Apa yang Dapat Anda Lakukan Dengan Port USB di Router Anda?

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa router jaringan Anda memiliki port USB di bagian belakang, tetapi Anda mungkin tidak yakin untuk apa itu. Jawaban atas pertanyaan itu tergantung pada model router Anda, tetapi port kecil itu sangat serbaguna!

Sebelum kita melihat berbagai hal yang dapat Anda lakukan dengan port USB pada router Anda, penting untuk dipahami bahwa hanya karena router Anda memiliki Port USB tidak berarti Anda dapat menggunakan port tersebut untuk setiap fungsi yang kami cantumkan di bawah ini.

Ini akan bergantung pada fitur mana yang telah dipilih oleh pabrikan router untuk diterapkan. Beberapa jenis fitur USB memerlukan perangkat keras yang lebih kuat daripada yang dimiliki oleh router murah, sehingga produsen tidak menerapkannya.

Dalam beberapa kasus, perangkat keras router dapat digunakan, tetapi pabrikan memutuskan untuk tidak menerapkannya di perangkat kelas bawah mereka untuk membedakannya. Jika router tersebut kompatibel dengan firmware khusus seperti DD-WRT atau Tomat, Anda dapat membuka kuncinya, tetapi seperti biasa, firmware khusus memiliki risiko “menghancurkan” router Anda.

Periksa dokumentasi router Anda untuk mengonfirmasi fitur USB mana yang didukungnya . Jika Anda tertarik untuk menginstal firmware khusus, Anda harus memeriksa daftar kompatibilitas untuk model router Anda dan apakah fitur tersebut dapat dibuka dengan cara ini.

Mengonfigurasi Fungsi Router USB

Sebelum Anda dapat menggunakan USB tertentu dengan router Anda, Anda mungkin perlu melakukannya aktifkan dan konfigurasikan fungsi USB pada router Anda. Proses spesifik akan berbeda untuk setiap model, tetapi proses umumnya sama. Setelah menghubungkan perangkat ke port USB, cukup masuk ke antarmuka web router Anda atau gunakan aplikasi selulernya, jika ada.

Kemudian cari menu untuk pengaturan USB. Router harus mendeteksi apakah perangkat yang didukung telah terhubung dan membiarkan Anda mengaktifkan fitur tersebut. Kemudian Anda siap untuk menikmati kemampuan jaringan yang diperluas.

Berbagi Hard Drive USB

Sementara cara terbaik untuk berbagi hard drive dengan semua orang di jaringan rumah Anda adalah dengan menggunakan perangkat NAS (Network-Attached Storage) khusus. Jika Anda hanya perlu melayani sejumlah kecil klien, maka menghubungkan drive USB ke router yang ada adalah solusi hemat biaya.

Dalam menu router, Anda mungkin memiliki satu atau beberapa opsi untuk berbagi drive. Salah satu kemungkinannya adalah Anda dapat memetakan drive di sistem operasi Anda. Cara lainnya adalah Anda dapat menambahkan drive sebagai sumber FTP.

Halaman informasi USB router harus menyediakan semua informasi yang Anda perlukan untuk mengakses drive dari perangkat lain. Misalnya, detail login FTP, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan aplikasi seperti VLC di perangkat Android TV.

Selain berbagi file di antara semua orang di jaringan atau akses media, drive yang terpasang seperti itu adalah tempat yang tepat untuk membuat cadangan file Anda. komputer berjaringan.

Beberapa router menawarkan opsi untuk bertindak sebagai server media, yang pemutar medianya perangkat di jaringan dapat mendeteksi dan memutar konten dari. Seberapa baik router Anda bekerja sebagai server media akan bergantung pada kecepatan prosesornya, tetapi untuk streaming skala kecil ke satu atau dua TV pintar, misalnya, ini bisa menjadi solusi yang sangat baik.

Berbagi Printer di Jaringan

Wi-Fi atau Printer berkemampuan Ethernet tidak terlalu mahal atau langka, tetapi jika Anda sudah memiliki printer yang hanya menggunakan USB, router Anda mungkin memiliki kemampuan untuk bertindak sebagai server cetak, memungkinkan siapa saja di jaringan untuk mencetak dari perangkat mereka.

Jika router Anda tidak memiliki fungsi ini, jangan terlalu kecewa. Cukup mudah untuk membagikan printer apa pun melalui komputer yang terhubung ke jaringan. Kelemahan utama adalah bahwa komputer yang bersangkutan harus dihidupkan agar printer dapat bekerja.

Gunakan Modem Seluler

Router Anda kemungkinan besar terhubung menggunakan DSL atau serat, tetapi bahkan teknologi ini tidak menawarkan uptime 100%. Jika Anda tidak dapat melakukan pemutusan karena Anda bekerja dari rumah, atau perlu memastikan bahwa Anda memiliki akses ke jaringan Anda dari luar untuk tujuan desktop jarak jauh, Anda dapat menghubungkan modem seluler USB.

Fungsi router USB ini relatif jarang dan biasanya ada hanya sejumlah modem yang didukung oleh router tertentu. Karena itu, jika Anda memiliki kombinasi router dan modem yang tepat, pencadangan seluler dapat memastikan layanan jaringan penting Anda tidak akan pernah mati. Port A adalah Hal yang Mengerikan untuk Dibuang

Port USB router dapat menambahkan beberapa kemungkinan yang benar-benar berguna ke jaringan Anda, jadi sayang untuk meninggalkan port yang tidak terpakai. Setidaknya sedikit penyimpanan lokal bersama dapat membantu menghilangkan sebagian dari kecemasan ruang rendah itu. Anda bahkan dapat membuat folder dengan dokumen untuk diakses seluruh keluarga, dengan atau tanpa koneksi internet!

Itulah berita seputar Apa yang Dapat Anda Lakukan Dengan Port USB di Router Anda?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.