Apakah 4K Benar-Benar Layak Di Laptop?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

 

Ketika Anda membeli laptop, Anda mungkin akan memiliki pilihan di antara berbagai resolusi layar, dengan 4K UHD menjadi salah satunya. Sangat menggoda untuk memilih opsi layar resolusi tertinggi dan menyebutnya sehari, tetapi apakah itu sepadan?

Masalah Resolusi “Retina”

Istilah “Retina” diciptakan oleh Apple untuk menggambarkan tampilan yang memiliki kerapatan piksel yang membuat piksel individual tidak terlihat di jarak pandang normal. Dengan kata lain, meningkatkan kepadatan piksel di luar tingkat “retina” meningkatkan detail gambar yang dirasakan karena mata Anda tidak dapat menyelesaikan piksel tambahan tersebut.

Setiap tampilan menjadi “Retina” saat jarak Anda meningkat, tetapi biasanya saran ergonomis untuk tampilan komputer adalah untuk memiliki mereka tidak lebih dekat dari 20 inci dari mata Anda. Kami menggunakan laptop 13,3 inci, 15,6 inci, dan 17,3 inci dalam posisi alami, dan dalam setiap kasus, jaraknya lebih dari 20 inci, jadi ini bukan jarak yang tidak masuk akal untuk kenyamanan penggunaan.

Masalahnya adalah bahkan layar laptop 4K 17,3 inci yang besar menjadi “Retina” pada jarak 13 inci menurut Is This Retina? Kalkulator kepadatan piksel online.

Layar yang sama pada 1440p menjadi “Retina” pada 20 inci, tepat di tepi jarak pandang minimum.

Layar 1080p menjadi “Retina” pada 27 inci, kemungkinan lebih dekat dengan jarak yang dimiliki pengguna laptop di antara bola mata mereka dan layar.

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa panel 4K kecil seperti itu mungkin tidak layak untuk sebagian besar pengguna, karena manfaat utamanya hilang jika Anda menggunakan laptop secara normal. Sekarang, ada beberapa manfaat layar 4K yang tidak hilang bahkan pada jarak “Retina”, tetapi kita akan membahasnya nanti.

Panel 4K Fresh Rate Tinggi Masih Jarang

Layar memiliki dua jenis resolusi. Resolusi spasial adalah apa yang kebanyakan orang pikirkan ketika membahas resolusi tampilan. Ini adalah jumlah piksel pada layar dan jumlah detail halus yang dapat ditampilkan sebagai fungsi memiliki lebih banyak piksel.

Resolusi temporal adalah jumlah detail yang layar dapat ditampilkan dari waktu ke waktu, yang biasa disebut sebagai kecepatan refresh. Layar 120Hz dapat menampilkan informasi sebanyak 60Hz dari waktu ke waktu. Ini hanya berlaku untuk konten yang berubah seiring waktu, seperti video, permainan video, dan elemen antarmuka komputer yang bergerak seperti penunjuk tetikus dan dokumen bergulir. Semakin tinggi kecepatan refresh, gerakan terlihat lebih tajam dan tidak buram.

Tidak seperti resolusi spasial, manfaat resolusi temporal tidak berkurang pada jarak pandang normal, tetapi layar 4K yang menawarkan kecepatan refresh di atas 60Hz relatif jarang dan relatif mahal. Saat ini biasanya memiliki layar 1080p atau 1440p yang menawarkan kecepatan refresh 360Hz, 240Hz, 165Hz, dan 144Hz, dan ini mungkin memiliki dampak yang lebih besar pada kejernihan visual daripada panel 4K 60Hz.

4K Adalah Baterai Hog

Saat membeli laptop, masa pakai baterai sangat pertimbangan utama. Tampilan beresolusi lebih tinggi membutuhkan lebih banyak daya untuk dijalankan. Bukan hanya layar itu sendiri yang menggunakan lebih banyak daya, tetapi komponen yang diperlukan untuk menggerakkan layar itu juga membutuhkan lebih banyak daya. Dan itu tidak hanya berlaku untuk video game; GPU Anda harus bekerja lebih keras untuk menampilkan desktop 4K daripada desktop 1440p atau 1080p.

Penskalaan Tampilan Dapat Membuat 4K Moot

Sistem operasi modern menggunakan penskalaan tampilan untuk memastikan bahwa elemen antarmuka pengguna seperti tombol, teks , dan widget memiliki ukuran yang benar relatif terhadap ukuran tampilan. Tanpa penskalaan tampilan, teks dan tombol pada layar laptop 4K akan sangat kecil sehingga tidak dapat dibaca. Pada jarak pandang normal, dengan penskalaan yang setara, Anda tidak akan melihat perbedaan apa pun antara layar laptop 1440p dan 4K dalam hal real-estate desktop.

Ada Cara Lebih Baik untuk Membuat Game Terlihat Lebih Tajam Panel

4K kini menjadi pilihan bagi banyak orang laptop gaming, dan argumen jarak tampilan “Retina” tidak sepenuhnya benar. Ini karena merender game pada 4K menghilangkan artefak gambar “makro” tertentu, seperti tepi bergerigi pada objek yang dirender dan karakteristik “kilau” yang memburuk untuk beberapa objek yang dirender pada resolusi lebih rendah.

Meskipun Anda dapat melihat jenis artefak visual ini di video game pada jarak pandang normal, dan panel 4k akan mengurangi (tetapi tidak menghilangkannya), ada cara yang lebih baik untuk mengatasi masalah ini. Menggunakan fitur seperti super-sampling dan anti-aliasing cerdas, dimungkinkan untuk mendapatkan pengurangan yang sama dari masalah ini pada panel dengan resolusi lebih rendah. Solusi ini juga memiliki keuntungan karena beban yang lebih ringan pada CPU laptop, dan GPU dibandingkan dengan render video game 4K asli.

Siapa yang Harus Mendapatkan Laptop 4K?

Sejauh ini, panel 4K mungkin terdengar tidak terlalu berharga. itu di laptop, tetapi ada kasus penggunaan yang sah untuk memiliki tampilan kepadatan tinggi di perangkat kecil seperti laptop. Khususnya, jika Anda seorang pembuat konten yang bekerja dengan media 4K, penting untuk memiliki tampilan yang dapat menunjukkan secara asli setiap piksel konten tersebut.

Pembuat konten juga memeriksa tampilan mereka secara berbeda dari pengguna rata-rata dan mungkin mendekati layar saat mengedit atau melakukan kontrol kualitas. Meskipun kami tidak dapat merekomendasikan panel laptop 4K untuk sebagian besar pengguna, pembuat konten yang perlu bekerja saat bepergian adalah pengecualian utama.

Itulah berita seputar Apakah 4K Benar-Benar Layak Di Laptop?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.