Apa yang Harus Dilakukan jika Amazon Fire Stick Anda Tidak Terhubung ke WiFi

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Amazon Fire TV Sticks adalah salah satu cara paling populer untuk menonton Netflix dan Hulu, memutar musik melalui Spotify di sekitar rumah, dan bahkan melakukan streaming beberapa game di web. Namun, tidak peduli seberapa bagus gadget Amazon, tidak jarang mengalami beberapa masalah konektivitas internet. Ini bisa sangat mengecewakan jika Anda mengalami masalah jaringan. Untungnya, sedikit pemecahan masalah dapat menyelesaikan banyak masalah koneksi jaringan.

Beberapa hal yang mungkin dapat menyebabkan masalah konektivitas WiFi dengan Fire Stick Anda. Artikel cara kerja ini menjelaskan beberapa perbaikan cepat yang dapat membuat Fire Stick Anda kembali online dalam waktu singkat sehingga Anda dapat kembali menikmatinya.

1. Periksa Pengaturan Amazon Fire Stick Anda

Sebelum Anda memulai ulang Fire Stick, lihat lebih dekat pada pengaturan fisik, Sesuatu mungkin memblokir sinyal WiFi atau membuatnya lemah. Jika TV Anda berada di dalam lemari atau ruang tertutup lainnya, Anda mungkin mengalami sinyal WiFi yang lebih lemah yang dapat mengalami gangguan berkala.

Jika Anda memiliki perangkat Fire TV, jauhkan dari perangkat elektronik lain yang dapat mengganggu sinyal WiFi.

2. Mulai ulang Amazon Fire Stick

Setelah Anda memastikan bahwa tidak ada yang secara fisik memblokir atau mengganggu sinyal WiFi ke Fire Stick Anda, langkah selanjutnya yang harus dicoba adalah memulai ulang perangkat Anda. Sungguh menakjubkan betapa seringnya memulai ulang perangkat memperbaiki masalah, termasuk masalah konektivitas Internet.

Ada dua metode berbeda untuk memulai restart Fire Stick Anda.
Untuk memulai ulang Fire Stick secara fisik, Anda hanya perlu mencabut perangkat, tunggu sekitar 15 detik, lalu colokkan kembali. Tongkat Api Anda akan kembali online beberapa detik atau lebih setelah dicolokkan.
Sering kali, Anda akan menemukan bahwa ini cukup untuk menyelesaikan masalah konektivitas WiFi Anda.

Jika Anda tidak ingin turun dari sofa untuk me-reboot perangkat Anda secara fisik, Anda dapat memaksa Fire Stick Anda untuk memulai ulang menggunakan pintasan di remote.
Untuk memulai ulang Fire Stick Anda dengan remote, cukup tahan tombol Play/Pause dan Select secara bersamaan.Tunggu perangkat memulai ulang.
Terakhir , jika pintasan jarak jauh tampaknya tidak berfungsi untuk Anda, mulai ulang perangkat Anda dari menu Fire Stick.
Untuk melakukannya, cukup buka menu pengaturan pada perangkat Anda, pilih submenu Perangkat, dan pilih Mulai Ulang. Saat perangkat Anda reboot, uji WiFi Anda. Dengan menggunakan salah satu dari tiga metode ini, Anda dapat dengan cepat memulai ulang Fire Stick Anda untuk menyelesaikan WiFi Anda masalah konektivitas. Pastikan untuk mencoba ini sebelum melanjutkan, karena ini jauh lebih mudah dan lebih cepat daripada solusi lainnya.

3. Periksa Koneksi Internet Anda dan WiFi

Jika me-restart perangkat Anda tidak berhasil, ada kemungkinan masalahnya terletak pada koneksi internet Anda. Konfirmasikan bahwa jaringan WiFi Anda berfungsi untuk perangkat lain seperti ponsel cerdas atau laptop Anda. Jika ya, Anda tahu masalahnya terletak tepat pada Fire Stick Anda, dan Anda mungkin ingin menggunakan alat jaringan bawaan untuk memeriksa status jaringan dan mendapatkan beberapa tip tentang cara memperbaiki masalah tersebut.

