Apa yang Baru di Fedora 37?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Beta untuk Fedora 37 tersedia sekarang, dan rilis penuh akan jatuh tempo pada 18 Oktober 2022 (dengan 25 Oktober sebagai tanggal mundur jika ada bug yang muncul terlambat). Berikut adalah pratinjau tentang apa yang diharapkan dari rilis terbaru distribusi Linux uber-stabil ini.

Saya selalu menjadi penggemar Red Hat Linux. Saya ingat membeli satu set disk untuk versi 5.2 di cabang alat tulis terkenal Inggris pada tahun 1998, karena lebih mudah dan lebih cepat daripada mencoba mengunduhnya pada saat itu. Saat itu, Red Hat adalah distribusi yang tersedia secara bebas, dan logonya masih memiliki seseorang—dikenal sebagai bayangan—mengenakan titfer.

eponymous Red Hat Linux berubah menjadi Red Hat Enterprise Linux, yang dibundel dengan beberapa perangkat lunak dan dukungan manajemen berpemilik, sebagai sebuah penawaran komersial. Tentu saja, inti Linux harus tetap tersedia secara bebas. Jadi, CentOS Linux dibuat sebagai distribusi Linux yang kompatibel dengan biner dengan RHEL tanpa kode kepemilikan. Server yang ditargetkan CentOS. Untuk pengguna yang lebih tertarik menjalankan distribusi Linux turunan Red Hat, jawabannya adalah Fedora Linux.

Setelah pembelian Red Hat senilai $34 miliar oleh IBM, CentOS dihentikan. Proyek lain telah muncul untuk mengisi kekosongan itu, seperti Rocky Linux dan AlmaLinux. Sementara itu, Fedora telah membajak alurnya sendiri, dan semakin kuat. Jika cukup baik untuk Linux Torvalds, itu harus memiliki sesuatu untuk itu.

Pada saat penulisan, rilis penuh Fedora 37 masih beberapa minggu lagi (18 Oktober), dengan satu minggu ekstra kontingensi jika pengembang menemukan keterlambatan- muncul bug. Menjelang tanggal rilis, kami meluncurkan versi beta dan melihat apa yang baru di dunia Linux ini.

Fedora 37 Versions

Fedora menawarkan spin yang menampilkan KDE Plasma, XFCE, LXQT, Mate, Cinnamon, LXDE, dan lingkungan desktop grafis SOAS, serta pengelola jendela ubin i3. Desktop default adalah GNOME.

Fedora 37 menambahkan RaspberryPi 4 ke daftar arsitektur perangkat keras yang didukung. Proyek Fedora telah menghapus arsitektur ARMv7 dari platform yang didukung, yang berarti tidak ada lagi build Fedora untuk arsitektur ARM 32-bit. (Semuanya dari ARMv8 ke depan adalah 64-bit.)

Kali ini, GNOME Fedora spin dikirimkan dengan GNOME 43 dan rilis itulah yang akan kita lihat.

Kernel 5.19

Upgrade ke aplikasi dan lingkungan desktop GNOME selalu diterima tetapi, boleh dibilang, peningkatan dan perbaikan yang paling penting setiap peningkatan distribusi adalah yang ada di kernel Linux. Beta yang kami gunakan untuk meneliti artikel ini menggunakan kernel 5.19.7.

Kernel 5.19 bukanlah rilis yang menarik dalam hal perbaikan keamanan utama, tetapi masih mengandung banyak modifikasi dan penyesuaian. Jika salah satu dari ini dipetakan ke dalam kasus penggunaan Anda, Anda akan mendapat manfaat dari kernel 5.19.

Beberapa aksesori dan perangkat keras bawaan mendapatkan dukungan yang ditingkatkan.

Lenovo Pengguna keyboard ThinkPad TrackPoint II sekarang dapat memetakan tombol, menggunakan mouse * “tengah bawaan ”, dan gunakan pengguliran asli. Lenovo ThinkPad X12 TrackPoint—”joystick” penunjuk mouse yang berada di antara tombol “B”, “G”, dan “H”—didukung dengan lebih baik.Tombol fungsi pada mekanik nirkabel Keychron keyboard dikenali dan didukung.Pena digital Wacom tiga tombol kini didukung, termasuk pena dan stempel waktu sentuh.

Kernel mendukung kompresi ZStandard file firmware. File firmware dengan ekstensi ZST akan didekompresi oleh pemuat firmware kernel Linux.

Kinerja Linux pada perangkat ARM selalu kurang dari kinerjanya pada platform lain, seperti Intel. Kernel 5.19 semakin mengurangi kesenjangan, meskipun kesenjangan yang cukup besar tetap ada untuk saat ini. Sangat menarik untuk dicatat bahwa Linus Torvalds menggunakan laptop Apple berbasis ARM untuk menguji dan merilis kernel 5.19.

Code perubahan yang dibuat pada Direct Rendering Manager meningkatkan kecepatan hasil subsistem grafis untuk AMD dan GPU Intel.

Kernel 5.19 mendukung teknologi dan protokol jaringan modern . Dimasukkannya BIG TCP memungkinkan ukuran paket TSO/GRO yang lebih besar untuk lalu lintas IPv6, yang berarti kecepatan jaringan lebih cepat. Keuntungan ini akan menguntungkan instalasi skala besar di pusat data fisik atau server farm berbasis cloud dan infrastruktur lainnya.

