Apakah Menggunakan VPN Mengubah Alamat Mac Anda?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Cybercrime mungkin selalu menjadi masalah, karena teknik canggih para penjahat terus berkembang. Jika penjahat dunia maya ingin membuat masalah, mereka dapat menemukan lokasi Anda di internet (alamat IP). Setelah mereka selesai melakukannya, dimungkinkan untuk menemukan pengidentifikasi perangkat yang Anda sambungkan (alamat MAC).

Untungnya, layanan VPN menyediakan cara untuk menyembunyikan lokasi internet Anda. Tetapi bisakah mereka melakukan hal yang sama untuk alamat MAC Anda? Baca terus untuk mengetahui apakah mereka bisa, plus cara menemukan alamat IP dan MAC di berbagai perangkat.

Apa itu VPN?

Penyedia layanan VPN menyamarkan identitas online Anda sehingga Anda dapat menjelajah internet dengan aman dan anonim. Ini mengenkripsi data Anda dan menyembunyikan alamat IP Anda dengan mengirimkan aktivitas internet Anda secara aman ke server jarak jauh.

VPNs menggertak alamat IP Anda agar terlihat seolah-olah Anda sedang menjelajah dari tempat lain. Ini tidak hanya melindungi data Anda, tetapi juga dapat membuka konten streaming yang dibatasi secara geografis di negara lain. Anda akan memiliki opsi untuk memilih server mana yang ingin Anda jelajahi menggunakan aplikasi penyedia VPN.

Apa Itu Alamat IP?

Alamat IP (Protokol Internet) adalah rangkaian angka eksklusif yang mewakili perangkat di internet atau jaringan lokal. “Protokol Internet” adalah aturan yang mengawasi format data yang dikirim melalui jaringan ini. Alamat

IP adalah pengidentifikasi yang memungkinkan informasi dikirim antar perangkat di jaringan. Mereka menyertakan detail lokasi dan membuat perangkat terbuka untuk komunikasi. Internet menggunakan metode ini untuk membedakan antara router, komputer, dan situs web yang berbeda. Alamat IP dan MAC menyediakan cara untuk mengidentifikasi perangkat dan jaringan unik dan penting untuk operasi internet.

Apa itu Alamat MAC?

A Alamat MAC (Kontrol Akses Media) adalah rangkaian angka dan huruf unik yang juga digunakan untuk mengidentifikasi perangkat Anda di internet. Semua perangkat yang terhubung memiliki kartu antarmuka jaringan (NIC) untuk mengaktifkan koneksi ke jaringan. Pabrikan NIC menyediakan setiap kartu dengan alamat MAC yang unik. Alamat ini kadang-kadang disebut sebagai alamat perangkat keras.

Seperti alamat IP, alamat MAC diperlukan untuk interaksi antara perangkat lokal dan jaringan.

Apa Perbedaan Antara Alamat IP dan MAC?

Baik alamat IP dan MAC digunakan untuk mengidentifikasi perangkat di internet. Penyedia layanan internet (ISP) memberikan alamat IP, sedangkan produsen NIC memberikan alamat MAC.

Perbedaan utama adalah bahwa alamat IP mengidentifikasi koneksi perangkat ke jaringan. Ini adalah alamat logis komputer dan dapat ditemukan oleh pihak ketiga.

Di sisi lain, alamat MAC mengidentifikasi alamat fisik komputer di jaringan; itu mendefinisikan perangkat mana yang digunakan. Alamat MAC tidak dapat dengan mudah ditemukan oleh pihak ketiga.

Apakah Menggunakan VPN Mengubah Alamat MAC Anda?

Jawaban singkatnya adalah “tidak.” Alamat MAC ditetapkan oleh produsen perangkat Anda. Ini adalah pengidentifikasi aset dan tidak diubah oleh penyedia VPN.

A VPN menyembunyikan detail lokasi Anda. Alamat MAC Anda harus terlihat untuk memungkinkan koneksi Anda ke internet. Namun, jika Anda ingin menyembunyikan/mengubah alamat MAC Anda sebelum menghubungkan, ada alat pengubah alamat MAC yang tersedia. Technitium MAC Address Changer adalah contoh dari one.

Tanya Jawab Umum Tambahan
Di Mana Saya Menemukan Alamat MAC Saya?

Berikut cara menemukan alamat MAC untuk berbagai perangkat.

Windows 10:

1. Tekan tombol Windows, lalu ketik “cmd” dan tekan Enter.

2. Di jendela prompt perintah, ketik “ipconfig/all” dan tekan Enter.

Anda akan disajikan daftar adaptor Anda, masing-masing dengan alamat “Fisik”. Rangkaian angka dan huruf di samping adaptor adalah alamat MAC.

macOS:

1. Di pojok kiri atas, klik ikon Wi-Fi.

2. Dari menu tarik-turun, pilih “Preferensi Jaringan.”

3. Pada layar berikutnya, klik “Advanced.“

4. Di bagian atas layar, pilih tab “Perangkat Keras” untuk melihat alamat MAC Anda.

Android:

1. Arahkan ke “Pengaturan,” lalu “Jaringan & internet.”

2. Pilih “Wi-Fi”, lalu pilih jaringan yang Anda sambungkan.

3. Ketuk “Lanjutan”, lalu di bawah detail “Jaringan”, Anda akan melihat alamat MAC Anda.

iOS:

1. Arahkan ke “Pengaturan,” lalu “Umum.”

2. Pilih “Tentang” dan gulir ke bawah. Alamat Wi-Fi yang ditampilkan adalah alamat MAC Anda.

Pengidentifikasi Internet

Untuk mengelola dan melacak jumlah perangkat yang terhubung ke internet, setiap perangkat memiliki pengenal unik. Alamat MAC ditetapkan untuk setiap perangkat oleh pabrikannya. Alamat IP Anda mengidentifikasi koneksi yang Anda buat ke internet.

VPNs menyembunyikan alamat IP Anda yang sebenarnya, sehingga keberadaan Anda di internet tetap rahasia. Namun, itu tidak menyembunyikan alamat MAC Anda. Untungnya, ada alat pengubah alamat MAC yang tersedia untuk menyembunyikan identitas perangkat Anda dari calon pengguna jahat.