Apa Itu Voice over Wi-Fi (Vo-Wi-Fi), dan Haruskah Anda Menggunakannya?

Jika rumah atau kantor Anda memiliki jangkauan seluler yang tidak stabil, panggilan Wi-Fi adalah solusi kecil yang bagus yang dapat membuat hidup Anda jauh lebih mudah. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang panggilan Wi-Fi, dan cara mulai menggunakannya.

Panggilan Suara Melalui Wi-Fi

Seperti namanya, panggilan Wi-Fi atau VoWiFi (kependekan dari Voice over Wi-Fi) adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menelepon atau mengirim SMS melalui Wi-Fi.

Menelepon melalui Wi-Fi dan internet bukanlah hal baru. Selama bertahun-tahun, kami telah menggunakan aplikasi dan layanan seperti Skype dan WhatsApp untuk mengirim pesan atau menelepon melalui internet. Namun yang membedakan panggilan Wi-Fi dari aplikasi ini hanyalah media konektivitas jarak jauh. Segala sesuatu yang lain tetap sama. Alih-alih menggunakan layanan seluler untuk mengirim atau menerima panggilan suara dari jaringan operator, ponsel Anda menggunakan Wi-Fi. Anda masih menggunakan dialer yang sama, aplikasi pesan teks yang sama, dan daftar kontak yang sama. Semuanya bekerja dengan mulus.

Setelah Anda mengaktifkan opsi panggilan Wi-Fi di ponsel cerdas Anda, opsi ini otomatis aktif saat layanan seluler Anda terbatas atau tidak tersedia. Semua panggilan dan teks Anda dialihkan melalui internet menggunakan Wi-Fi. Tergantung pada operatornya, ponsel Anda bahkan dapat membuat fitur panggilan Wi-Fi tetap aktif saat Anda berada di area dengan layanan seluler yang baik tetapi terhubung ke jaringan Wi-Fi. Ini membantu operator mengurangi kemacetan jaringan sekaligus memberikan layanan suara yang lebih baik kepada Anda.

Namun, saat Anda keluar dari jangkauan Wi-Fi, panggilan dan SMS beralih kembali ke jaringan seluler. Semua ini terjadi dengan lancar, dan idealnya, Anda tidak akan mengalami panggilan terputus atau masalah lain karena sakelar.

Mengapa Anda Menginginkannya?

Ada banyak manfaat menggunakan fitur Panggilan Wi-Fi di ponsel cerdas Anda. Yang terpenting, ini memungkinkan Anda untuk membuat atau menerima panggilan bahkan ketika Anda memiliki jangkauan jaringan yang buruk atau tidak ada sama sekali. Jadi akan bermanfaat jika Anda tinggal atau bekerja di area dengan layanan seluler luar atau dalam ruangan yang buruk.

Hal baik lainnya tentang panggilan Wi-Fi adalah Anda tidak perlu melakukan apa pun selain mengaktifkan fitur. Semua panggilan dan teks Anda berfungsi sebagaimana mestinya jika Anda menggunakan jaringan seluler. Dan karena fitur ini dimasukkan langsung ke dialer telepon, tidak diperlukan unduhan tambahan, dan semua kontak Anda tersedia baik mereka menggunakan panggilan Wi-Fi atau tidak.

Lebih dari itu, Anda mendapatkan kualitas suara yang lebih baik daripada yang akan Anda dapatkan jika Anda menelepon pada layanan seluler terbatas. Selain itu, panggilan Wi-Fi bahkan tidak menghabiskan banyak data. Panggilan suara biasa sekitar 1MB per menit. Jadi dengan asumsi Anda memiliki paket internet yang layak dan tidak berbicara selama berjam-jam, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya data.

Sederhananya, panggilan Wi-Fi adalah hal yang mudah. Ini memiliki beberapa manfaat dan mungkin tidak akan dikenakan biaya apa pun.

Apa yang Dibutuhkan Panggilan Wi-Fi?

Anda terutama memerlukan tiga hal untuk menggunakan panggilan Wi-Fi—koneksi Wi-Fi yang berfungsi, ponsel cerdas yang kompatibel, dan operator yang mendukung Wi-Fi Panggilan -Fi. Meskipun koneksi internet yang lebih cepat selalu lebih baik untuk panggilan suara berkualitas tinggi, kecepatan transfer data 1Mbps sudah cukup untuk kualitas panggilan yang solid.

