Apa Yang Terjadi Saat Anda Membatasi Seseorang di Instagram

Media sosial dapat memberi kita wawasan luar biasa tentang kehidupan orang lain. Meskipun ini adalah alat yang berguna untuk mengikuti perkembangan teman, aksesnya dapat dengan mudah menjadi masalah. Beberapa orang menyalahgunakan anonimitas lingkungan online untuk melecehkan orang lain.

Jika Anda pernah menghadapi pelecehan semacam itu di Instagram dan sedang mencari cara untuk mengekangnya, fungsi “membatasi” mungkin dapat membantu Anda. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang alat ini dan apa yang terjadi ketika Anda membatasi seseorang di Instagram.

Apa Fungsi Pembatasannya?

Instagram merilis fungsi “pembatasan” pada tahun 2019 untuk memerangi perundungan siber dan menumbuhkan komunitas yang lebih positif. Cyberbullying telah menjadi masalah umum di platform. Menggunakan fitur pembatasan hanyalah salah satu alat yang dapat digunakan seseorang untuk melawan pengganggu atau interaksi yang tidak diinginkan.

Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membatasi akses seseorang ke akun Anda secara halus. Alat ini dirancang untuk membuat upaya pelaku intimidasi menyebabkan rasa malu menjadi sia-sia. Pada saat yang sama, Anda dapat menghindari konfrontasi langsung yang dapat meningkatkan masalah lebih lanjut.

Misalnya, jika seseorang terus-menerus meninggalkan komentar kasar di bawah setiap posting Anda, membatasi pengguna tersebut dapat mengatasi masalah sejak awal. Pembatasan juga akan menjaga ruang pesan langsung Anda aman dari panggilan dan pesan yang tidak diinginkan. Namun, Anda masih dapat berinteraksi dengan pengguna yang telah Anda batasi saat Anda memilih untuk melakukannya.

Berkat sifatnya yang bijaksana, pembatasan juga dapat digunakan untuk tujuan selain manajemen pelecehan. Anda dapat menggunakannya untuk berurusan dengan pengikut atau kerabat yang terlalu bersemangat yang menghujani Anda dengan komentar memalukan.

Apa Yang Terjadi Ketika Anda Membatasi Seseorang di Instagram?

Berikut adalah perubahan yang dapat Anda harapkan setelah mengetuk tombol “batasi” di profil seseorang:
Pesan mereka akan dipindahkan ke permintaan pesan Anda.
Apakah Anda saling mengikuti atau tidak, membatasi pengguna akan mengarahkan pesan mereka ke folder “permintaan pesan” Anda. Ini juga termasuk balasan mereka ke cerita Anda. Anda dapat menemukan permintaan Anda di sudut kanan atas folder pesan langsung Anda.

Di bawah permintaan pesan, Anda tidak akan menerima pemberitahuan tentang pesan baru yang mungkin dikirimkan orang tersebut kepada Anda. Namun, Anda masih dapat melihat pesan mereka jika Anda mau. Bahkan jika Anda melihatnya, pengirimnya tidak akan diberi tahu. Tanda terima telah dibaca akan disembunyikan, seperti biasanya dalam permintaan pesan sampai Anda menerimanya.

Jika Anda ingin membalas orang yang dibatasi, Anda harus menghapus pembatasan.
Status aktivitas Anda disembunyikan dari mereka.
Biasanya, ketika kedua belah pihak memiliki ” Status aktif” diaktifkan, titik hijau akan memberi sinyal saat mitra percakapan Anda online dan sebaliknya. Selain gelembung, Anda juga akan melihat kapan tepatnya mereka terakhir aktif. Jika ini membuat Anda merasa tidak nyaman, Anda dapat menyembunyikan status aktivitas Anda dari semua pengguna hanya dengan menonaktifkan fitur ini. Namun, akibatnya, Anda juga tidak dapat melihat status orang lain.

Anda dapat terus menggunakan fitur ini dan menyembunyikan aktivitas Anda dari pengguna yang tidak diinginkan pada saat yang sama dengan membatasi mereka.
Komentar mereka di bawah pos Anda disembunyikan secara default.
Terakhir, membatasi pengguna juga akan menyembunyikan komentar mereka di postingan Anda dari publik. Mereka akan dapat berkomentar secara normal, tetapi komentar mereka hanya akan terlihat oleh mereka kecuali Anda memutuskan sebaliknya. Anda juga tidak akan menerima pemberitahuan tentang komentar mereka.

Anda dapat melihat komentar mereka dengan mengetuk “Lihat komentar” di bawah komentar tersembunyi. Anda dapat mengetuk “Setuju” atau “Hapus” atau cukup abaikan komentar sejak saat itu.

