Apakah Anda Benar-Benar Membutuhkan G-Sync atau FreeSync di Monitor?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

NVIDIAJika Anda seorang gamer, G-Sync dan FreeSync adalah teknologi andal yang memberi Anda bingkai terbanyak dengan artefak terkait bingkai paling sedikit, membuat investasi ekstra apa pun sepadan. Yang mengatakan, non-gamer tidak memiliki alasan kuat untuk mencari (atau menghindari) monitor dengan G-Sync atau FreeSync.

Jika Anda berada di pasar untuk monitor game, khususnya, Anda memiliki pilihan untuk membeli model dengan dukungan G-Sync atau FreeSync. Fitur-fitur ini dapat menarik harga yang lebih tinggi, tetapi apakah G-Sync dan FreeSync sepadan, dan apakah Anda benar-benar membutuhkan keduanya?

Apa itu G-Sync dan FreeSync Do

FreeSync dan G-Sync adalah contoh teknologi kecepatan penyegaran variabel. Mereka bukan satu-satunya pilihan karena Anda juga dapat menemukan monitor yang mendukung HDMI VRR, tetapi di pasar PC di mana DisplayPort berkuasa, hampir tidak ada gunanya menyebutkan.

AMD mengembangkan FreeSync. Namun, teknologi ini bebas digunakan oleh pabrikan layar mana pun, dan tidak ada royalti yang harus dibayarkan ke AMD. Namun, untuk mendapatkan sertifikasi FreeSync, monitor harus memenuhi standar minimum tertentu.

G-Sync adalah solusi milik NVIDIA, dan pembuat layar harus membeli modul G-Sync dari NVIDIA untuk digunakan dalam tampilan mereka agar kompatibel; ini sering berarti monitor yang lebih mahal daripada model FreeSync. Pada dasarnya, teknologi ini memungkinkan GPU untuk mengontrol kecepatan penyegaran monitor, memastikan bahwa tidak ada robekan layar saat bingkai berubah di tengah penyegaran gambar monitor. Fitur V-Sync yang didukung secara universal mencapai tujuan yang sama, kecuali itu membuat GPU menunggu hingga monitor siap untuk disegarkan.

Ini merugikan latensi input, di mana respons dalam game bisa terasa lamban. V-Sync juga merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan ketika GPU tidak dapat merender frame pada kecepatan setidaknya secepat kecepatan refresh atau bahkan sebagian kecil darinya. Teknologi kecepatan penyegaran variabel menghilangkan pengalaman negatif yang disebabkan oleh frekuensi gambar yang berfluktuasi.

Tiga Jenis FreeSync

Perlu dicatat bahwa FreeSync hadir dalam tiga rasa: FreeSync, FreeSync Premium, dan FreeSync Premium Pro. Masing-masing tingkat sertifikasi ini memiliki persyaratan minimum yang berbeda.

TERKAITAMD FreeSync, FreeSync Premium, dan FreeSync Premium Pro: Apa Perbedaannya?

Standar FreeSync hanya menyediakan kecepatan penyegaran variabel, tetapi jika kecepatan bingkai turun di bawah kecepatan penyegaran minimum, monitor dapat ditampilkan, Anda akan kehilangan keuntungan apa pun. FreeSync Premium mencakup LFC atau Kompensasi Framerate Rendah. Jika kecepatan bingkai turun di bawah kecepatan penyegaran minimum monitor, ini akan melipatgandakan bingkai tersebut menjadi kelipatan yang tepat dari kecepatan penyegaran yang didukungnya. Misalnya, pada 25fps, monitor akan menetapkan kecepatan penyegaran ke 50Hz dan kemudian menampilkan setiap bingkai dua kali untuk pengiriman bingkai yang sempurna.

FreeSync Premium Pro memerlukan gamut warna yang lebih lebar dan pencahayaan tambahan dari monitor untuk disertifikasi.

