Apa Itu Twitter Circle, dan Haruskah Anda Menggunakannya?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Twitter memudahkan Anda untuk mengungkapkan pemikiran Anda agar dapat dilihat semua orang. Namun, Anda mungkin tidak selalu ingin semua pengikut Anda melihat setiap tweet. Di situlah fitur yang disebut “Twitter Circle” masuk.

Untuk waktu yang lama, Twitter pada dasarnya hanya memiliki satu cara untuk membatasi audiens tweet Anda — menjadikan akun Anda pribadi. Namun, itu tetap tidak memberi Anda kontrol untuk masing-masing tweet. Mari kita lihat bagaimana Twitter Circle memperbaiki situasi.

Apa itu Twitter Circle?

Twitter Circle yang paling mirip dengan jejaring sosial lain adalah fitur “Teman Dekat” Instagram. Ini adalah cara untuk mengirim tweet ke sekelompok kecil orang terpilih.

Konsepnya sebenarnya cukup sederhana. Anda membuat Lingkaran Twitter hingga 150 orang dan kemudian hanya orang-orang itu yang dapat membaca dan berinteraksi dengan tweet yang Anda bagikan dengan Lingkaran. Semua aturan visibilitas umum untuk akun masih berlaku.

Pesan yang Anda lihat saat Anda berada di Lingkaran seseorang.

Itu berarti Anda dapat menambahkan akun yang tidak mengikuti Anda ke Lingkaran, tetapi mereka tetap tidak akan melihat tweet Anda karena mereka tidak mengikuti Anda. Selain itu, Anda dapat menambahkan akun pribadi, tetapi Anda tetap tidak akan dapat melihat balasan mereka di Lingkaran jika mereka tidak mengizinkan Anda untuk mengikutinya.

Anggap Lingkaran Twitter Anda sebagai contoh pribadi dari Twitter. Semua aturan yang sama yang berlaku untuk Twitter secara keseluruhan masih berlaku. Anda hanya mendapatkan satu Lingkaran Twitter dan tidak ada yang diberi tahu jika Anda menambahkan atau menghapusnya.

Bagaimana Lingkaran Twitter Berbeda dengan Komunitas Twitter?

Jika Anda akrab dengan Twitter, Anda mungkin mengira Lingkaran terdengar sangat mirip dengan fitur lain yang disebut “Komunitas.” Mereka memang tampak serupa, tetapi sebenarnya sangat berbeda.

Komunitas Twitter adalah grup pribadi, sedangkan Lingkaran Twitter hanyalah cara untuk membatasi siapa yang melihat tweet Anda. Perbedaan besar adalah aturan visibilitas yang kami sebutkan di atas.

Saat Anda membagikan sesuatu ke Komunitas Twitter, semua orang di grup dapat melihat dan membalasnya. Tweet ke Lingkaran Anda sama seperti tweet lainnya, tetapi Anda yang memutuskan siapa yang dapat melihatnya. Itu tidak berarti mereka akan melihat tweet.

Cara Menggunakan Twitter Circle

Twitter akan memandu Anda melalui pengaturan Lingkaran Anda saat pertama kali mencoba menggunakannya. Untuk memulai, buka layar Tulis Tweet dan ketuk “Semua Orang” untuk memilih audiens Anda.

Catatan: Lingkaran Twitter mulai diluncurkan pada Mei 2022. Jika Anda tidak melihat opsi Lingkaran, Anda harus menunggu untuk mendapatkannya.

Selanjutnya tap “Twitter Circle” dari menu tersebut.

A menu akan muncul informasi tentang Twitter Circle. Ketuk “Mengerti” untuk melanjutkan.

Sekarang Anda dapat mencari dan “Tambah” orang ke Lingkaran Twitter Anda. Ketuk “Selesai” di sudut kanan atas saat Anda siap.

Anda sekarang akan kembali ke layar Tulis Tweet dan Anda akan melihatnya menampilkan “Lingkaran Twitter” sebagai audiens Anda. Tulis dan kirim tweet seperti biasa!

Untuk menambah atau menghapus orang dari Lingkaran Anda, ikuti langkah-langkah di atas dan sekarang Anda akan melihat tombol “Edit” di menu “Pilih Pemirsa”.

Itu saja yang ada di Lingkaran Twitter. Ini hanyalah cara untuk membatasi siapa yang dapat melihat tweet Anda, tetapi ini bukan grup pribadi. Facebook memiliki opsi serupa saat Anda membagikan kiriman. Twitter memiliki beberapa fitur menarik yang mungkin tidak Anda ketahui, tetapi Circle adalah salah satu yang bagus untuk digunakan.

Itulah berita seputar Apa Itu Lingkaran Twitter, dan Haruskah Anda Menggunakannya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.