Apakah Instagram Memberitahu Pengguna Tentang Tangkapan Layar? Kadang-kadang

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Instagram dimulai sebagai aplikasi untuk berbagi foto dengan dunia dan sejak itu berkembang menjadi memungkinkan semua jenis konten lainnya. Baik Anda memiliki akun pribadi atau publik, Anda dapat berbagi foto dan video di umpan utama atau cerita Anda. Anda bahkan dapat berbagi konten secara pribadi melalui pesan langsung.

Sebagai salah satu aplikasi paling populer di seluruh dunia, Anda dapat kehilangan jejak konten yang ingin Anda kunjungi kembali. Banyak orang mengambil tangkapan layar konten untuk dibagikan atau dirujuk nanti. Namun, Anda mungkin tidak ingin mengambil tangkapan layar konten seseorang jika mereka diberi tahu bahwa Anda telah melakukannya; mereka mungkin mengira Anda memata-matai mereka padahal sebenarnya, Anda hanya merasa konten mereka layak disimpan atau dibagikan.

Teruskan membaca untuk mengetahui apakah Instagram memberi tahu pengguna tentang tangkapan layar.

Bagaimana Instagram Menangani Tangkapan Layar

Apakah Instagram memberi tahu pengguna tentang tangkapan layar?

Jawabannya adalah yang terkadang mereka lakukan, dan terkadang tidak. Itu tergantung pada konten mana yang Anda ambil tangkapan layarnya dan di mana konten itu berada di app.

Tangkapan Layar Instagram yang Tidak Memberitahu

Untuk sebagian besar konten dalam aplikasi Instagram, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan aman tanpa memberi tahu pengguna bahwa Anda melakukannya. Aturan umumnya adalah jika Instagram menganggap suatu konten dapat dibagikan, Anda dapat mengambil tangkapan layarnya.

Contoh konten semacam ini adalah sebagai berikut.
Setiap posting di umpan penggunaSetiap posting ke ReelAny posting pengguna ke Stories penggunaAny permanen konten dalam pesan langsung, termasuk teks, foto, dan video
Konten yang diposting ke area ini tidak akan menghasilkan notifikasi jika diambil tangkapan layar. Ini berlaku untuk akun Instagram pribadi dan publik. Ini juga berlaku untuk akun pribadi dan bisnis.

Tangkapan Layar Instagram yang Memberitahu

Konten yang sangat dipilih di Instagram akan menghasilkan pemberitahuan jika Anda mengambil tangkapan layarnya. Jika Anda mengambil tangkapan layar foto atau video yang menghilang di dalam utas pesan langsung, pengguna akan menerima pemberitahuan bahwa Anda telah melakukannya.

Ini dilakukan karena masalah privasi. Instagram menganggap hilangnya konten dalam pesan langsung sebagai konten yang harus tetap pribadi. Dengan mengambil tangkapan layar konten, Anda telah menyimpan sesuatu yang tidak dimaksudkan untuk dipegang. Sebagai tanggapan, Instagram memberi tahu pengguna yang mengirim konten.

Kebanyakan orang menggunakan konten yang menghilang di DM untuk mengirim hal-hal lucu ke teman. Mereka membiarkan konten menghilang sehingga tidak mengacaukan DM. Instagram melindungi penggunanya dengan mempertimbangkan semua konten yang hilang sebagai pribadi, karena aplikasi tidak dapat melihat apa isinya.

Cara Melihat Notifikasi Tangkapan Layar Instagram

Instagram tidak akan mengirimkan notifikasi push ke ponsel Anda atau mengirimi Anda email jika seseorang mengambil tangkapan layar sesuatu yang Anda dikirim ke DM. Anda harus pergi dan memeriksa apakah menurut Anda mereka telah mengambil tangkapan layar sesuatu yang ingin Anda hilangkan.

Untuk melihat apakah tangkapan layar telah diambil, ikuti langkah-langkah ini.
Buka aplikasi Instagram Anda dan buka Pesan Langsung Anda. Gulir ke bawah ke utas pesan langsung Anda ingin memeriksa.Di bawah pratinjau pesan, pemberitahuan akan mengatakan “Screenshot,” dan stempel waktu dari tangkapan layar terakhir yang diambil.
Anda juga dapat melihat tangkapan layar jika Anda mengirim beberapa konten di utas. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melihat bagian konten mana yang telah di-screenshot.
Buka aplikasi Instagram Anda dan arahkan ke Direct Messages Anda. Gulir ke bawah ke utas pesan langsung dan ketuk di atasnya. Cari konten yang hilang yang Anda kirim. Jika lingkaran kecil yang menetas ada di sebelahnya, itu adalah tangkapan layar.
Tidak ada cara untuk memaksa penghapusan tangkapan layar melalui aplikasi Instagram. Jika suatu konten di DM memiliki tangkapan layar yang diambil, Anda harus meminta orang tersebut untuk menghapusnya.

Cara Menghindari Pemberitahuan Tangkapan Layar

Ada beberapa cara untuk menghindari pemberitahuan tangkapan layar kepada pengguna. Tiga cara untuk menghindari deteksi ditunjukkan di bawah ini.
Ambil tangkapan layar saat dalam mode pesawat.Ambil tangkapan layar postingan di browser web alih-alih aplikasi.Ambil foto layar Anda.
Metode ini akan memberi Anda catatan permanen tentang hilangnya konten tanpa membuat pemberitahuan tangkapan layar.

Instagram di Era Tangkapan Layar

Kebijakan tangkapan layar Instagram telah melalui banyak versi dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya, saat Stories pertama kali menjadi fitur, pengguna dapat menerima pemberitahuan tentang siapa yang mengambil tangkapan layar. Fitur ini dengan cepat menghilang, dan beberapa pengguna telah memintanya kembali.

Karena Instagram cenderung mengubah kebijakan tangkapan layarnya tanpa peringatan, selalu periksa kembali kebijakan saat ini sebelum mengambil tangkapan layar. Ini akan memberi tahu Anda tentang tangkapan layar mana yang menghasilkan pemberitahuan dan tangkapan layar mana yang tidak.

Apakah Anda sering mengambil tangkapan layar di Instagram? Pernahkah Anda mengambil tangkapan layar dari pesan yang hilang di DM? Beri tahu kami pengalaman Anda di komentar di bawah.