Apa Nintendo Switch Out Terbaru Sekarang?

Nintendo Switch telah menggemparkan dunia, terutama dengan memperkenalkan pengalaman bermain game di rumah dan portabel dalam satu paket. Beberapa versi Nintendo Switch telah dirilis sejak 2017, menikmati perpustakaan permainan yang berkembang.

Pada akhir tahun 2021 Nintendo Switch versi OLED keluar. Sebagai versi konsol terbaru, versi OLED menawarkan beberapa peningkatan dan perubahan. Itu tetap konsol yang sama pada intinya, tetapi itu bukan Switch Pro yang dikabarkan telah dibicarakan orang.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Versi Nintendo Switch

Nintendo Switch pertama dirilis pada tahun 2017, tetapi kemudian digantikan oleh model yang lebih baru pada tahun 2019 Perbedaan paling signifikan adalah pada masa pakai baterai dan prosesor yang lebih baru. Di luar ini, tidak ada perbedaan signifikan lainnya dalam perangkat keras. Namun, ada satu perubahan lagi di antara versi. Model lama dapat diretas dan firmware khusus dimasukkan, memungkinkannya masuk ke Mode Konsol Pemulihan. Peretasan dimungkinkan hanya karena eksploitasi yang ditemukan di chipset NVIDIA dengan varian lama ini. Nbsp
Nintendo Switch 2019 masih tidak dapat diretas hingga 2022, jadi Anda tidak dapat menginstal mod game atau firmware khusus. Konon, peretas kemungkinan masih mencoba memecahkan kode dan mengizinkan pemilik untuk memodifikasi konsol mereka.

Selain model 2019, ada Nintendo Switch Lite. Konsol ini memainkan banyak game yang sama kecuali yang membutuhkan layar TV. Tidak seperti aslinya, Lite tidak dapat ditambatkan.

Nintendo Switch Lite dirancang sepenuhnya untuk gameplay portabel, hanya berjalan dalam mode genggam. Joy-Cons terintegrasi ke dalam sistem itu sendiri.

Setelah dua versi utama ini, Nintendo akan merilis Nintendo Switch OLED.

Versi Nintendo Switch OLED

Versi Nintendo Switch OLED adalah peningkatan dari konsol asli. Fitur-fitur baru termasuk:
Penyimpanan internal ekstraSpeaker yang lebih baikLayar OLED 7 inci Penyangga yang lebih baikPort LAN Port
Nintendo Switch asli menawarkan penyimpanan internal 32GB yang dapat diperluas dengan kartu microSD, tetapi OLED Switch memiliki ruang penyimpanan dua kali lipat. Ini membanggakan 64GB, yang memungkinkan Anda menyimpan lebih banyak game yang diunduh. Anda tidak perlu menginstal ulang game setiap kali Anda ingin kembali ke sana.

Nintendo juga telah memberikan OLED Switch speaker baru yang terletak di kedua sisi bawah layar. Mereka terdengar jauh lebih baik dari sebelumnya dan tidak terdistorsi pada volume tertinggi. Audio game kali ini terasa lebih hadir dan berdampak.

Namun, layar OLED 7 inci adalah peningkatan utama. Berbeda dengan layar LCD asli, nuansa hitam tampak benar-benar hitam, bukan kegelapan LCD yang sedikit keabu-abuan. Oleh karena itu, bayangan dan objek gelap lainnya tampak lebih menyenangkan secara visual.

Layar juga sedikit lebih besar pada 7 inci dibandingkan dengan 6,2 inci dari Switch asli. Switch Lite, sebagai perbandingan, memiliki layar 5,5 inci. Resolusi tetap 720p dalam mode genggam dan 1080p saat dipasang ke dok.

Banyak pemilik Switch tahu betapa tidak dapat diandalkannya penyangga model aslinya. Potongan plastik tipis terasa sangat tipis tetapi juga tempat Anda memasukkan kartu SD. Sebaliknya, penyangga OLED Switch sekarang menjadi potongan plastik yang lebih besar yang membentang di hampir seluruh panjang layar.

Dengan penyangga yang lebih baru ini, konsol berdiri tegak dengan kemungkinan jatuh yang lebih rendah, dan tidak mudah pecah. Gamer genggam yang ingin bermain di luar sekarang dapat melupakan bersandar konsol pada objek.

Perubahan yang sedikit kontroversial adalah dimasukkannya port LAN. Biasanya, ini adalah anugerah bagi para gamer kompetitif yang menghargai koneksi terbaik, tetapi ada twistnya. Port LAN menggantikan satu port USB, yang diinginkan oleh sebagian pengguna.

Namun demikian, port tersebut dapat diandalkan dan membantu pemain mencapai koneksi stabil yang tidak selalu dapat dilakukan dengan Wi-Fi.

Jika tidak, versi OLED menggunakan baterai yang sama hidup, kekuatan pemrosesan, dan pengontrol. Ini adalah peningkatan penting dari Switch asli dan membawa banyak hal.

Nintendo Switch Pro Rumor dan Kebocoran

Beberapa fitur yang dikabarkan ada di Switch Pro hadir di Switch versi OLED. Layar OLED dan kapasitas penyimpanan 64GB kemungkinan akan muncul kembali di Switch Pro. Untuk saat ini, hanya memori 64GB yang dikonfirmasi untuk muncul di konsol baru.

Sebelum melanjutkan, harap diingat bahwa meskipun kami menyebut konsol ini sebagai “Switch Pro”, ini bukan nama resmi. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai “Switch 2.”

The Switch Pro mungkin datang dengan fitur-fitur berikut:
Prosesor NVIDIA Tegra Xavier khususDukungan video 4K saat ditambatkanPort USB-C gandaMemori 64GB, mungkin SSDLayar lebih besar
Nintendo Switch menggunakan NVIDIA Tegra yang lama dan lemah prosesor. Sayangnya, ini mengarah pada kinerja di bawah standar saat menjalankan banyak judul AAA. Game seperti Apex Legends dan lainnya terlihat berkualitas rendah dibandingkan dengan rekan-rekan mereka di konsol lain. Namun, Nintendo dikabarkan akan mengganti chipset Tegra dengan yang bisa menggunakan upscaling DLSS sehingga game bisa mencapai resolusi 4K.

Tentu saja, ini hanya akan terjadi ketika Switch Pro di-dok. Meskipun mungkin mengancam harapan Switch Pro untuk mencapai resolusi 4K asli, kami masih tidak tahu apakah ini yang diputuskan Nintendo. Namun, ada juga laporan yang saling bertentangan tentang Switch Pro yang menjalankan chipset RealTek.

Only Time Will Tell

Nintendo belum merilis banyak informasi tentang konsol berikutnya, meskipun kami dapat mengatakan bahwa OLED Switch adalah bentuk uji coba untuk itu. Ini adalah produk luar biasa yang mengatasi banyak masalah Nintendo Switch. Ini adalah peningkatan yang bagus yang dapat Anda pertimbangkan, terutama jika Anda sering bermain dalam mode genggam.

Menurut Anda, apa yang seharusnya dimiliki Switch baru? Apakah menurut Anda Nintendo harus lebih fokus pada grafis? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.