Apa Spesifikasi Router Wi-Fi Yang Paling Penting?

Router yang cepat dan andal adalah kebutuhan di sebagian besar rumah tangga. Tapi, apakah Anda benar-benar perlu menghabiskan lebih dari $100 untuk router Wi-Fi dengan enam antena dan Wi-Fi 6? Saatnya untuk memahami spesifikasi yang membingungkan itu.

Standar Wi-Fi

Memilih router bisa terasa agak berlebihan, terutama ketika jargon dilemparkan ke kiri, kanan, dan tengah Anda. Salah satu spesifikasi router yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah standar Wi-Fi yang didukung. Anda mungkin pernah melihat referensi ke 802.11ac atau 802.11ax saat mencari router. Ini dikenal sebagai standar Wi-Fi.

Standar Wi-Fi pertama, 802.11, dirilis pada tahun 1997, mendukung frekuensi radio 2.4GHz. Ini hanya mendukung megabit per detik (Mbps), diikuti segera oleh 802.11b pada tahun 1999. Pada tahun yang sama, standar Wi-Fi 802.11a diluncurkan, menawarkan dukungan untuk pita 5GHz hingga 54Mbps.

Standar Wi-Fi paling umum saat ini adalah 802.11ac (Wi-Fi 5), dan 802.11ax (Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E). Perbedaan utama antara Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E adalah Wi-Fi 6 mendukung frekuensi 2,4GHz dan 5GHz, sedangkan Wi-Fi 6E mendukung pita frekuensi 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz. Fi standar untuk memilih? Yah, itu tergantung pada apakah perangkat yang Anda miliki mendukung Wi-Fi 6 atau tidak. Ponsel cerdas seperti iPhone 11 dan yang lebih baru, Samsung Galaxy S20 dan yang lebih baru, OnePlus 8, dan seterusnya, mendukung Wi-Fi 6. Karena Wi-Fi 6 menjadi standar baru pada tahun 2019, sebagian besar produsen teknologi mulai membuat perangkat yang mendukung standar tersebut. .

Jika Anda memiliki sebagian besar perangkat yang lebih tua, sebelum tahun 2019, Anda akan menemukan router 802.11ac yang sesuai dengan kebutuhan Anda; Wi-Fi 5 juga kompatibel dengan standar 802.11a/b/g/n dan dapat mencapai kecepatan hingga 1300Mbps pada pita 5GHz dan 450Mbps pada pita 2,4GHz.

Namun, router Wi-Fi 6 juga kompatibel ke belakang. Dengan demikian, Anda akan berinvestasi dalam router tahan masa depan yang mampu mendukung perangkat berkemampuan Wi-Fi 6. Wi-Fi 6 menggunakan daya yang lebih sedikit daripada Wi-Fi 5, menawarkan keamanan yang lebih baik, kecepatan lebih tinggi, dan umumnya lebih andal di lingkungan yang lebih sibuk.

Jika Anda membeli router pertama atau memutakhirkan yang sudah ada, pasti layak untuk memilih 802.11ax ; perangkat apa pun yang mendukung Wi-Fi 5 atau lebih rendah akan tetap dapat terhubung secara nirkabel ke router. Salah satu router paling kuat yang tersedia, ASUS ROG Rapture GT-AXE11000 mendukung standar Wi-Fi 802.11ax tetapi juga kompatibel dengan 802.11a/b/g/n/ac.

Meskipun sangat mahal, ini mencakup semua basis Standar Wi-Fi, artinya Anda dapat menggunakannya dengan hampir semua perangkat yang mendukung Wi-Fi.

ASUS ROG Rapture WiFi 6E Gaming Router
ASUS ROG Rapture WiFi 6E Gaming Router
Router gaming yang kuat ini mendukung standar Wi-Fi 6E, frekuensi tri-band, dan membanggakan CPU quad-core 1,8 GHz.

Amazon$545.85

Pembelian Terbaik$549,99

Tarif Transfer

Sangat menggoda untuk membeli router yang menawarkan kecepatan 1750Mbps atau lebih, tetapi jangan biarkan hal itu membodohi Anda dengan berpikir bahwa kecepatan tersebut adalah representasi akurat dari apa yang Anda akan benar-benar mendapatkan. Ya, ada baiknya untuk berinvestasi di router yang mampu kecepatan tinggi, terutama jika ISP dan paket internet Anda dapat mengirimkan ini, tetapi Anda tidak perlu memasukkan semua telur Anda ke dalam keranjang yang tidak menghasilkan the goods.

