Apa Tentang Kosong? Haruskah Anda Menghapusnya?

Istilah about:blank (alias About Blank) tidak lebih dari sebuah halaman kosong di tab browser Anda, apakah Anda menggunakan Firefox, Chrome, Edge, Safari, atau jenis browser lainnya. Halaman muncul dengan label about:blank di bilah alamat dan judul halaman tab. Anda mungkin pernah melihat halaman kosong ini muncul dari waktu ke waktu saat mengklik tautan atau membukanya di tab atau jendela baru.

Jadi, apa artinya tentang:kosong? Apakah itu malware, koneksi Internet yang buruk, atau bahkan tautan yang buruk? Bagaimana saya bisa menghentikannya? Halaman about:blank memiliki banyak alasan untuk muncul di layar Anda. Secara umum, halaman kosong tidak menjadi perhatian.

Artikel ini menjelaskan tentang: arti kosong dan alasan Anda mendapatkannya saat menjelajah internet atau membuka tautan.

Apa Arti about:blank?

Halaman tentang:blank adalah bagian dari skema about:URL yang digunakan browser untuk memproses perintah internal yang mereka pilih untuk diterapkan. Ada beberapa perintah “tentang” yang digunakan oleh sebagian besar browser, seperti about:about, about:cache, dan about:plugins.

An about:blank tab atau window tidak memiliki halaman web untuk dimuat, juga tidak dimaksudkan untuk memuatnya. Namun, jendela ini lebih dari sekadar halaman kosong; mereka adalah halaman kosong dengan fungsi tersembunyi yang digunakan oleh browser. Intinya adalah about:blank adalah seperti apa—halaman kosong yang bukan URL; itu adalah perintah yang terpasang di browser.

Apa itu:blank Digunakan Untuk?

Alasan Konsumen Teratas Menggunakan about:Halaman kosong

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa orang ingin menggunakan halaman kosong.

Orang menyukai gagasan meluncurkan browser mereka ke halaman kosong karena berbagai alasan, termasuk:
Mencegah browser membuka banyak tab atau jendela dari sesi sebelumnyaMemastikan privasi saat peluncuranMengatur bandwidth dengan membuka tab browser non-internet untuk memulai sesi merekaMembuat halaman beranda kosongMengatur proses pada PC lamaMencegah gangguan
Idenya memang terdengar aneh, tetapi memiliki tujuan nyata seperti yang ditunjukkan di atas. Alasan paling umum bagi konsumen untuk menggunakan about:blank adalah menginstruksikan browser web untuk membuka halaman kosong saat diluncurkan—atau bahkan untuk setiap tab atau jendela baru. About:blank membuat startup cepat dan bersih tanpa gangguan apa pun, terutama karena aplikasi saat ini dirancang untuk memikat Anda atau membuat Anda terpaku pada mereka agar mereka mendapatkan keuntungan moneter. Anda mungkin tahu tentang ini dengan Facebook, Twitter, halaman awal Edge dan Firefox, dan bahkan halaman beranda Yahoo untuk menyebutkan hanya segelintir.

Alasan Teratas Browser Menggunakan about:blank Pages

Alasan paling umum browser menggunakan halaman kosong adalah untuk mengolah data di belakang layar. Peramban seperti Chrome dan Firefox suka mengambil alih saat Anda membuka file yang dapat dieksekusi. Mereka mulai melakukan segala macam tugas yang menghabiskan bandwidth dan sumber daya.

Meskipun merupakan tantangan untuk menghentikan “kegilaan tak terlihat”, Anda dapat mengontrol beberapa elemen, seperti apa yang terbuka saat peluncuran.

Umum Penyebab about:Halaman kosong

An about:halaman kosong dapat terjadi dengan cara yang berbeda dan untuk berbagai alasan.

Yang paling penyebab umum tentang halaman kosong adalah sebagai berikut:
Anda mengklik tautan unduhan yang terbuka di jendela atau tab kedua, dan browser dipaksa untuk menampilkan halaman kosong untuk memulai pengunduhan. Anda salah mengetik alamat web, jadi Anda salah halaman yang menyebabkan masalah keamanan virus atau malware, atau Anda mendapatkan halaman about:blank jika browser tidak dapat memahami apa yang harus ditampilkan. Browser tidak tahu apa yang harus dilakukan berdasarkan informasi yang diproses. Perbedaan dalam HTML, Java, dan kode lainnya dapat memaksa browser untuk membuka halaman kosong karena tidak dapat memproses apa pun.
Apakah tentang:blank Virus atau Bahkan Malware?

