Apa yang Harus Dilakukan jika PC Anda Tidak Mau Sleep

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Mengalihkan PC Anda ke mode tidur bisa sangat bermanfaat saat Anda menjauh darinya sebentar. Ketika Anda kembali, semuanya sama seperti Anda meninggalkannya, dan Anda dapat terus menggunakannya tanpa melalui proses memulainya kembali.

Mode tidur juga memungkinkan Anda menghemat listrik dan daya baterai. Namun, jika PC Anda tiba-tiba tidak bisa masuk ke mode tidur, ada masalah.

Mungkin ada beberapa alasan untuk masalah ini, tetapi dalam kebanyakan kasus, ini adalah solusi sederhana. Mari kita mulai.

1. Matikan Mouse PC untuk Mengizinkan Mode Tidur

Jika Anda kesulitan memasukkan PC ke mode tidur, masalahnya mungkin berasal dari mouse yang sangat sensitif.

Anda mungkin tidak menyadari bahwa mouse Anda menyerap getaran sekecil apa pun dari lingkungan Anda, dan tindakan itu tidak memungkinkan PC Anda masuk ke mode tidur. Kadang-kadang, komputer tidak tidur tetapi terbangun oleh gerakan mouse kecil ketika seseorang lewat atau sesuatu menyebabkan getaran pada permukaan tempat komputer itu berada. Kabar baiknya adalah ada perbaikan yang mudah.
Jika Anda menggunakan Windows 10 atau 8, tekan ” (tombol Windows) + X,” lalu pilih “Pengelola Perangkat.” Jika Anda menggunakan Windows 7 atau XP, tekan ” (tombol Windows),” lalu klik “Panel Kontrol,” diikuti oleh “Perangkat Keras dan Suara.” Kemudian, pilih “Pengelola Perangkat.” Sekarang, klik “Mouse dan perangkat penunjuk lainnya.” Klik kanan pada item “Perangkat Kompatibel PS/2” dan pilih “Properti.” Beralih ke tab “Manajemen Daya”. Hapus centang pada Kotak “Izinkan perangkat ini untuk membangunkan komputer”, lalu klik “OK.” untuk menyimpan. Sekarang aman untuk menutup Device Manager.
Sekarang, mouse Anda tidak akan bereaksi ketika ada getaran kecil di sekitar PC. Namun, perlu diingat bahwa ini juga akan mencegah Anda menggunakan mouse untuk membangunkan komputer.

2. Konfirmasikan bahwa Mode Tidur Windows Diaktifkan

Jika masalah berlanjut, dan Anda yakin bahwa mouse Anda bukan penyebabnya, maka PC Anda mungkin tidak mengaktifkan fitur mode tidur sejak awal.

Pengaturan default mungkin tidak mengizinkan komputer Anda untuk masuk mode tidur. Atau, seseorang yang mungkin telah menggunakan komputer ingin memastikan komputer tidak pernah masuk ke mode tidur. Anda harus masuk ke pengaturan daya komputer Anda untuk memperbaiki masalah ini.

Jika Anda menggunakan Windows 10 dan 8, inilah yang harus dilakukan:
Buka “Mulai” dan klik “Pengaturan,” pilih “Sistem.” Klik ” Power & Sleep,” lalu gulir dan pilih “Additional power settings.” Sekarang, klik “Change plan settings” di jendela berikutnya. Selanjutnya, pilih “Change advanced power settings.” Sekarang, layar “Power Options” akan muncul . Anda dapat memperluas setiap fitur dan menyesuaikan pengaturan daya. Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan hibernasi dan mengizinkan penghitung waktu bangun dengan menyesuaikan pengaturan secara manual. Sebagai pintasan, Anda dapat memilih “Pulihkan paket default”. Ini akan secara otomatis mengembalikan PC Anda ke pengaturan standar yang akan mengaktifkan mode tidur.
Jika Anda menggunakan Windows 7 dan XP, Anda dapat melakukan hal berikut:
Ketuk pada “ (tombol Windows),” lalu pilih “Panel Kontrol.”Pilih “ System and Security” lalu pilih “Power Options.” Sekarang, klik “Change when the computer sleeps” diikuti oleh “Change advanced power settings.” Selanjutnya, pilih “Change advanced power settings.” Hapus centang pada “Allow this device to wake up komputer”, lalu klik “OK.” untuk menyimpan. Sekarang aman untuk menutup Pengelola Perangkat.
Apa yang Harus Dilakukan jika PC Anda Tidak Mau Tidur Setelah Pembaruan

Pembaruan Windows biasa adalah proses rutin di PC atau laptop mana pun. Meskipun pembaruan ini sering memecahkan satu masalah, mereka biasanya menimbulkan masalah lain.

Tidak jarang pembaruan Windows memberikan kesalahan yang biasanya memerlukan solusi cepat dalam bentuk pembaruan lain. Setelah pembaruan Windows 10 1903, beberapa pengguna mengeluh bahwa PC mereka tidak masuk ke mode tidur.