Untuk memeriksa jaringan WiFi Anda, ikuti langkah-langkah ini:
Buka menu pengaturan pada perangkat Anda dan pilih Jaringan.Tekan Putar/Jeda untuk memeriksa Jaringan Anda.Ini akan memberi tahu Anda apakah jaringan WiFi rumah Anda aktif dan berjalan.Jika tidak, maka solusinya mungkin adalah restart modem atau router Anda untuk membangun kembali koneksi.
Restart Modem atau Router

Jika jaringan Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya, restart sederhana akan memperbaiki masalah konektivitas sehingga Fire Stick Anda dapat terhubung kembali ke WiFi.
Mulai dengan mematikan router Anda. Gunakan tombol Daya untuk mematikan modem Anda dan tunggu selama 30 detik sebelum Anda menyalakannya kembali. Anda juga dapat mencabut adaptor untuk mematikan perangkat. Setelah 30 detik, hidupkan kembali router Anda dan tunggu hingga tersambung. Anda mungkin harus menunggu beberapa menit hingga router/modem menyala kembali sepenuhnya dan terhubung ke Internet. Setelah router/modem Anda sepenuhnya restart dan terhubung, coba sambungkan kembali Fire Stick ke WiFi Anda. Catatan: Mereka yang menggunakan kedua modem dan router perlu menyalakan modem terlebih dahulu, lalu router.
Lupakan Jaringan WiFi Anda dan kemudian Bangun Kembali Koneksi

Jika me-restart router Anda tidak berhasil, Anda dapat mencoba melupakan jaringan rumah Anda dan menghubungkan kembali dengan Fire Stick Anda. Proses ini adalah restart tingkat perangkat lunak yang membantu membuat koneksi WiFi baru.
Gunakan remote Fire Stick untuk menavigasi ke menu Pengaturan dan pilih opsi Jaringan. Temukan jaringan yang menyinggung dan tekan tombol Menu untuk opsi lainnya. Tombol ini diwakili oleh tiga garis horizontal (juga dikenal sebagai ikon hamburger). Pilih opsi untuk melupakan jaringan dan konfirmasikan pilihan Anda dengan menekan tombol Pilih. Ini akan menyebabkan Fire Stick Anda terputus dari jaringan rumah Anda. Setelah melupakan jaringan, cari di antara daftar jaringan yang tersedia dan coba sambungkan kembali. Masukkan kata sandi Anda saat diminta untuk melihat apakah Anda sekarang dapat terhubung ke WiFi.
4. Masukkan kembali Kata Sandi saat Menghubungkan ke WiFi

Jika Anda tidak dapat tersambung ke WiFi setelah memulai ulang perangkat dan mencoba menyambung kembali, mungkin karena Anda menggunakan kata sandi yang salah. Jika ini masalahnya, Anda akan mendapatkan kesalahan kata sandi yang ditampilkan di menu Fire TV.

Untuk menghindari masalah kata sandi, ingatlah bahwa itu peka huruf besar-kecil. Jika Anda menduga bahwa Anda lupa kata sandinya, Anda mungkin dapat mengambilnya kembali dengan memeriksa jaringan yang Anda simpan di perangkat lain. Atau tanyakan pada teman sekamar atau teman serumah jika Anda memilikinya.

5. Periksa Masalah Kompatibilitas Perangkat TV

Fire memerlukan spesifikasi jaringan dan modem atau router tertentu. Tongkat

Fire dapat terhubung ke terenkripsi WPA1-PSK, WEP, WPA-PSK, jaringan terbuka, dan jaringan tersembunyi. Sebagian besar juga mendukung router N, B, dan G pada 2,4 GHz dan router AC, A, dan N pada 5 GHz.

Anda harus memeriksa apakah peralatan dan jaringan Anda kompatibel dengan Fire Stick sebelum membeli perangkat untuk menghindari masalah ini.

Sebagai penutup, WiFi masalah konektivitas bisa sangat mengganggu. Sisi baiknya, penulisan ini akan membantu Anda dengan cepat menyelesaikan masalah konektivitas Anda. Metode di atas cepat, sederhana, dan seringkali efektif dalam menyelesaikan masalah konektivitas Internet Fire Stick.