Banyak orang berpikir bahwa tentang:blank adalah virus komputer yang menyelinap masuk ke komputer mereka, tetapi, secara umum, tidak. Skenario tentang: halaman kosong biasanya hanya halaman web kosong yang ditampilkan ketika browser menemukan dirinya dalam situasi di mana ia perlu menampilkan halaman kosong. Halaman TIDAK disajikan kepada Anda dari sumber eksternal, sehingga tidak berbahaya bagi komputer Anda. Namun, malware DAPAT menyebabkan browser membuka halaman kosong.

Jika Anda menduga perangkat Anda terinfeksi perangkat lunak berbahaya, virus, malware, dll., hentikan penggunaannya untuk masalah pribadi dan segera lakukan pemindaian virus dan/atau reset pabrik. Tetap aman di dunia digital berarti tetap terinformasi.

Cara Menghentikan Mereka Tentang Popup Kosong

Menghentikan tentang:halaman kosong bergantung pada mengapa mereka ditampilkan di tempat pertama. Jika Anda telah menyesuaikan pengaturan browser Anda untuk membuka halaman kosong, Anda hanya perlu kembali ke pengaturan browser dan membatalkan perubahan tersebut.

Jika Anda mendapatkan halaman kosong secara teratur, Anda ingin menghentikan malware atau virus terlebih dahulu karena dapat merusak browser , lalu Anda dapat menghapus dan menginstal ulang Chrome, Firefox, Safari, atau apa pun yang Anda gunakan. Menghapus malware dari PC Anda juga dapat menyebabkan hilangnya file dan pengaturan dalam browser, yang tidak diperbaiki/diganti setelah malware dihapus.

Selain dari dua skenario di atas, Anda mungkin harus membiarkan fungsi about:blank saja. Banyak program antivirus dan anti-malware sekarang menggunakan halaman kosong untuk mencegah URL berbahaya mengeksekusi kode atau menipu Anda untuk mengambil tindakan.

Cara Memperbaiki Halaman Beranda tentang:kosong

Jika Anda mengubah halaman beranda menjadi kosong, seperti yang disebutkan sebelumnya, buka saja ke pengaturan dan atur beranda Anda ke apa pun yang Anda suka. Sebagian besar browser menyediakan opsi yang sebelumnya digunakan atau disertakan yang dapat mempermudah Anda. Jika Anda mencopot dan memasang ulang peramban, cukup ketik URL baru ke dalam kotak atau bagian.

Jika masalah laman kosong tetap ada, coba nonaktifkan ekstensi apa pun yang Anda miliki, tutup peramban, dan buka kembali. Add-on dan ekstensi (termasuk pemblokir pop-up) dapat menyebabkan masalah, jadi menonaktifkannya dapat memperbaiki masalah. Terakhir, Anda dapat mengembalikan pengaturan Anda ke default sistem. Langkah ini adalah opsi ekstrem, tetapi jika tidak ada yang berhasil, cobalah.

Untuk sebagian besar, melihat halaman about:blank yang ditampilkan di browser Anda bukanlah indikasi perangkat Anda terinfeksi; itu berarti Anda belum menyetel beranda atau browser Anda mengalami masalah dalam menampilkan konten. Namun, jika itu terjadi saat Anda mencoba mengakses situs tertentu atau secara otomatis saat memulai komputer, maka hal itu pasti menunjukkan tanda-tanda potensi masalah.

Tentang:blank Pertanyaan yang Sering Diajukan
Haruskah saya khawatir saat halaman web merutekan ke about:blank?

Ya dan tidak. Secara inheren, tentang: halaman web kosong tidak berbahaya bagi komputer atau perangkat Anda. Mereka adalah bagian dari sistem, jadi terkadang melihat halaman bukanlah masalah besar. Namun, jika Anda sering melihat about:blank pages, kemungkinan itu adalah masalah mendasar.

Misalnya, jika browser internet Anda disusupi, Anda mungkin melihat halaman ini daripada halaman beranda Anda. Jika itu adalah sesuatu yang sering Anda lihat tanpa provokasi pengguna, sebaiknya jalankan pemindaian keamanan agar aman.
Bagaimana cara memperbaiki tentang:bukaan kosong saat saya meluncurkan browser web saya?

Solusi terbaik Anda untuk memperbaikinya adalah memperbarui beranda browser Anda halaman. Anda dapat memperbaruinya dengan Google, sumber berita, atau halaman web apa pun yang Anda inginkan. Baik Anda menggunakan Safari, Firefox, Chrome, atau bahkan Edge, atur halaman beranda untuk merutekan ke tempat lain, dan Anda tidak akan melihat halaman about:blank lagi saat Anda membuka browser.
Bagaimana cara memperbaiki about:blank masalah?

Dengan asumsi Anda mengalami masalah dengan setiap halaman web dan bukan hanya saat membuka browser atau mengunjungi satu URL, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan. Mulailah dengan menjalankan pemindaian virus, seperti yang disebutkan sebelumnya. Anda juga dapat menghapus cache dan riwayat browser untuk menghapus semua bug.