Jika Anda mengalami masalah ini saat ini, Anda mungkin ingin memulihkan pengaturan daya default yang dijelaskan di bagian di atas. Atau, tunggu pembaruan berikutnya dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah ini.

Apa yang Harus Dilakukan jika PC Saya Tidak Bangun

Anda mungkin mengalami hal yang sebaliknya ketika PC Anda tidak ingin bangun dari mode tidur. Ini bisa lebih membuat frustrasi, terutama jika ada sesuatu yang sedang Anda kerjakan yang sekarang tidak dapat Anda akses.

Ini masalahnya; Anda tidak akan bisa membangunkannya secara paksa. Anda juga tidak akan mendapatkan kesempatan untuk mematikan PC dengan benar, yang merupakan rute yang disarankan dalam keadaan normal.

Anda tidak punya pilihan selain menekan lama tombol daya dan mematikan perangkat secara manual. Setelah reboot, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menghindari masalah ini lagi.

Langkah pertama adalah memperbarui driver perangkat pada PC Anda. Jika driver sudah kedaluwarsa, ini bisa menjadi alasan mengapa PC tidak mau bangun.

Alasan lain mengapa ini bisa terjadi adalah karena mouse atau keyboard Anda, atau keduanya, tidak diizinkan untuk membangunkan komputer Anda. Ini dapat terjadi ketika Anda hanya menginstal perangkat baru tetapi belum mengaktifkan pengaturan yang tepat. Untungnya, ada perbaikan mudah:
Tergantung pada versi Windows yang Anda gunakan, akses “Device Manager” mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas. Perluas bagian “Keyboard” dan klik kanan pada keyboard yang Anda gunakan. Pilih ” Manajemen Daya” tab.Centang kotak “Izinkan perangkat ini untuk membangunkan komputer”.
Anda dapat mengulangi langkah yang sama untuk mouse Anda; pilih “Mouse and other pointing devices” dari jendela Device Manager.

Tanya Jawab Tambahan
1. Mengapa Monitor Saya Tidak Tidur?

Ketika Anda berhasil mengaktifkan mode tidur, monitor Anda akan menjadi gelap secara otomatis. Jika itu tidak terjadi dan komputer Anda menampilkan layar biru, misalnya, masalahnya mungkin hanya terkait dengan monitor.

Namun, jika monitor masih menampilkan desktop, itu berarti PC Anda tidak dalam mode tidur, meskipun Anda mungkin telah meminta it.
2. Bagaimana Anda Mematikan PC Anda?

Mematikan PC Anda sangat sederhana. Jika Anda menggunakan Windows 10, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik tombol Start di sudut kiri bawah layar, atau tekan tombol Windows diikuti dengan ikon Power.

Pilih opsi tengah, “Shut down,” dan komputer Anda akan segera mengikuti perintah tersebut. Anda dapat mengikuti langkah yang sama untuk memilih “Tidur” dan “Mulai ulang.”
3. Bisakah Mode Tidur Merusak PC Anda?

Banyak pengguna Windows tidak yakin apakah PC mereka dalam mode tidur yang lama akan berdampak buruk bagi perangkat. Jawabannya adalah tidak. Mode tidur tidak merusak komputer, dan ada beberapa manfaat darinya, seperti menjalankan program pemeliharaan latar belakang.

Ini juga sangat nyaman. Namun, jika menyangkut lonjakan daya dan konsumsi daya yang tiba-tiba, lebih baik mematikan PC Anda. Plus, Anda selalu mendapatkan reboot bersih, yang tidak terjadi dalam mode tidur.
4. Apa Perbedaan Antara Mode Tidur dan Hibernasi?

Untuk komputer Windows, hibernasi menggunakan lebih sedikit daya daripada mode tidur. Opsi ini dirancang khusus untuk laptop, tetapi beberapa PC juga memilikinya. Saat Anda keluar dari mode hibernasi, Anda akan kembali ke tempat yang sama saat Anda tinggalkan.

Ide di balik hibernasi adalah menggunakannya saat Anda yakin akan berada jauh dari perangkat untuk waktu yang lama.

PC Anda Harus Sleep and Wake Up on Command

Gangguan sesekali diharapkan terjadi saat menangani PC, terutama jika itu bukan merek baru. Namun, tidak memiliki mode tidur yang berfungsi pasti dapat menyebabkan masalah yang signifikan jika Anda menggunakan PC setiap hari.

Untungnya, terlepas dari apakah Anda berurusan dengan PC yang tidak dapat tidur atau bangun, ada perbaikan cepat menunggu di tikungan. Jika masalah masih berlanjut, Anda mungkin perlu membawa komputer Anda ke penyedia layanan bersertifikat untuk mendapatkan bantuan.

Apakah PC Anda mengalami masalah saat akan tidur atau bangun? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.