Apa itu Windows 10 atau Windows 11 dalam S Mode?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Microsoft

Beberapa PC Windows 10 atau Windows 11, seperti Microsoft Surface Go 3, hadir dengan “Windows 10 in S Mode” atau “Windows 11 in S Mode”. PC dalam Mode S hanya dapat menginstal aplikasi dari Microsoft Store. Tapi Anda bebas untuk meninggalkan S Mode, jika Anda suka.

Update: Kami awalnya menulis artikel ini untuk Windows 10, dan sedikit yang berubah untuk Windows 11. Jika Anda memiliki PC yang menjalankan Windows 10 dalam S Mode dan Anda meningkatkan ke Windows 11 , PC Anda sekarang akan menjalankan Windows 11 dalam Mode S.Apa itu Mode S?

Windows 10 atau Windows 11 dalam Mode S adalah sistem operasi Windows yang lebih terbatas dan terkunci. Pada Windows 10 dalam Mode S, Anda hanya dapat menginstal aplikasi dari Store, dan Anda hanya dapat menjelajahi web dengan Microsoft Edge. Pada Windows 11 dalam Mode S, Anda dapat menginstal browser lain dari Microsoft Store—tetapi Edge akan selalu menjadi browser default Anda.

Microsoft mengedepankan keamanan, kecepatan, dan stabilitas di sini. Karena Windows hanya dapat menjalankan aplikasi dari Store, malware dari web tidak akan dapat berjalan. Anda tidak dapat menginstal aplikasi dari web, sehingga mereka tidak dapat menginstal tugas startup yang memperlambat proses boot Anda atau junkware yang bersembunyi di latar belakang dan memata-matai Anda. Mode

S juga mendorong mesin pencari Bing. Saat dalam S Mode, browser web Microsoft Edge menggunakan Bing sebagai mesin pencari default. Anda tidak dapat mengubah mesin pencari default Edge ke Google atau apa pun tanpa meninggalkan S Mode terlebih dahulu. Anda masih dapat menggunakan mesin telusur lain di Edge, misalnya dengan menavigasi ke Google.com.

Update, 13/7/22: Kami telah mendengar bahwa versi modern Microsoft Edge berbasis Chromium memungkinkan Anda mengubah mesin telusur default saat berjalan di S Mode. Namun, perlu dicatat bahwa dokumentasi resmi Microsoft masih mengatakan Anda tidak dapat mengubah mesin pencari default Anda tanpa meninggalkan S Mode. (Dokumentasi resmi mungkin sudah usang.)

Windows 10 dalam S Mode juga tidak dapat menggunakan shell baris perintah seperti PowerShell, Command Prompt, atau Bash. Berbagai alat pengembang lainnya juga terlarang. Anda juga tidak memiliki akses langsung ke Windows Registry melalui Registry Editor.

Jika semua aplikasi yang ingin Anda jalankan tersedia di Microsoft Store, S Mode adalah pengalaman yang lebih aman. Itu sebabnya Microsoft awalnya meluncurkan S Mode untuk sekolah. Anda dapat menjalankan Microsoft Edge, Microsoft Office, dan apa pun yang tersedia di Store, termasuk aplikasi seperti Apple iTunes dan Spotify.

Ini sedikit mirip dengan sistem operasi iOS Apple di iPhone atau iPad, yang hanya memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi dari App Store . Tetapi Mode S membatasi Anda pada aplikasi Windows yang tersedia di Microsoft Store. Mode

S Adalah Opsional

Mode S Windows 10 adalah opsional, dan begitu juga dengan Windows 11. Sebagian besar PC Windows 10 dan Windows 11 dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 Home atau Windows 11 Home standar yang memungkinkan Anda menjalankan perangkat lunak dari mana saja. PC yang dikirimkan dengan S Mode akan mengatakan bahwa mereka menggunakan “Windows 10 Home in S Mode” atau “Windows 11 Home in S Mode” dalam spesifikasi produk mereka.

Bahkan jika Anda membeli PC dalam S Mode, Anda dapat meninggalkan S Mode secara gratis. Ini tidak memerlukan biaya apa pun, tetapi ini adalah keputusan satu kali—setelah Anda mengeluarkan PC dari S Mode, Anda tidak akan pernah dapat mengembalikannya ke S Mode.

Kami tidak tahu mengapa Microsoft menjadikan ini satu- proses cara. Tapi itulah yang dilakukan Microsoft. (Lihat dokumentasi S Mode resmi Microsoft untuk konfirmasi ini.)

Cara Memeriksa Apakah Anda Menggunakan S Mode

Anda dapat memeriksa apakah Anda menggunakan S Mode dengan menuju ke Pengaturan > Sistem > Tentang. Pada halaman Tentang, gulir ke bawah ke bagian “Spesifikasi Windows”.

Jika Anda melihat kata “dalam mode S” di sebelah kanan entri Edisi, Anda menggunakan PC Mode S. Jika tidak, Anda tidak menggunakan S Mode.

