Apa perbedaan antara var, let dan const dalam JavaScript?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Deklarasi variabel

A hanya memberi tahu komputer bahwa ada variabel dan nilai apa yang harus dimulainya. Mirip dengan bahasa pemrograman lainnya, JavaScript juga memungkinkan untuk mendeklarasikan variabel.

Ada tiga kata kunci dalam JavaScript yang dapat digunakan untuk mendeklarasikan variabel: let, var, dan const. Setiap kata kunci memiliki aturan dan implikasi yang berbeda tentang bagaimana variabel yang mereka buat dapat digunakan.
let: Kata kunci let mendeklarasikan variabel lokal cakupan blok, secara opsional menginisialisasinya ke nilai.
Block-scoped berarti variabel hanya tersedia di dalam blok itu dideklarasikan, yang biasanya dilambangkan dengan kurung kurawal {}. var: Kata kunci var mendeklarasikan variabel lingkup fungsi atau variabel global, secara opsional menginisialisasinya ke nilai.
Function-scoped berarti bahwa variabel hanya tersedia dalam fungsi yang dideklarasikan. Variabel global tersedia di seluruh kode Anda. const: Kata kunci const mendeklarasikan variabel konstanta lingkup blok yang tidak dapat diubah, yaitu variabel yang tidak dapat dipindahkan.
Constants juga disebut “variabel yang tidak dapat diubah”, tetapi itu agak keliru karena sebenarnya variabel – hanya variabel yang tidak dapat ditugaskan kembali. Apa perbedaan antara var, let dan const?

Kata kunci var adalah cara tertua untuk mendeklarasikan variabel dalam JavaScript dan didukung oleh semua browser. Kata kunci let dan const adalah tambahan baru untuk bahasa tersebut dan tidak didukung oleh browser lama.

Jika Anda perlu mendukung browser lama, Anda dapat menggunakan var alih-alih let atau const. Jika Anda tidak perlu mendukung browser lama, Anda dapat menggunakan let atau const. Jika Anda ingin variabel Anda tidak dapat diubah, gunakan const.

Berikut beberapa contohnya:

var x = 1; misalkan y = 2; konstanta z = 3; x = 4; //Oke y = 5; //Oke z = 6; //Error1234567var x = 1;biarkan y = 2;const z = 3; x = 4; //Oke y = 5; //Oke z = 6; //Error

Seperti yang Anda lihat, variabel var dan let dapat dipindahkan, tetapi variabel const tidak bisa.

Perbedaan lain antara var dan let/const adalah bahwa variabel var memiliki cakupan fungsi, sedangkan variabel let dan const memiliki cakupan blok.

Ini artinya bahwa variabel var hanya tersedia dalam fungsi tempat mereka dideklarasikan. Misalnya:

function foo() { var x = 1; } fo(); console.log(x); // ReferenceError: x tidak didefinisikan123456function foo() {  var x = 1;} foo();console.log(x); // ReferenceError: x tidak didefinisikan

Sebaliknya, variabel let dan const hanya tersedia di dalam blok tempat mereka dideklarasikan. Contoh:

function foo() { let y = 2; konstanta z = 3; } fo(); console.log(y); // ReferenceError: y tidak didefinisikan console.log(z); // ReferenceError: z tidak didefinisikan12345678fungsi foo() {  biarkan y = 2; const z = 3;} foo();console.log(y); // ReferenceError: y tidak didefinisikan console.log(z); // ReferenceError: z is notdefined

Jadi, kesimpulannya, perbedaan utama antara var, let dan const adalah:
var memiliki cakupan fungsi sedangkan let dan const memiliki cakupan blok. variabel var dapat dipindahkan sementara variabel let dan const tidak bisa. variabel var dideklarasikan menggunakan kata kunci var sedangkan variabel let dan const dideklarasikan masing-masing menggunakan kata kunci let dan const. variabel const tidak dapat diubah sedangkan variabel let dan var tidak.

Referensi tecadmin.com