Apa Versi Terbaru Android?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Android 13 adalah versi Android terbaru. Google merilisnya pada 15 Agustus 2022.

Android bisa membingungkan. Ada banyak versi berbeda, dan banyak di antaranya masih berjalan di perangkat saat ini. Mengikuti versi terbaru bisa menjadi tantangan, dan Anda mungkin memerlukan ponsel Android baru untuk mendapatkan versi Android terbaru dan terhebat.

Versi Android utama umumnya dirilis setahun sekali (meskipun tidak selalu seperti ini), dengan pembaruan keamanan bulanan dirilis di antaranya. Kadang-kadang, Google juga merilis pembaruan poin (.1, .2, dll.), meskipun pembaruan tersebut umumnya datang tanpa keteraturan. Sering kali, pembaruan yang lebih signifikan yang tidak sepenting rilis versi lengkap memerlukan pembaruan poin—seperti pembaruan dari Android 8.0 ke Android 8.1, misalnya. orang menggunakan nomor versi. Namun, Google mengakhiri praktik itu pada tahun 2019 dengan Android 10.

Singkat Sejarah Versi Android

Kami pikir pantas untuk memberikan ikhtisar singkat dari setiap versi Android pada nama kode yang menyertainya dan tanggal rilis. Anda tahu, untuk kelengkapan.

Android 1.5, Cupcake: 27 April 2009

Android 1.6, Donut: 15 September 2009

Android 2.0-2.1, Eclair: 26 Oktober 2009 (rilis awal)

Android 2.2-2.2.3, Froyo: 20 Mei 2010 (rilis awal)

Android 2.3-2.3.7, Gingerbread: 6 Desember 2010 (rilis awal)

Android 3.0-3.2.6, Honeycomb: 22 Februari 2011 (rilis awal)

Android 4.0-4.0.4, Ice Cream Sandwich: Oktober 18, 2011 (rilis awal)

Android 4.1-4.3.1, Jelly Bean: 9 Juli 2012 (rilis awal)

Android 4.4-4.4.4, KitKat: 31 Oktober 2013 (rilis awal)

Android 5.0-5.1.1, Lollipop : 12 November 2014 (rilis awal)

Android 6.0-6.0.1, Marshmallow: 5 Oktober 2015 (rilis awal)

Android 7.0-7.1.2, Nougat: 22 Agustus 2016 (rilis awal)

Android 8.0-8.1, Oreo: 21 Agustus 2017 (rilis awal)

Android 9.0, Pai: 6 Agustus 2018

Android 10.0: 3 September 2019

Android 11.0: 8 September 2020

Android 12.0: 19 Oktober 2021

Android 13.0: 15 Agustus 2022

Seperti yang Anda lihat, sistem pembaruan tidak apapun itu rt keteraturan sejak awal, tetapi era Ice Cream Sandwich memulai jadwal pembaruan versi OS tahunan. Beberapa catatan menyenangkan lainnya:

Honeycomb adalah satu-satunya versi Android khusus tablet, dan berjalan bersama versi Gingerbread untuk ponsel. OS ponsel dan tablet yang terpisah kemudian digabungkan dimulai dengan Ice Cream Sandwich. Ice Cream Sandwich bisa dibilang merupakan pembaruan paling dramatis untuk Android hingga saat ini. Itu tidak hanya menggabungkan versi tablet dan ponsel dari OS, tetapi juga merombak total tampilan dan nuansa sistem. Google awalnya merilis perangkat Nexus yang berfokus pada pengembang untuk menyoroti kekuatan setiap versi Android. Ini akhirnya berkembang menjadi jajaran perangkat Pixel yang berfokus pada konsumen yang kita miliki saat ini. Android KitKat menandai pertama kalinya Google bekerja sama dengan produsen komersial untuk rilis Android. Mereka melakukannya lagi untuk Android Oreo.

Versi Android Terbaru adalah 13.0

Android 13 adalah versi terbaru Android, dan dirilis pada 15 Agustus 2022. Hadir lebih dulu di ponsel Google Pixel, tetapi dengan cepat diluncurkan ke Samsung Galaxy perangkat juga. Ponsel dari OnePlus, Xiaomi, Nokia, dan lainnya perlahan mengikuti.

Mengikuti tradisi yang dimulai dengan Android 10, Android 13 tidak memiliki nama panggilan makanan penutup yang menyenangkan. Namun, nama kode internal untuk Android 13 adalah “Tiramisu”. Agak menyedihkan bahwa Google tidak lagi menggunakan nama panggilan ini untuk publik.

Sama seperti Android 12 sebelumnya, Android 13 tidak memiliki banyak perubahan besar yang dihadapi pengguna—namun itu bukan hal yang buruk. Masih ada banyak barang untuk ditemukan, seperti ikon bertema, fitur baru untuk bersantai di malam hari, dan manajemen notifikasi yang lebih baik.

Cara Memeriksa Versi Android Anda

Berikut bagian menyenangkan tentang Android: bagaimana Anda mengetahui informasi yang paling sederhana sekalipun bervariasi tergantung tidak hanya pada versi Android yang dijalankan ponsel Anda, tetapi juga pada siapa yang memproduksi perangkat tersebut.

Tetapi kami akan membuatnya sesederhana mungkin di sini. Lanjutkan dan buka menu pengaturan ponsel Anda dengan menarik bayangan pemberitahuan (sekali atau dua kali, tergantung pabrikannya) lalu ketuk ikon roda gigi.

Dari sana, gulir ke bagian paling bawah menu dan ketuk entri “Tentang Ponsel” (mungkin juga membaca “Tentang Perangkat”).

Seharusnya ada entri untuk Versi Android—sekali lagi, tergantung pada perangkat dan versi Android, mungkin berbeda.

Cara Memperbarui ke Versi Terbaru Android

Jawaban singkatnya juga disayangkan satu: Anda mungkin tidak dapat melakukannya. Pembaruan Android pertama kali ditangani oleh produsen ponsel Anda—jadi Samsung bertanggung jawab atas pembaruannya. Satu-satunya pembaruan yang ditangani oleh Google sendiri adalah untuk perangkat Pixel.

Untuk melihat apakah ada pembaruan yang tersedia untuk perangkat Anda, buka Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem (atau serupa). Sekali lagi, ini mungkin berada di tempat yang berbeda tergantung pada ponsel Anda—Samsung menempatkan opsi Pembaruan Sistem di root menu Pengaturan (Pengaturan > Pembaruan Perangkat Lunak > Unduh dan Instal), misalnya.

Mengetuk opsi ini akan memeriksa pembaruan perangkat, tetapi ada kemungkinan besar perangkat tidak akan menemukan apa pun. Segera setelah pembaruan tersedia untuk ponsel Anda, biasanya pembaruan akan memberi tahu Anda tentang fakta tersebut dan meminta Anda untuk mengunduh dan menginstalnya saat itu juga.

Satu-satunya cara pasti untuk memastikan Anda mendapatkan versi terbaru Android adalah dengan membeli dari Garis piksel. Google memperbarui ponsel ini secara langsung, dan umumnya diperbarui dengan versi utama terbaru dan patch keamanan.