Apa itu VPN dan Mengapa Sangat Kontroversial?

Virtual private network (VPNs) memiliki reputasi buruk karena potensi dan sejarah penggunaan rahasianya. Namun, VPN dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi, yang sebagian besar legal dan berguna bagi rata-rata penggemar internet Anda. VPN terbaik sangat aman, dan merupakan alat standar yang membantu Anda memaksimalkan web, semuanya tanpa melakukan sesuatu yang ilegal. Memasang VPN sama sekali tidak sulit dan hampir selalu berhasil.

Banyak orang tidak akan bermimpi menggunakan internet tanpa menutupi apa yang mereka rencanakan, terutama dengan pengumpulan data saat ini, teknik pemasaran, dan penjualan dari informasi pribadi. Mereka menjadi semakin populer bahkan di kalangan pengguna internet biasa.

Tidak semua orang berpikir bahwa privasi internet adalah masalah penting. Misalnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengesahkan undang-undang pada tahun 2016, membuat VPN ilegal di negara itu karena mereka menghindari kontrol sensor mereka pada penggunaan internet. Undang-undang di negara lain berbeda-beda, dan banyak yang naik turun dengan undang-undang tentang topik tersebut.
Penawaran Terbatas: GRATIS 3 bulan! Dapatkan ExpressVPN. Aman dan ramah streaming.Jaminan uang kembali 30 hari

Jadi, apa itu VPN, dan bagaimana cara kerjanya? Bagaimana Anda tahu jika Anda harus menggunakannya, dan apakah layak membayar untuk melindungi privasi Anda, atau haruskah Anda menggunakan yang gratis? Inilah semua yang perlu Anda ketahui sebelum mulai menggunakan VPN.

Apa itu VPN?

Pada pengoperasiannya yang paling sederhana, VPN memungkinkan Anda menyembunyikan alamat IP Anda (kode yang secara unik mengidentifikasi koneksi web Anda). VPN melindungi privasi, identitas, dan lokasi Anda dengan mentransfer IP Anda ke jaringan pribadi yang terhubung ke internet melalui terowongan terenkripsi. Koneksi ini biasanya digunakan untuk akses Internet publik, seperti hotspot Wi-Fi atau bahkan router di restoran lokal.

Secara khusus, VPN berguna untuk menghindari konten yang dikunci wilayah, seperti menonton Netflix yang biasa Anda gunakan saat bepergian. Inggris, atau menonton BBC iPlayer di AS. Banyak perusahaan sekarang cukup cerdas untuk memblokir alamat VPN yang diketahui jika penggunaannya mempromosikan aktivitas ilegal atau melanggar hak menonton regional. Vudu hanyalah satu contoh. Penawaran Terbatas
: GRATIS 3 bulan! Dapatkan ExpressVPN. Aman dan ramah streaming.Jaminan uang kembali 30 hari

Secara teknis, VPN adalah jaringan komputer yang terhubung dengan aman melalui internet. Jaringan ini memungkinkan semua penggunanya terhubung dan mentransfer data satu sama lain tanpa mengintip calon peretas dan pengintai internet.

Bagaimana cara kerja VPN?

A VPN bekerja dengan menghubungkan dua komputer atau lebih melalui koneksi terenkripsi yang aman di internet . Layanan VPN berbayar, seperti ExpressVPN, juga dapat menutupi alamat IP Anda

Apa itu proxy?

VPNs sering dibahas bersama proxy, dan mereka memiliki kegunaan yang serupa. Sementara VPN biasanya digunakan untuk melindungi data di “terowongan” yang aman, proxy merutekan data melalui perangkat jaringan lain, seperti server jarak jauh. Koneksi ini membuatnya tampak seolah-olah lalu lintas berasal dari server, bukan dari individu, memberi mereka lapisan anonimitas yang berbeda. Namun, sementara VPN akan menyembunyikan siapa Anda, di mana Anda berada, dan situs web apa yang telah Anda kunjungi, proxy hanya menangani dua.
Penawaran Terbatas pertama: GRATIS 3 bulan! Dapatkan ExpressVPN. Aman dan ramah streaming.Jaminan uang kembali 30 hari

Sederhananya, VPN melindungi data, dan proxy melindungi pengguna.