Advertisement

TP-Link AC1750, misalnya, menunjukkan bahwa ia dapat menawarkan kecepatan hingga 1750Mbps (angka setelah bagian “AC” dari nama biasanya, tetapi tidak selalu, memberi tahu Anda kecepatan maksimum router). Saat Anda menelusuri spesifikasi router, Anda akan melihat bahwa ia menawarkan hingga 1300Mbps pada pita 5GHz dan 450Mbps pada pita 2,4GHz. Tambahkan keduanya dan Anda mendapatkan 1750Mbps.

Namun, perangkat tidak dapat menerima kedua frekuensi secara bersamaan. Dengan demikian, kecepatan maksimum yang dapat ditawarkan TP-Link AC1750 pada waktu tertentu adalah 1300Mbps. Dan, kecuali Anda menerima koneksi internet sempurna dari ISP Anda dan perangkat Anda berada di lingkungan bergaya laboratorium, Anda mungkin akan mendapatkan jauh lebih sedikit daripada kecepatan 1300Mbps yang disebutkan. jenis spesifikasi, hanya penting untuk memahami apa artinya.

TP-Link AC1750 Smart WiFi Router (Archer A7)
TP-Link AC1750 Smart WiFi Router (Archer A7)
Sebuah dual-band Wi-Fi 5 router dengan hingga 1300Mbps (5GHz ) dan 450Mbps (2,4GHz), kontrol orang tua, dan kompatibilitas dengan Alexa.

Amazon$64,42

Number of Ports

Untuk memanfaatkan kecepatan tercepat dari router Anda, sebaiknya pilih koneksi kabel melalui kabel Ethernet dari router ke perangkat Anda. Namun, tidak semua router memiliki beberapa port Ethernet. Tergantung pada kebutuhan Anda, Anda mungkin perlu berinvestasi dalam router dengan setidaknya satu atau lebih port Ethernet.

Advertisement

Apakah Anda bekerja dari rumah atau bermain game di kamar tidur Anda, koneksi internet yang andal paling baik disajikan dengan kabel. Namun, masalah yang dihadapi banyak pengguna adalah bagaimana mencapai koneksi kabel dari satu router Wi-Fi.

Jika Anda perlu menghubungkan beberapa perangkat melalui koneksi Ethernet kabel, pilihannya adalah berinvestasi dalam sistem Mesh Wi-Fi. Sebagian besar router Mesh Wi-Fi menyertakan setidaknya satu port Ethernet pada router utama, dan seringkali dua atau lebih pada masing-masing node (satelit). Router Wi-Fi Google Nest menyertakan dua port Ethernet; paket dua atau tiga juga berisi dua port pada setiap router, memungkinkan Anda untuk memasang koneksi internet kabel ke banyak perangkat rumah tangga Anda.

RELATEDCara Menambahkan Lebih Banyak Port Ethernet ke Router

AndaNamun, jika Anda menggunakan router yang tidak Jika Anda tidak memiliki port Ethernet yang cukup untuk kebutuhan Anda, Anda dapat berinvestasi dalam Ethernet Switch, seperti Netgear Switch (GS305). Ini menggunakan satu port Ethernet untuk terhubung ke router Anda, kemudian menawarkan empat port Ethernet tambahan, memungkinkan Anda untuk menghubungkan beberapa perangkat seperti konsol game, TV, printer, dan komputer, melalui koneksi Ethernet.

MU-MIMO

Multiple-User, Multiple-Input , Teknologi Multiple-Output (MU-MIMO) memungkinkan router mengirimkan Wi-Fi ke beberapa perangkat secara bersamaan. Ini berarti satu perangkat tidak perlu menunggu lebih lama untuk sinyal, mempercepat jaringan Anda secara keseluruhan. Dengan router Single User, Multiple-Input, Multiple-Output (SU-MIMO) tradisional, bandwidth jaringan dialokasikan berdasarkan prioritas, mengirimkan beberapa aliran data ke satu perangkat pada satu waktu.

Untuk menerjemahkan ini menjadi sesuatu yang bermakna, jika Anda memuat video YouTube di PC Anda dan teman serumah Anda ingin menonton sesuatu di Netflix, salah satu perangkat Anda akan menampilkan konten sebelum yang lain, berkat SU-MIMO. Dalam istilah dunia nyata, penundaannya sangat kecil. Tetapi jika Anda menggunakan router dengan MU-MIMO, kedua perangkat akan menerima bandwidth Wi-Fi yang sama pada saat yang sama, tidak menyebabkan penundaan.