Panggilan Wi-Fi terbatas pada ponsel kelas atas tertentu hingga beberapa tahun yang lalu, tetapi sekarang tersedia secara luas . Jadi, jika Anda memiliki ponsel cerdas yang dibeli lebih dari 2018, ada kemungkinan besar ponsel itu mendukung panggilan Wi-Fi. Namun, tidak semua operator mendukung panggilan Wi-Fi di semua ponsel cerdas. Jadi, ada baiknya untuk memeriksa dengan operator nirkabel Anda apakah itu mendukung panggilan Wi-Fi di ponsel Anda. Pabrikan ponsel Anda juga dapat memberi tahu Anda apakah ponsel Anda mendukung panggilan Wi-Fi dan apakah itu akan berfungsi pada operator Anda.

Seperti, dukungan operator untuk panggilan Wi-Fi juga telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Pada 2022, ketiga operator utama di AS—AT&T, T-Mobile, dan Verizon—dan beberapa operator regional dan MVNO seperti C-Spire, Cricket, Mint Mobile, Spectrum, Simple Mobile, dan US Cellular mendukung fitur tersebut.

Cara Mengaktifkan Panggilan Wi-Fi

Mengaktifkan panggilan Wi-Fi di ponsel cerdas Anda cukup mudah. Jika Anda memiliki iPhone, buka Pengaturan > Telepon > Panggilan Wi-Fi dan aktifkan penggeser “Panggilan Wi-Fi di iPhone Ini”. menelepon di Android dengan membuka aplikasi Telepon > Pengaturan > Panggilan > Panggilan Wi-Fi.

Anda mungkin juga perlu memasukkan detail lokasi darurat di Amerika Serikat untuk mengaktifkan panggilan Wi-Fi. Diperlukan untuk memastikan bahwa layanan darurat memiliki lokasi Anda untuk menghubungi Anda saat Anda menelepon 911 menggunakan fitur panggilan Wi-Fi. Selain itu, operator tertentu memerlukan fitur HD Voice dan VoLTE untuk diaktifkan agar panggilan Wi-Fi berfungsi.

Anda dapat membaca panduan kami tentang cara mengaktifkan panggilan Wi-Fi di Android atau iPhone untuk instruksi lebih detail. Tetapi jika Anda tidak melihat opsi panggilan Wi-Fi di ponsel cerdas Anda, kemungkinan operator Anda tidak mendukungnya di ponsel Anda, atau mungkin memerlukan pembaruan perangkat lunak. Jadi, pastikan ponsel Anda menjalankan perangkat lunak terbaru untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

Setelah panggilan Wi-Fi diaktifkan, Anda akan menemukan Wi-Fi tertulis di sebelah nama operator Anda di layar notifikasi. Beberapa ponsel Android mungkin memiliki VoWiFi di sebelah bilah jaringan untuk menunjukkan bahwa panggilan Wi-Fi aktif.

Apakah Anda Perlu Membayar Untuk Panggilan Wi-Fi?

Biasanya tidak ada biaya tambahan untuk panggilan Wi-Fi. Melakukan panggilan melalui Wi-Fi akan dikenakan biaya yang sama dengan melakukan panggilan menggunakan layanan seluler. Hal yang sama berlaku untuk pesan teks. Namun, operator biasanya memiliki aturan berbeda untuk panggilan Wi-Fi saat roaming internasional. Jadi yang terbaik adalah memeriksa dengan operator Anda sebelum pergi ke luar negeri apakah itu mendukung panggilan Wi-Fi di negara yang Anda kunjungi dan berapa biayanya. Dalam kebanyakan kasus, menggunakan panggilan Wi-Fi saat roaming akan lebih murah atau sama dengan menggunakan layanan seluler.

Panggilan Wi-Fi menawarkan skenario win-win bagi konsumen dan operator. Anda mendapatkan pengalaman panggilan yang lebih baik dan konsisten tanpa biaya tambahan, dan operator dapat meningkatkan kapasitas jaringan mereka dengan mengalihkan sebagian lalu lintas suara mereka ke Wi-Fi.

Itulah berita seputar Apa Itu Panggilan Wi-Fi, dan Haruskah Anda Menggunakannya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.