Haruskah Saya Membeli PC Dengan S Mode?

Karena keluar dari S Mode itu mudah dan gratis, tidak ada ruginya membeli PC Windows 10 atau Windows 11 yang dilengkapi dengan S Mode . Bahkan jika Anda tidak menginginkan S Mode, Anda dapat dengan mudah menggantinya.

Misalnya, Microsoft hanya menjual Surface Laptop dalam S Mode. Tapi tidak apa-apa—bahkan jika Anda menginginkan Laptop Surface yang menjalankan sistem operasi Windows standar, Anda dapat membelinya dan mengeluarkannya dari S Mode secara gratis.

Haruskah Saya Menggunakan PC dalam S Mode?

S Mode terdengar terbatas, dan itu inti nya. Jika Anda hanya memerlukan browser web Microsoft Edge dasar, aplikasi Microsoft Office seperti Word, dan apa pun yang tersedia di Microsoft Store, Anda harus mencoba menggunakan PC dalam Mode S. Pembatasan Mode S memberikan perlindungan tambahan terhadap malware.

PC yang berjalan dalam Mode S juga ideal untuk pelajar muda, PC bisnis yang hanya memerlukan beberapa aplikasi, dan pengguna komputer yang kurang berpengalaman.

Tentu saja, jika Anda memerlukan perangkat lunak yang tidak tersedia di Store, Anda harus keluar dari S Mode. Tetapi Anda dapat mencoba menggunakan PC dalam Mode S untuk sementara waktu dan melihat seberapa baik kerjanya untuk Anda. Anda dapat meninggalkan S Mode kapan saja.

Ingat: Meskipun Anda dapat meninggalkan S Mode kapan pun Anda mau, pilihan Anda untuk keluar dari S Mode adalah keputusan permanen. Setelah Anda keluar dari S Mode, Anda tidak akan pernah dapat mengembalikan PC ke S Mode. Ini akan menggunakan sistem operasi Windows 10 Home atau Windows 11 Home standar. Namun, Anda dapat memilih untuk hanya mengizinkan aplikasi dari Store di Windows 10 atau di Windows 11.

Cara Keluar dari S Mode

Untuk keluar dari S Mode, buka aplikasi Store di PC dan cari “Switch out of S Mode”. Store akan memandu Anda mengeluarkan PC Anda dari S Mode.

Bagaimana S Mode Berbeda Dari Windows 10 S?

Mulai dengan Pembaruan April 2018, “S Mode” Windows 10 menggantikan Windows 10 S. Windows 10 S bekerja dengan cara yang sama, tetapi secara teknis merupakan “edisi” Windows 10 yang terpisah, bukan “mode”.

Sebagian besar edisi Windows 10 dapat ditempatkan ke dalam S Mode. Anda dapat membeli PC dengan Windows 10 Home dalam S Mode atau Windows 10 Professional dalam S Mode, dan organisasi dapat menggunakan Windows 10 Enterprise dalam S Mode. Namun, hanya pabrikan PC yang dapat menempatkannya ke dalam S Mode. Sebagian besar PC Windows 10 tidak dikirimkan dalam Mode S.

Microsoft juga memungkinkan Anda keluar dari Mode Windows 10 S tanpa mengeluarkan uang tambahan. Jadi, jika Anda membutuhkan perangkat lunak yang tidak tersedia di Microsoft Store, Anda bisa mendapatkannya tanpa mengeluarkan uang. Microsoft merencanakan biaya $50 untuk meninggalkan Windows 10 S.

Setiap PC yang ada dengan Windows 10 S akan dikonversi ke Windows 10 Professional dalam Mode S ketika mereka menginstal Pembaruan April 2018.

TERKAIT:Apa Itu Windows 10 S, dan Apa Perbedaannya?

Bagaimana Dengan Windows 10 di ARM?

Microsoft sekarang mengirimkan PC Windows 10 yang menggunakan prosesor ARM (dan PC Windows 11 yang menggunakan prosesor ARM juga). Komputer ini memiliki lapisan emulasi yang memungkinkan mereka menjalankan perangkat lunak Windows tradisional.

Meskipun PC ARM ini dapat dikirimkan dalam Mode S, Anda juga dapat memilih untuk meninggalkan Mode S secara gratis di PC ini. Itu akan memungkinkan Anda menginstal aplikasi desktop 32-bit dari mana saja, meskipun banyak aplikasi dan game yang menuntut tidak bekerja dengan baik di lapisan emulasi.

Banyak PC Mode S memiliki prosesor Intel. PC dengan semua jenis perangkat keras dapat dikonfigurasi dalam S Mode, dan Windows 10 di PC ARM tidak harus menggunakan S Mode.

TERKAIT:Apa Itu Windows 10 di ARM, dan Apa Bedanya?

Itulah berita seputar Apa itu Windows 10 atau Windows 11 dalam S Mode?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.