dapat ditingkatkan dengan sangat baik, fakta bahwa teknologi ini dapat mendekati DLSS sangatlah mengejutkan, terutama mengingat ini adalah percobaan pertama Intel. Selama didukung secara luas pada game, ini berarti bahwa terlepas dari apakah GPU Intel kelas menengah atau tidak, Anda seharusnya dapat memainkan game dengan kualitas luar biasa. teknologi, terutama saat digunakan di GPU non-Intel. Hardware Unboxed menyebutnya mengecewakan, mengatakan itu lebih lambat dari kompetisi sementara juga memiliki banyak artefak aneh di banyak game. Meskipun demikian, Intel tentu saja pantas mendapatkan manfaat dari keraguan itu. Ini bukan hanya kali pertama perusahaan meningkatkan game, tetapi juga pertama kali menjual GPU game. Masih ada ruang untuk peningkatan, dan kami yakin Intel akan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Haruskah Anda Menggunakan XeSS Intel? A770 atau A750 GPU, maka Anda pasti harus mencobanya. Meskipun tidak sempurna saat ini, ini adalah cara untuk mendapatkan bingkai ekstra dari game tanpa kehilangan banyak kualitas, atau dalam beberapa kasus, hampir tidak kehilangan kualitas sama sekali.

Jika Anda menggunakan kartu grafis lain milik AMD atau NVIDIA, Anda mungkin ingin mencoba resolusi lain jika tersedia. Jika Anda dapat menggunakan DLSS, maka itu tidak perlu dipikirkan lagi. Jika Anda menggunakan kartu AMD dan Anda diberikan pilihan antara FSR dan XeSS, maka mungkin terserah Anda — mungkin coba keduanya dan lihat mana yang lebih Anda sukai.

Disadur dari HowToGeek.com.