Penggunaan Umum untuk VPN

1. Wi-Fi Publik: Jika Anda menggunakan VPN pada koneksi Wi-Fi yang tidak terlindungi (restoran, bandara, hotel, kantor medis, dll.), data Anda dienkripsi secara otomatis. Cukup aman untuk masuk ke aplikasi perbankan dan situs medis, serta berbelanja online.

2. Belanja online: Toko yang mengenkripsi dan melindungi informasi Anda biasanya diberi label ‘https’ di bilah alamat dan memiliki simbol kunci. Namun, beberapa toko online membuat Anda terekspos, sementara situs lain, seperti yang dibuat oleh peretas, dapat terlihat sah meskipun sebenarnya tidak. Peramban seperti Google Chrome dan Firefox mengonversi halaman web yang tidak aman menjadi yang aman bila memungkinkan. Ada juga aplikasi pihak ketiga seperti HTTPS Everywhere yang membuat halaman tidak aman menjadi aman. Apapun, menggunakan VPN akan menjamin data Anda aman jika Anda mengunjungi situs berisiko.

3. Perlindungan terhadap pengintaian: Menggunakan VPN dapat melindungi Anda dari peretas dan pemantauan penyedia layanan. Jika Anda mengunjungi situs torrent atau mengunduh film dari situs web, Anda bertaruh bahwa penyedia layanan internet (ISP) Anda mengawasi Anda, dan Anda bisa mendapatkan surat melalui pos sebagai peringatan. Anda mungkin juga menemukan situs yang dibuat untuk memantau aktivitas penjelajahan Anda, dan mencuri informasi pribadi untuk dijual di pasar gelap.

5. Netralitas bersih: Tidak peduli apa undang-undang netralitas bersih federal saat ini yang aktif, jika ada, ISP mungkin dapat membatasi kecepatan web dan membatasi layanan streaming, yang saat ini dimungkinkan. Sayangnya, mereka juga dapat menerima lump sum dari pihak ketiga atau penyedia web tertentu (Facebook dan bukan Twitter, misalnya) untuk memprioritaskan situs dan layanan perusahaan yang membayar di atas pesaing. Namun, sebagian besar ISP bertahan karena undang-undang yang terus berubah dan kontroversial serta tindakan pengadilan negara bagian. Semua skenario dapat dilewati menggunakan VPN (jika tidak diblokir) yang melaporkan lokasi Anda di tempat lain.

6. Menghapus blokir geografis: VPN dapat menghindari pembatasan lokal dengan menyembunyikan alamat IP asli pengguna dan menggantinya dengan alamat ‘lokal’. Ini dapat berguna untuk semua jenis konten media, serta untuk bermain video game di wilayah selain wilayah Anda sendiri.

Kapan saya harus menggunakan VPN?

Pengguna rumahan yang merasa perlu melindungi data pribadi saat menjelajah web dari ponsel cerdas atau komputer mereka harus menggunakan VPN. Beberapa router memungkinkan Anda menyetel VPN secara langsung di seluruh jaringan Anda, artinya semua perangkat diamankan, sehingga Anda tidak perlu memulai VPN di setiap ponsel, tablet, atau PC.

Beberapa orang menggunakan VPN karena mereka tidak ingin aktivitas online mereka dilacak, tetapi melakukannya untuk tujuan ilegal. VPN memungkinkan pengguna melakukan aktivitas online jahat tanpa dilacak. Sebagian besar, orang-orang terutama menggunakannya secara legal untuk perlindungan identitas dan menonton konten yang dibatasi wilayah.

Jenis VPN

Akses Jarak Jauh: Seperti namanya, VPN akses jarak jauh memungkinkan pengguna individu membuat koneksi aman di jaringan komputer jarak jauh. Pengguna tidak perlu menyambungkan ke server jaringan tertentu. Perusahaan dengan pekerja jarak jauh, atau orang yang sering bepergian, sering menggunakan VPN akses jarak jauh.