Manfaat yang akan dihargai oleh rata-rata pengguna domestik termasuk driver jaringan yang ditingkatkan untuk kartu nirkabel Realtek RTW89 5GHz, driver Qualcomm ATH11K mendapatkan bangun -Kemampuan LAN, dan dukungan untuk modem MediaTek T700 5G untuk PC dan laptop yang selalu terhubung.

Kernel 5.19 memiliki perbaikan yang mencegah masalah panas berlebih pada CPU Intel Skylake dan CPU Comet Lake yang lebih baru. Masalah-masalah ini paling jelas ketika laptop ditangguhkan. Sistem yang berjalan pada CPU Intel Raptor Lake dan Alder Lake dapat mengakses fitur Running Average Power Limiting yang membatasi daya maksimum rata-rata yang dapat digunakan CPU.

GNOME 43

Ada banyak perubahan dalam visual desktop seperti halnya di balik kapnya. Kami telah membahas GNOME 43 secara mendalam, tetapi kami akan membahas beberapa fitur baru di sini.

Menu Setelan Cepat memungkinkan Anda mengakses beberapa setelan—termasuk Mode Gelap—dengan satu atau dua klik.

Beberapa tombol berfungsi sebagai matikan sederhana, yang lain mengekspos pilihan lebih lanjut. Misalnya, jika Anda memiliki beberapa kartu jaringan di komputer, Anda dapat memilih yang mana yang akan digunakan.

Tombol yang muncul mencerminkan perangkat keras sistem Anda. Jika Anda tidak memiliki kartu jaringan nirkabel, Anda tidak akan melihat tombol yang memungkinkan Anda mengubah jaringan Wi-Fi.

Anda juga dapat mengakses beberapa pengaturan audio dari kontrol penggeser volume, seperti mengatur sumber keluaran atau masukan, dan langsung menuju ke pengaturan suara di aplikasi Pengaturan utama.

GNOME 43 menampilkan banyak sentuhan kosmetik yang halus. Aplikasi perlu di-porting ke GTK4 sebelum mereka dapat menerima perubahan ini dan mengadopsinya. Melakukannya akan memungkinkan aplikasi untuk berintegrasi dengan inisiatif GNOME seperti mesin tema libadwaita. Apa artinya menjadi aplikasi GNOME asli sedang berubah.

Tidak mengherankan, aplikasi pertama yang mendukung perubahan ini adalah aplikasi GNOME seperti browser file Files, dan Edit, editor teks baru.

Browser file Files memiliki sudut membulat di beberapa antarmuka elemen seperti bilah pencarian, dan tombol tutup memiliki lingkaran berbayang yang lebih menonjol di sekitarnya. Perubahan yang paling terlihat adalah sidebar dinamis.

Jika Anda mengubah ukuran jendela Files dan membuatnya cukup sempit, sidebar akan hilang. Ikon baru memungkinkan Anda mengakses bilah sisi saat jendela sempit.

Bilah sisi muncul kembali saat lebar jendela dinaikkan secukupnya. Emblem “Mengambang” digunakan untuk memberikan informasi lebih lanjut ke ikon.

Klik kanan di File akan membuka menu konteks.

Documents yang telah Anda tambahkan ke direktori “~/Templates” muncul sebagai opsi di submenu “New Document”.

Jika Anda do’ t memiliki dokumen apa pun di direktori “~/Templates” Anda, opsi “Dokumen Baru” tidak muncul.

Anda dapat menginstal editor gEdit, tetapi editor itu tidak diinstal secara default. Editor default baru adalah aplikasi Edit GNOME. Ini belum berfitur lengkap seperti gEdit, tetapi terus meningkat. gEdit hanya dapat diinstal dengan mudah, jika Anda lebih suka menggunakannya.

Mengklik ikon hamburger akan membuka menu pengaturan. Anda dapat memilih salah satu dari tiga opsi di bagian atas menu agar Edit mengikuti tema sistem, atau selalu dalam Mode Terang atau Mode Gelap. mungkin memilih untuk digunakan. Tentu saja, ini mungkin berubah pada tanggal rilis Fedora 37.

  • Kernel: 5.19.7
  • Firefox: 104.0
  • Thunderbird: 102.3.0
  • LibreOffice: 7.4.0.3
  • Nautilus (File): 43.beta.1
  • GCC: 12.2.1 20220819O
  • penSSL: 3.0.5A

Fedora terus mengesankan. Anda mungkin telah memperhatikan tren di antara pakar internet. Fedora selalu menjadi distribusi yang dihormati. Namun baru-baru ini, banyak pendukung Linux merekomendasikan Fedora sebagai distribusi terbaik untuk Linux pemula.

Jika tujuannya adalah untuk memberi mereka pengalaman bekerja dan akses ke koleksi perangkat lunak yang luas, maka Fedora jelas cocok dengan tagihan.

Anda dapat dapatkan prarilis sekarang dengan mengunduh gambar resmi Fedora 37 atau salah satu putarannya. Kemudian sibuk menginstal.

Itulah berita seputar Apa yang Baru di Fedora 37?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.