Jika Anda terus-menerus berurusan dengan komentar yang tidak diinginkan dan masalah tidak hanya menyangkut satu atau dua pengguna, solusi lain tersedia. Sembunyikan komentar yang menyinggung secara otomatis melalui menu “Kata-Kata Tersembunyi” atau buat daftar kustom Anda sendiri dari kata-kata yang tidak diinginkan. Pilih siapa yang dapat mengomentari kiriman Anda atau membatasi aktivitas untuk jangka waktu tertentu hingga keadaan tenang.

Apa Yang Tetap Sama?

Seperti yang dikatakan, pengguna yang dibatasi masih dapat mengirimi Anda pesan dan menulis komentar di bawah kiriman Anda, meskipun dengan ketentuan lebih lanjut. Lebih penting lagi, mereka masih akan melihat semua konten Anda secara normal—posting feed baru, cerita, Reel, akun yang Anda ikuti, dll. Mereka dapat menyukai konten Anda, dan suka mereka akan tetap terlihat oleh pengguna lain. Selain itu, Anda akan melihat konten mereka seperti biasa dan dapat berinteraksi dengannya. Jika Anda mengikuti mereka, membatasi mereka tidak akan berhenti mengikuti mereka.

Cara Membatasi Seseorang di Instagram

Anda dapat mengakses fungsi pembatasan dari beberapa menu.

Dari profil pengguna:
Cari orang yang ingin Anda batasi.Cari tiga titik di kanan atas sudut profil mereka.Pilih “Batasi” dan konfirmasikan pilihan Anda di sembulan.
Dari komentar:
Pilih komentar atau komentar yang tidak diinginkan dengan menahannya di Android atau geser ke kiri di Apple.Cari ikon tanda seru di menu di atas. Pilih “Blokir (nama)” dan kemudian konfirmasikan pilihan Anda.
Dari pesan:
Buka percakapan dengan pengguna yang ingin Anda batasi. Ketuk nama pengguna di bagian atas. Anda akan menemukan opsi “Batasi” di dekat bagian bawah menu yang muncul. Konfirmasikan pilihan Anda.
Dari pengaturan:
Buka pengaturan Anda dan ketuk “Privasi.” Cari menu “Akun Terbatas.” Anda dapat menambahkan akun apa pun di sini dengan mencarinya.
Tanya Jawab Tambahan
Bisakah saya membatalkan pembatasan?

Ya, Anda bisa menghapus batasan dari akun kapan saja. Anda dapat melakukannya dengan membuka profil pengguna dan mengetuk tiga titik atau dengan mengakses pengaturan privasi Anda dan menghapusnya dari daftar akun terbatas Anda. Anda juga dapat menghapus pembatasan dari permintaan pesan mereka.
Apa perbedaan antara memblokir dan membatasi seseorang?

Memblokir dianggap sebagai tindakan drastis karena orang yang Anda blokir tidak akan dapat berinteraksi dengan Anda dengan cara apa pun. Selain itu, tidak sulit untuk memperhatikan ketika Anda diblokir karena profil pengguna yang memblokir Anda akan tampak kosong. Anda tidak akan dapat mengirim pesan atau meninggalkan komentar untuk mereka. Mereka akan tahu bahwa mereka diblokir, yang dapat menyebabkan situasi yang tidak menyenangkan.

Sebagai lawan memblokir seseorang, membatasi mereka jauh lebih bijaksana. Pengguna akan tetap melihat konten Anda dan akan mendapatkan kesan bahwa mereka masih dapat berinteraksi dengan Anda sama saja. Ini adalah cara yang jauh lebih tidak langsung untuk menghindari seseorang tanpa menyebabkan konflik.
Apakah pengguna tahu bahwa saya telah membatasi mereka?

Salah satu keuntungan utama menggunakan fungsi pembatasan daripada memblokir seseorang adalah bahwa ini adalah cara yang lebih halus untuk membatasi interaksi. Sekilas, mereka tidak akan menyadari bahwa mereka telah dibatasi.

Namun, jika mereka gigih, cepat atau lambat mereka akan menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Pengguna dapat masuk dari akun lain atau meminta teman untuk memeriksa apakah komentar mereka muncul di bawah kiriman Anda.
Dapatkah saya berada di obrolan grup dengan akun terbatas?

Jika Anda berakhir di obrolan grup dengan pengguna yang Anda miliki dibatasi, sebuah catatan akan menunjukkannya. Kemudian, Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin keluar dari percakapan.

Jaga Ruang Instagram Anda Aman

Sangat penting bagi kita untuk mengendalikan akun media sosial kita dan bukan sebaliknya. Untungnya, semakin banyak pengaturan memungkinkan kita untuk tetap aman. Opsi “membatasi” di Instagram adalah contoh yang bagus.

Pernahkah Anda menggunakannya, atau apakah Anda lebih suka alat privasi platform lainnya? Beri tahu kami di komentar!