Beberapa GPU NVIDIA Mendukung Keduanya

Karena FreeSync adalah lebih murah untuk diimplementasikan daripada G-Sync, Anda lebih mungkin menemukan opsi FreeSync daripada opsi G-Sync. Jika Anda memiliki GPU AMD dengan GPU generasi ke-2 GCN atau yang lebih baru (Radeon HD 7790 dan seterusnya), itu mendukung FreeSync, tetapi bukan G-Sync.

Namun, jika Anda memiliki NVIDIA 10-, 16-, 20-, 30 -, atau GPU Seri 40, ini mendukung FreeSync dan G-Sync pada driver 417.71. Tidak semua monitor FreeSync akan bekerja dengan baik dengan GPU NVIDIA, jadi carilah sertifikasi “kompatibel dengan G-Sync”, di mana NVIDIA telah menguji tampilan menggunakan salah satu standar VRR terbuka (seperti FreeSync) dan menganggapnya berfungsi dengan baik. untuk mendukung.

FreeSync dan G-Sync (Sebagian Besar) Hanya Layak untuk Para Gamer

Dengan gagasan yang jelas tentang apa yang dilakukan FreeSync dan G-Sync, pertanyaannya adalah apakah perlu membayar untuk fitur-fitur ini. Jika Anda seorang gamer, menurut kami monitor dengan FreeSync atau G-Sync sangat layak untuk didapatkan. Apakah Anda ingin memainkan game spesifikasi rendah dengan frekuensi gambar yang menggelikan atau menginginkan pengalaman yang lebih baik dalam game berat yang tidak dapat mencapai angka 60fps sepanjang waktu, teknologi ini akan memuluskan pengalaman sambil membuat game Anda terasa lebih responsif dengan V -Sync.

TERKAITApakah Anda Membutuhkan Monitor Laju Penyegaran Tinggi untuk Pekerjaan Kantor?

Jika Anda bukan seorang gamer, argumen untuk G-Sync dan FreeSync menjadi lebih lemah, terutama jika Anda perlu fokus pada aspek lain dari kualitas gambar, seperti gamut warna atau resolusi tinggi. Meskipun demikian, banyak monitor di pasaran memiliki solusi VRR sebagai bagian dari paket keseluruhan, dan tidak ada alasan khusus untuk menghindari fitur ini jika yang lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Nbsp

Monitor dengan kecepatan penyegaran tinggi cenderung menawarkan teknologi VRR, dan untuk non-gamer, penyegaran tinggi dengan sendirinya merupakan fitur yang bermanfaat. Itu membuat penggunaan komputer secara umum terlihat mulus dan tajam, dan sistem operasi modern juga mulai memanfaatkan kecepatan refresh variabel. Fitur seperti kecepatan refresh dinamis Windows 11 terutama ditujukan untuk menghemat daya, tetapi suatu hari nanti mungkin mengubah kecepatan refresh Anda menjadi pilihan terbaik untuk konten atau aktivitas yang sedang Anda lakukan, seperti yang sudah dilakukan smartphone modern.

Monitor Gaming Terbaik dari Monitor Gaming Terbaik 2022 Secara KeseluruhanLG Ultragear 27GP950-BAmazon$650.00 $899.99 Hemat 28%

Monitor Gaming Anggaran TerbaikAcer Nitro XF243YBelanja SekarangMonitor Gaming 4K TerbaikLG C2 Series 42-Inch Class OLED evo Gallery Edition Smart TV OLED42C2PUA, 2022 – TV 4K Bertenaga AI, Alexa Built-inAmazon $996,99

Monitor Gaming Melengkung TerbaikDell Alienware AW3423DW Amazon$1391,21

Monitor Gaming 144Hz TerbaikGigabyte M27QAmazon$269,99 $359,99 Hemat 25%

Monitor Gaming 240Hz TerbaikSamsung Odyssey G7Amazon$525,99$699,99 Hemat 25%

Disadur dari HowToGeek.com.