Apa Model Xbox Terbaru Yang Keluar Sekarang?

Microsoft telah menjadi pesaing khusus dalam perang konsol selama beberapa dekade, dengan Sony PlayStation sebagai pesaing terbesar mereka. Seri Xbox telah diproduksi sejak tahun 1996, dimulai dengan konsol Xbox pertama. Saat ini, model terbaru adalah Xbox Series X/S.

Baik Xbox Series X dan Xbox Series S dirilis secara bersamaan, dengan yang terakhir menjadi model yang ramah anggaran dan lebih lemah dalam hal perangkat keras dan kinerja. Baca terus untuk mengetahui spesifikasi dan fiturnya.

Xbox Series X

Xbox Series X saat ini memakai mahkota untuk konsol Xbox terbaik. Kecepatan dan kekuatan adalah nama gim Xbox Series X, jadi Anda dapat mengharapkannya memuat gim dengan cepat. Ini hampir seperti bermain di PC gaming yang kuat.

Berikut adalah beberapa spesifikasi penting:
Prosesor AMD Zen 2 khusus dengan delapan core dan kecepatan pemrosesan 3,8 GHz GPU AMD RDNA 2 yang mencapai 12 teraflops dan memiliki kecepatan 1,8 GHz, RAM 16GB, penyimpanan 1TB, resolusi 4K60FPS, maksimum 8K120FPS
Dengan dengan spesifikasi ini, Anda memerlukan ruang yang cukup untuk menyimpan komponen, dan konsol berbentuk kubus adalah wadah yang relatif besar. Namun, tidak berlebihan meskipun padat sehingga bisa dibawa-bawa jika dibutuhkan. Itu dapat diorientasikan secara vertikal dan horizontal, dengan yang pertama lebih baik untuk sistem pendingin.

Karena Xbox Series X dapat menghasilkan hingga 8K, Anda memerlukan setidaknya monitor 4K untuk menikmati game dengan penuh kejayaannya. Sayangnya, 8K agak curam, sehingga hanya sedikit pemain yang memilih untuk mendapatkan layar 8K.

Monitor ini memanfaatkan port HDMI 2.1 Xbox Series X, yang memungkinkan resolusi maksimum teoritis 8K120FPS.

Port lainnya termasuk dua port USB 3.1, sebuah Ethernet port, dan ekspansi SSD PCle berpemilik.

Performance

Microsoft dan Xbox tahu bahwa banyak gamer saat ini menyukai judul yang intensif grafis dan mengesankan, sehingga Xbox Series X dirancang untuk memenuhi tuntutan ini. Bergantung pada gimnya, Anda dapat mengharapkan output video 4K60FPS hampir sepanjang waktu. Resolusi ini hanya dimungkinkan berkat 12 teraflop yang dapat dicapai GPU.

Beberapa judul seperti Gears of War 5 telah dioptimalkan sepenuhnya untuk Xbox Series X, memungkinkannya berjalan pada 4K60FPS tanpa banyak kesulitan. Namun, pengembang berkompromi antara resolusi dan framerate, menurunkan resolusi ke 1440p (resolusi 2K) ketika ada banyak aksi di layar. Dengan begitu, Anda dapat menikmati 60FPS yang konsisten untuk sebagian besar situasi permainan.

“Resolusi dinamis” ini berarti konsol tidak memberikan pengalaman 4K60FPS atau lebih tinggi 100% sepanjang waktu. Terlepas dari itu, Anda tetap menikmati grafik mutakhir, terutama ketika judulnya mendukung resolusi yang tepat.

Gears of War 5 bahkan dapat mencapai 4K120FPS, meskipun itu akan membutuhkan monitor yang kuat untuk mengakomodasi kinerja ekstra.

Game lain yang tidak sepenuhnya dioptimalkan untuk Xbox Series X dapat mencapai 4K tetapi tidak memiliki kecepatan refresh 60Hz. Salah satu contohnya adalah Red Dead Redemption 2, yang berjalan pada 4K30FPS. Namun, Anda harus dapat memainkannya pada framerate yang lebih tinggi jika Rockstar memutuskan untuk merilis pembaruan untuk konsol.

Xbox Series X juga memuat game setidaknya dua kali kecepatan Xbox One. Judul dunia terbuka besar seperti Red Dead Redemption membutuhkan waktu hampir satu setengah menit untuk dimuat di Xbox One X, tetapi Seri X dapat membawa Anda dari menu utama untuk menyimpan file dalam 38 detik.

Selain itu, salah satu fitur Seri X berbagi dengan Seri S adalah kompatibilitas ke belakang. Itu dapat menjalankan judul yang lebih lama pada pengaturan grafis yang lebih tinggi, sehingga judul Xbox 360 favorit Anda mungkin mendapat dorongan jika dioptimalkan. Bahkan game yang tidak dioptimalkan mengalami waktu pemuatan yang luar biasa dan kurangnya penurunan bingkai. Meskipun mungkin tidak berjalan pada 4K60FPS, mereka masih bisa mendapatkan keuntungan dari boost.

Kedua konsol juga memiliki Quick Resume, sebuah inovasi yang memungkinkan Anda menjalankan beberapa game sekaligus dan beralih di antara mereka dengan cepat. Anda tidak perlu memulai ulang game dengan cara ini, dan itu bahkan berfungsi setelah mematikan konsol. Kelemahannya termasuk kurangnya permainan yang mendukung fitur ini dan terkadang crash. Namun, Quick Resume menjanjikan, dan Microsoft bermaksud untuk memperbaikinya.