Situs-ke-situs: Sebaliknya, VPN situs-ke-situs memungkinkan kantor di berbagai lokasi menjalin koneksi aman satu sama lain melalui jaringan publik . Situs intranet (ejaan yang benar) yang diakses di luar kantor adalah salah satu contoh penggunaan VPN situs-ke-situs. Atau, jika sebuah perusahaan memiliki hubungan dengan perusahaan eksternal, seperti pemasok, koneksi VPN ekstranet akan memungkinkan mereka bekerja sama dalam jaringan bersama yang aman sekaligus mencegah akses ke intranet mereka yang terpisah. . VPN gratis mungkin terdengar ideal untuk penggunaan satu kali untuk melihat konten yang tidak dapat diakses, tetapi layanan VPN berbayar tentu lebih besar daripada klien VPN gratis.

VPN membutuhkan biaya untuk menjalankannya, jadi bel alarm akan berbunyi saat Anda melihat VPN menawarkan layanan gratis kecuali mereka memiliki layanan yang sehat pasokan pendapatan iklan. Tidak hanya layanan gratis yang secara inheren lebih lambat, kurang aman, dan biasanya gagal menutupi alamat IP Anda, tetapi juga membawa bahaya serius seperti mengambil informasi Anda atau membajak bandwidth internet dan alamat IP Anda. Menggunakan alamat komputer Anda sendiri, VPN gratis ini dapat memungkinkan pengguna lain untuk melakukan aktivitas ilegal saat menggunakan lokasi Anda. Namun, beberapa VPN gratis adalah sah.

Namun, VPN berbayar menawarkan keamanan lebih bersama dengan janji untuk tidak menjual informasi Anda atau menggunakan bandwidth Anda untuk orang lain. Pihak ketiga menggunakan langganan Anda untuk membayar layanannya. Anda juga akan menemukan bahwa koneksi Anda berjalan lebih cepat, tidak sering putus, dan alamat IP Anda disembunyikan. Layanan berbayar juga tidak mahal, mulai dari $2 per bulan selama promosi. Biasanya, harga mulai sekitar $4-$6 per bulan (atau dibayar tahunan atau sebagai paket 2-5 tahun).

Di mana saya bisa mendapatkan VPN?

Mencari “VPN terbaik” atau “Unduhan VPN”, atau penelusuran apa pun yang berisi “ VPN,” selalu menampilkan banyak tautan unduhan VPN yang didukung iklan. Anda tidak boleh mengkliknya saat ingin mengunduh VPN. Taruhan terbaik Anda adalah pergi langsung ke klien tepercaya atau sumber unduhan. Google Play dan iOS App Store keduanya menawarkan berbagai pilihan klien VPN gratis dan berbayar untuk perangkat seluler. Opsi berbayar yang bagus untuk pemula adalah Express VPN. Kami juga memiliki daftar kompilasi VPN terbaik untuk membantu memandu Anda.

Mengapa Kontroversi?

Jika Anda menggunakan kata VPN atau proxy di sekitar orang-orang tertentu, mereka mungkin langsung bereaksi negatif. Ini karena lapisan privasi tambahan yang disediakan VPN terkadang dapat digunakan untuk tujuan jahat. Yang terburuk dari tujuan ini adalah aktivitas ilegal.

Sisi negatif VPN yang lebih ringan dapat diamati di dunia video game online yang kompetitif. Karena game online semakin populer, begitu juga popularitas curang dalam game ini. Pengembang mencoba untuk mengekang ini dengan membagikan larangan IP, memastikan bahwa para penipu tidak dapat lagi memainkan game bahkan dengan akun baru. Masukkan VPN; kemampuan untuk mengubah alamat IP dari mana Anda terhubung ke internet dengan memungkinkan sayangnya memungkinkan penipu untuk menghindari larangan IP ini di banyak game.

Membungkus Up

Meskipun mereka mungkin memiliki reputasi yang kurang dari bintang dari penggunaan populer mereka di masa lalu, VPN sangat berguna dan menjadi lebih penting dalam pengalaman internet yang mengganggu saat ini. Apakah Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang VPN? Ada saran untuk layanan VPN favorit Anda? Beri tahu kami di komentar di bawah!