Apakah Anda Membutuhkan Lebih dari Satu Kartu Grafis?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

FeelGoodLuck/Shutterstock.com

Anda mungkin dapat menyimpan dua GPU di komputer Anda, tetapi apakah ini opsi yang perlu ditelusuri? Bisakah satu kartu grafis cukup, atau apakah pengaturan ganda diperlukan untuk permainan dan pekerjaan desain kelas atas?

Apa Persyaratan untuk Kartu Grafis Ganda?

Sebelum mempertimbangkan apakah pengaturan kartu grafis ganda lebih baik daripada pengaturan tunggal, itu perlu untuk mengetahui bagaimana Anda dapat memasang lebih dari satu kartu grafis di komputer Anda.

Untuk menjalankan dua kartu grafis di PC Anda, rig Anda memerlukan akses ke teknologi yang disediakan oleh NVIDIA atau AMD yang memungkinkan lebih dari satu GPU untuk menghasilkan satu output visual. Teknologi ini disebut sebagai CrossFire untuk AMD, dan SLI untuk NVIDIA. Anda dapat memeriksa apakah PC Anda kompatibel dengan CrossFire atau SLI dengan melihat apakah motherboard dan GPU Anda mendukung teknologi tersebut.

Mengidentifikasi GPU yang ada sangatlah mudah. Pengguna Windows 11 dapat menekan tombol Windows, ketik Task Manager, lalu pilih tab Performance untuk melihat GPU.

Cara termudah untuk melihat apakah kartu grafis Anda saat ini mendukung teknologi SLI atau CrossFire adalah dengan mengunjungi situs web produsen. Misalnya, NVIDIA GeForce GTX 1070 mengonfirmasi bahwa itu “NVIDIA SLI Ready” dan mendukung SLI HB Bridge.

Advertisement

Untuk memeriksa apakah motherboard Anda mendukung SLI atau CrossFire, Anda dapat mencari simbol SLI atau CrossFire pada kotak motherboard atau centang kotak situs web produsen untuk spesifikasinya.

Selain komponen yang kompatibel, casing PC desktop juga diperlukan yang cukup besar untuk memuat dua kartu grafis dan unit catu daya (PSU) yang mampu memberikan daya yang cukup untuk kedua GPU.

TERKAIT:Bagaimana caranya Pentingkah Catu Daya (PSU) Saat Membangun PC?

Manfaat Memiliki Lebih dari Satu Kartu Grafis

Ada beberapa keuntungan memiliki kartu grafis ganda. Keuntungan utama adalah peningkatan kinerja game; rendering dibagi antara dua kartu daripada satu, meningkatkan frame rate dan mencapai resolusi yang lebih tinggi.

RELATED4 Cara Cepat untuk Melihat FPS (Frames Per Second) Game PC Untuk lebih meningkatkan kinerja, kartu grafis ganda menawarkan dua kali lipat jumlah VRAM. Jika Anda memiliki, misalnya, dua kartu grafis 4 GB, total VRAM Anda akan meningkat menjadi 8 GB. Game yang didukung SLI seperti GTA V memanfaatkan teknologi ini secara maksimal dan memungkinkan Anda menikmati aksi cepat yang dibanggakan oleh judul AAA ini, dengan frame rate yang luar biasa dan gameplay yang mulus.

Mungkin salah satu keuntungan paling praktis dari kartu grafis ganda adalah bahwa opsi tampilan Anda terbuka ke pasar yang lebih luas. Jika Anda menjalankan pengaturan dua monitor dan kartu grafis yang ada hanya mendukung satu monitor, atau mendukung dua tetapi hanya memiliki satu HDMI dan satu DisplayPort, maka Anda akan memiliki lebih banyak pilihan saat memasang dua kartu grafis.

Kekurangan Dual Kartu Grafis

Kelemahan utama dari pengaturan kartu grafis ganda adalah biayanya. Misalnya, kartu grafis seperti ASUS GeForce GTX 1050 Ti akan dikenakan biaya hampir $250. Namun, jika Anda memasang dua kartu grafis yang sebanding, Anda mencari lebih dari $500 untuk jenis pengaturan ini.

ASUS PH-GTX1050TI-4G GeForce GTX 1050 Ti
ASUS PH-GTX1050TI-4G GeForce GTX 1050 Ti
Kartu grafis GDDR5 ini menawarkan DisplayPort, DVI, dan output HDMI, dan menawarkan kecepatan clock hingga 7008MHz.

Amazon$207,55 $228,86 Hemat 9%

Advertisement

Anda tentu saja dapat memiliki dua kartu grafis kelas menengah ke bawah, membuat satu kartu grafis yang sangat bagus dengan harga sedikit lebih murah daripada model kelas atas . Namun, Anda kemudian menggandakan kebutuhan daya Anda, dan sejujurnya, lebih sulit untuk mengikuti teknologi pasar GPU dan meningkatkan dua kartu grafis daripada hanya satu.

Pertimbangkan juga potensi biaya untuk memastikan Anda setup dapat menangani dua kartu grafis. Jika komponen PC Anda tidak cocok untuk lingkungan kartu ganda seperti yang dijelaskan di atas, Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk meningkatkan perangkat keras Anda.

Terakhir, jika Anda menggunakan perangkat keras terbaru, Anda tidak mungkin menemukan dukungan untuk kartu ganda teknologi. GPU modern mampu menghadirkan game berperforma tinggi tanpa memerlukan pengaturan multi-GPU. Dan, dengan berkurangnya dukungan untuk SLI dan CrossFire, pengembang game lebih menyukai penggunaan mesin kartu grafis tunggal. Kartu grafis seperti GeForce GTX 1660 OC Gigabyte mendukung satu HDMI dan tiga output DisplayPort, yang berarti pengaturan multi-monitor mudah dijangkau dan harganya kurang dari dua kartu kelas menengah. komputer, itu belum tentu cara yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja grafis PC Anda. Kecuali Anda memiliki anggaran yang lebih ketat dengan rig kelas menengah yang memerlukan pengaturan multi-monitor untuk bekerja atau bermain game, kemungkinan Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan meningkatkan PC Anda dan menampung hanya satu kartu grafis kelas atas.

Dengan grafis ganda teknologi pendukung kartu seperti SLI dan CrossFire sekarat, jika Anda mempertimbangkan pengaturan kartu grafis ganda, mungkin ada baiknya menunggu orang-orang seperti NVIDIA untuk menginvestasikan fokus yang lebih besar pada multi-GPU, atau mengidentifikasi apa yang menyeret komputer Anda yang ada ke bawah dan memutakhirkan komponen Anda saat Anda bisa.

TERKAIT:Haruskah Anda Menggunakan HDMI, DisplayPort, atau USB-C untuk Monitor 4K?

Itulah berita seputar Apakah Anda Membutuhkan Lebih dari Satu Kartu Grafis?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.