Secara keseluruhan, Xbox Series X adalah pekerja keras game yang kuat yang mendorong batas game konsol. Pustaka gamenya juga terus berkembang.

Xbox Series S

Xbox Series S adalah pilihan optimal bagi mereka yang tidak ingin bermain video game dengan resolusi 4K. Itu masih dapat memainkan banyak judul yang sama dengan Seri X, dan memiliki kompatibilitas mundur yang identik. Meskipun harga konsolnya lebih murah, itu tidak mengecewakan – untuk kelasnya.

Spesifikasi untuk Seri S:
Prosesor AMD Zen 2 khusus dengan delapan inti dan kecepatan pemrosesan 3,8 GHz GPU AMD RDNA 2 yang mencapai empat teraflops dan memiliki kecepatan 1,6 GHz 10GB RAM512GB dari resolusi penyimpanan1440p60FPS, game maksimum 1440p120FPS
1080p perlahan-lahan menjadi usang, meskipun tetap menjadi standar industri game. Game 1440p atau 2K juga jauh lebih mudah diakses sekarang, karena banyak ponsel dan monitor 2K mengalami penurunan harga. Akibatnya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk penyiapan dengan Seri S.

Seri S adalah konsol yang lebih kecil daripada kakaknya, sebagian karena tidak memiliki drive Blu-ray. Sebagai konsol khusus digital, Anda memerlukan ruang penyimpanan ekstra, yang dimungkinkan melalui ekstensi hard drive 1TB.

Microsoft menyebut konsol ini sebagai Xbox terkecil yang pernah ada, bukti teknologi inovatif perusahaan. Bahkan pada ukuran yang diperkecil ini, Seri S memiliki sistem pendingin yang kuat yang entah bagaimana berhasil berjalan dengan tenang.

Port termasuk tiga port USB 3.1, port Ethernet, dan port HDMI 2.1 selain dari port daya. Ini tidak terlalu berbeda dari Seri X dalam hal ini.

Banyak game akan berjalan pada 2K60FPS berkat GPU, meskipun hanya beberapa yang lebih tua yang dapat mencapai 2K120FPS. Performanya sangat bergantung pada pengoptimalan dan usia game, karena game yang lebih baru lebih menuntut.

Performance

Beberapa game dioptimalkan untuk Seri X/S, dan judul tersebut memungkinkan konsol Seri S bersinar. Game akan terlihat cantik dan menumpuk dengan baik dibandingkan dengan konsol yang lebih mahal. Teksturnya indah dan jernih tanpa kehilangan banyak, jadi Anda tidak akan melihat perbedaan yang drastis. Framerate cenderung tetap pada 60FPS atau 120FPS jika didukung. Namun, warna, kegelapan, dan detail yang lebih halus tidak selalu ditampilkan dengan baik.

Seri S memiliki output dan efisiensi yang sangat baik untuk konsol pada titik harga ini. Ini mungkin kecil, tetapi mengemas pukulan yang berarti dibandingkan dengan konsol superior.

Waktu pemuatan pada Seri S sedikit lebih lambat daripada Seri X, tetapi perbedaannya tidak perlu dikeluhkan. Hanya dalam hitungan detik, yang dapat diabaikan.

Dibandingkan dengan Xbox One, Seri S menampilkan pencahayaan, framerate, dan tekstur yang lebih baik daripada generasi sebelumnya.

Rumor Menarik

Be-ru-baru ini, ada rumor bahwa Xbox Series S akan disembunyikan. upgrade, meskipun kami masih tidak tahu kapan itu akan terjadi. Cerita tersebut juga menyatakan bahwa Microsoft bermaksud untuk memberikan konsol sebuah chip yang lebih kecil dengan peningkatan efisiensi daya. Di luar informasi ini, tidak ada hal lain yang diketahui pada saat ini.

Bukan hal yang aneh bagi konsol untuk menerima peningkatan seperti ini setelah rilis. Nintendo Switch telah menerima peningkatan dua kali sejak 2017. PS5 juga telah menerima heatsink baru tetapi tidak ada yang lain.Nbsp
Nintendo Switch OLED hanya menampilkan beberapa perubahan kualitas hidup dan layar baru, karena tidak memiliki peningkatan kekuatan pemrosesan atau spesifikasi GPU . Namun, Nintendo kemungkinan akan merilis “Switch Pro” atau “Switch 2” dalam beberapa tahun.

Sebelum Anda terlalu bersemangat, ingatlah bahwa mungkin untuk melihat Xbox Series X baru dengan chipset yang ditingkatkan, tetapi kemungkinan besar juga akan seperti itu. itu tidak akan menawarkan banyak peningkatan.

Namun, bocoran mengatakan kami akan mendapatkan Xbox Series S yang lebih kuat pada tahun 2022, berjanji untuk memiliki AMD Zen APU 6nm dan kecepatan 50% lebih cepat. Ini tidak akan menggantikan Seri S asli tetapi akan menjadi konsol tengah di antara keduanya saat ini.

Kebocoran yang sama menjanjikan Seri X yang lebih kuat pada tahun 2023, tetapi tidak jelas seberapa besar peningkatan yang akan terjadi.

Konsol Showdown

Gamer sering membandingkan Xbox Series X dengan PS5. Kedua lini konsol telah bersaing selama bertahun-tahun, dan sepertinya tidak akan segera berhenti. Meskipun Seri X/S adalah model terbaru, mungkin akan ada varian baru di masa mendatang.

Apa yang ingin Anda lihat pada model Xbox Seri X baru yang potensial? Apakah menurut Anda akan ada versi Pro dari konsol? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.