MU-MIMO terlihat pertama kali di router Wi-Fi 5 dan lebih umum di Wi-Fi 6 router. Namun, tidak semua router mendukung MU-MIMO. Jika Anda memiliki rumah tangga besar dengan banyak perangkat yang memerlukan koneksi Wi-Fi, maka router yang didukung MU-MIMO patut dipertimbangkan karena tidak ada satu perangkat pun yang akan diprioritaskan di atas perangkat lainnya. Semakin banyak pengguna yang Anda miliki di jaringan SU-MIMO, semakin Anda akan melihat perbedaannya.

Standar Keamanan

Apakah menurut Anda mungkin bagi peretas untuk mendapatkan akses ke router Anda atau tidak, spesifikasi keamanan router harus menjadi pertimbangan penting. WPA2, dikembangkan pada tahun 2004 oleh Wi-Fi Alliance, adalah standar keamanan minimum mutlak yang harus Anda cari di router.

Advertisement

WPA2 menggunakan Advanced Encryption Standard (AES). Meskipun ini adalah cara yang sangat efisien dan aman untuk melindungi router dan jaringan Anda, ini memang memiliki kekurangan. Misalnya, jika seseorang dapat memperoleh akses ke jaringan Anda, mereka dapat menyerang atau berpotensi meretas perangkat lain yang terhubung ke jaringan yang sama. Untuk mengatasi hal ini, WPA3 dikembangkan pada 2018.

WPA3 tidak hanya mempersulit peretas untuk menyerang jaringan Anda, tetapi setiap perangkat juga memiliki kunci dekripsi terpisah yang terhubung ke router dengan keamanan WPA3. Bahkan router Wi-Fi yang terjangkau seperti TP-Link AC1200 tersedia dengan protokol keamanan WPA3, jadi Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menerima spesifikasi keamanan yang luar biasa di router Wi-Fi Anda.

TP-Link AC1200 Gigabit WiFi Router (Archer A6 V3)
TP-Link AC1200 Gigabit WiFi Router (Archer A6 V3)
Router dual-band ini menawarkan beberapa standar Wi-Fi, protokol keamanan, dan mendukung MU-MIMO untuk kecepatan yang andal.

Amazon$44,99 $49.99 Hemat 10%

Memilih Router Anda

Ada banyak Spesifikasi router Wi-Fi untuk membungkus kepala Anda, tetapi setelah Anda menetapkan prioritas Anda, akan menjadi jauh lebih mudah untuk menyingkirkan teknologi tambahan yang tidak diperlukan.

Menentukan standar Wi-Fi minimum router Anda terlebih dahulu akan memungkinkan Anda untuk menyaring opsi apa pun yang tidak akan memenuhi kebutuhan Anda. Dari sana, Anda dapat memilih router dengan kecepatan transfer yang memadai, port yang tersedia, teknologi canggih seperti MU-MIMO, dan yang memenuhi persyaratan keamanan Anda.

Router Wi-Fi Terbaik tahun 2022 Router Wi-Fi Terbaik Secara KeseluruhanAsus AX6000 (RT-AX88U )Amazon$299.99 $349,99 Hemat 14%

Router Anggaran TerbaikTP-Link Archer AX3000 (AX50)Amazon$119,99 $149.99 Hemat 20%

Router Murah TerbaikTP-Link Archer A8Amazon$64.42

Router Gaming TerbaikAsus GT-AX11000 Router Tri-Band MeshonAmazon$419.99 $449.99 Router FiASUS ZenWiFi AX6600 (XT8) (2 Paket)Amazon$392,55 $449,99 Hemat 13%

Router Mesh Anggaran TerbaikGoogle Nest Wifi (2 Paket)Amazon$214,99 $299.00 Hemat 28%

Kombo Router Modem TerbaikNETGEAR Nighthawk CAX80Amazon$421.06 $499.99 Hemat$2200Link24MA97$249.99 Router VPNACsysBRT Hemat 10%

Beat Travel RouterTP-Link AC750Amazon$37.99 $39.99 Hemat 5%

Router Wi-Fi 6E TerbaikAsus ROG Rapture GT-AXE11000Belanja Sekarang

Itulah berita seputar Apa Spesifikasi Router Wi-Fi Yang Paling Penting?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.