Apakah Aman Menginstal VPN?

Ada banyak pertanyaan tentang keamanan menginstal dan menggunakan jaringan pribadi virtual atau VPN. Tidak heran mengapa begitu banyak pengguna online melakukan penelitian tentang risiko yang terlibat saat menggunakan VPN dan mengapa menyembunyikan identitas perangkat Anda dan lokasi penjelajahan adalah suatu keharusan.

Untuk mengetahui jawabannya, penting untuk memahami apa itu VPN dan bagaimana VPN itu dapat melindungi Anda . Selain itu, perlu dipahami bahwa tidak semua penyedia layanan VPN menawarkan fitur dan keamanan yang sama.

Baca terus saat kita membahas apakah aman memasang VPN.

Apa itu VPN?

VPN digunakan untuk menjaga privasi aktivitas penjelajahan Anda, anonim dan aman dengan mengenkripsi apa yang Anda kirim dan terima. Semua data yang dapat dibaca diubah menjadi informasi yang tidak dapat dipahami untuk menjaga agar pengguna yang tidak berwenang, terutama penjahat dunia maya, mengintip aktivitas online Anda.

Begini cara kerja koneksi internet dengan VPN. Saat Anda masuk ke aplikasi VPN, perangkat Anda terhubung ke server VPN pilihan Anda atau apa yang ditetapkan VPN untuk memberikan kecepatan terbaik. Paket data Anda melewati terowongan untuk menyembunyikan semua informasi dari ISP dan situs web Anda. Dengan cara ini, mereka tidak dapat mencatat penjelajahan web Anda.

Alamat IP Anda kemudian disembunyikan, sehingga mempersulit situs web, platform pihak ketiga, ISP, dan jaringan iklan untuk memantau dan mengumpulkan data tentang situs apa yang Anda kunjungi, apa yang Anda lakukan online, dan apa alamat IP Anda.

Ada banyak layanan VPN yang tersedia yang melakukan proses ini, tetapi tidak setiap alat dapat memberikan keamanan enkripsi yang kuat dan kompleks yang Anda butuhkan.

Mengapa menggunakan VPN?

Privasi internet telah menjadi perhatian yang berkembang dalam dekade terakhir. Anda mungkin telah membaca tentang pelanggaran keamanan besar dan mata-mata online pada akun pribadi. Pengguna online tidak menyadari bagaimana perusahaan media, pemerintah, dan bahkan ISP mereka mengorek informasi pribadi pengguna, itulah sebabnya banyak kasus kebocoran data terjadi.

Dengan VPN, pengguna online dapat melindungi data sensitif mereka dan yakin untuk menjaga privasi online mereka karena tidak ada yang dapat melacak aktivitas mereka secara online.

Selain itu, VPN dapat membantu pengguna mengakses halaman web atau konten yang diblokir melalui layanan streaming. Ketika Anda bepergian ke luar negeri dan ingin menonton Netflix, misalnya, Anda dapat mengakses konten yang ditawarkan di rumah tetapi dibatasi di lokasi Anda saat ini.

Apakah aman memasang VPN?

Jawaban untuk ini adalah jawaban yang rumit — Ya dan Tidak.

Tidak aman untuk menginstal hampir semua VPN. Misalnya, VPN gratis, yang banyak diiklankan secara online, bisa jadi terlalu berisiko.

VPN Gratis menghasilkan banyak uang dari penggunanya dengan menjual data dari aktivitas online mereka ke biro iklan, perusahaan pemasaran, grup riset konsumen, dan perusahaan lain yang berkumpul secara online data konsumen.

Anda juga akan dibombardir oleh iklan yang mengganggu dan mengganggu di mana setiap kali Anda mengkliknya, perusahaan VPN mendapat komisi. Dan yang lebih parah, iklan ini diketahui membawa malware.

Tetapi tidak seperti VPN gratis, VPN berbayar seperti ExpressVPN menawarkan lebih banyak bandwidth dan enkripsi tingkat tinggi untuk mengamankan koneksi Anda sepenuhnya dari peretas. Anda juga dapat yakin akan koneksi yang cepat dan stabil dengan penurunan kecepatan yang sangat minimal.

Selain itu, tidak ada iklan dan risiko kebocoran data bahkan jika koneksi VPN Anda tiba-tiba terputus.

Oleh karena itu, aman untuk menginstal VPN tetapi hanya jika itu dari penyedia layanan yang andal.

Tapi inilah masalahnya.

A VPN berbeda dari perangkat lunak antivirus. Saat malware, spyware, dan virus memengaruhi perangkat Anda, VPN Anda tidak dapat memperbaikinya. Oleh karena itu, perlu menggunakan perangkat lunak anti-virus dan alat keamanan lainnya untuk memastikan bahwa Anda mengurangi risiko gangguan keamanan Anda.

Apa yang dapat membuat pemasangan dan penggunaan VPN lebih aman?

Gunakan kriteria berikut saat menilai apakah VPN aman untuk instal dan gunakan: 
Features – Apakah penyedia VPN mencakup semua basis yang diperlukan untuk mengamankan koneksi pengguna? Apakah itu mengikuti standar industri? Keamanan – Apakah ini mencegah kebocoran data dalam bentuk apa pun? Apakah ia memiliki catatan sempurna dalam menyediakan layanan yang sepenuhnya aman tanpa adanya pelanggaran data? Kebijakan tanpa pencatatan – Dapatkah ia menjamin bahwa ia tidak merekam atau mencatat aktivitas online penggunanya? Apakah penilai keamanan pihak ketiga telah mengaudit kebijakan larangan masuk? Sakelar mati – Apakah itu menutup semua aplikasi dan program setelah koneksi VPN Anda terputus? Kompatibilitas – Apakah ini berfungsi dengan sistem operasi (OS) dan perangkat yang berbeda? Kecepatan unduh – Apakah tidak akan mengurangi kecepatan saat terhubung? Pemblokiran geografis – Dapatkah ini merutekan lalu lintas Anda melalui server lain di negara lain untuk melewati situs web yang diblokir secara geografis? Perangkat per akun – Berapa banyak perangkat yang dapat menggunakan layanan secara bersamaan? Harga – Bagaimana berapa biaya servisnya? Apakah itu menawarkan jaminan uang kembali? Bagaimana dengan diskon dan bulan gratis tambahan? Secara keseluruhan, apakah itu sepadan dengan harganya? Metode pembayaran – Apakah ini menawarkan saluran pembayaran alternatif untuk melayani lebih banyak jenis pelanggan? Apakah VPN ini menawarkan proses pembayaran yang nyaman?
Apa itu VPN yang andal dalam hal keamanan?

ExpressVPN adalah pemimpin yang konsisten dalam hal keamanan dibandingkan dengan VPN lain. Itu berbasis di Kepulauan Virgin Britania Raya di mana adalah melanggar hukum untuk melakukan segala bentuk penyimpanan data. Dengan demikian, ExpressVPN menjamin kliennya bahwa perusahaan tidak menyimpan catatan aktivitas pengguna atau log koneksi dengan cara apa pun.

Banyak analis dan peninjau produk juga setuju bahwa ExpressVPN tidak ada bandingannya dalam hal privasi dan langkah-langkah keamanan yang kuat, kehadiran global server, dan kemampuan split tunneling yang sangat baik.

Pertanyaan Umum 
Apakah VPN aman untuk bisnis?
Ya. Serangan dunia maya sebagian besar dilakukan dalam koneksi perusahaan karena nilai yang mereka miliki dalam hal data keuangan. Bersama dengan alat keamanan lainnya, VPN dapat membantu memastikan tidak ada serangan berbahaya yang dapat dilakukan.
Apakah aman memasang VPN di ponsel cerdas saya?
Ya, selama penyedia layanan VPN Anda menawarkan keamanan terbaik.
Apakah VPN berbayar lebih aman daripada VPN gratis?
Ya, benar. Namun, tidak semua VPN berbayar memiliki tingkat keamanan yang sama. Penting untuk mencari VPN yang menawarkan perlindungan yang cukup terhadap pengintaian yang tidak sah.