Apakah Mengisi Daya Ponsel Anda Sepanjang Malam Buruk Untuk Baterai?

Piksel Bertinta/Shutterstock.com

Smartphone telah berkembang pesat selama bertahun-tahun, tetapi pada dasarnya masih bertahan sekitar satu hari dengan biaya. Itu berarti sebagian besar dari kita menghabiskan baterai sepanjang malam saat kita tidur. Apakah itu bagus untuk baterai?

Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda pikirkan, teknologi baterai sebenarnya sedikit meningkat. Masalahnya adalah ponsel juga dapat melakukan lebih banyak sekarang, yang berarti mereka membutuhkan lebih banyak daya. Hasil akhirnya adalah baterai yang lebih besar dan lebih baik yang masih perlu diisi setiap hari.

TERKAIT:8 Tips untuk Menghemat Masa Pakai Baterai di iPhone Anda

Perubahan Informasi

Yang membuat situasi ini rumit adalah ada banyak informasi yang bertentangan di luar sana. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa mengisi daya ponsel Anda dalam semalam itu buruk. Mungkin Anda mendengarnya baik-baik saja.

Beberapa kebingungan ini disebabkan oleh kemajuan teknologi baterai. Hal-hal yang benar pada suatu waktu tidak lagi benar. Itu adalah bagian alami dari belajar lebih banyak tentang bagaimana segala sesuatunya bekerja. Jadi apa masalahnya sekarang? Mari selami.

Cara Kerja Pengisian Daya
Amazon

Moral dari cerita ini mirip dengan topik lain seputar cara “benar” menggunakan gadget. Dalam kebanyakan kasus, perangkat dirancang untuk menangani apa pun yang Anda khawatirkan. Misalnya, Anda tidak perlu menutup aplikasi di Android, ini dirancang untuk menangani multitasking untuk Anda.

Advertisement

Smartphone dirancang dengan perlindungan untuk menjaga baterai dan komponen lain di dalamnya tetap aman. Satu hal yang dapat merusak ponsel adalah panas berlebih, yang menyebabkan banyak kekhawatiran tentang pengisian daya semalaman.

Sebagian besar ponsel akan terisi daya dengan cepat saat Anda pertama kali mencolokkannya atau meletakkannya di pengisi daya nirkabel. Ini jadi jika Anda hanya membutuhkan jus ekstra terburu-buru, Anda tidak perlu menunggu lama. Namun, setelah beberapa saat, pengisian daya akan melambat dan berhenti sepenuhnya saat mencapai 100%.

Tentu saja, karena pengisian daya berhenti pada 100%, baterai akan perlahan habis. Setelah turun ke 99% lagi, itu akan menyedot daya yang sangat kecil untuk kembali ke 100%. Siklus itu berulang sampai Anda mematikannya. Ponsel tidak pernah ditagih berlebihan, tetapi hampir terus mengisi daya.

TERKAIT:Berhenti Menutup Aplikasi di Ponsel Android Anda

Perlindungan Lanjutan
Apple

Anda mungkin pernah mendengar bahwa menjaga daya baterai antara 20-80% adalah yang terbaik. Apple dan beberapa produsen Android telah memperkenalkan fitur tambahan untuk menjaga ponsel Anda dalam kisaran itu sebanyak mungkin.

Dimulai dengan iOS 13 2019, iPhone memiliki fitur “Pengisian Baterai yang Dioptimalkan”. Saat diaktifkan, ponsel akan tetap sekitar 80% hampir sepanjang malam. Algoritme mempelajari kapan Anda biasanya bangun dan mengisi daya perangkat sebelum itu. Anda masih memulai hari dengan 100%, tetapi tidak berputar antara 100 dan 99% sepanjang malam.

Advertisement

Beberapa perangkat Android pada dasarnya memiliki fitur yang sama. OnePlus menyebutnya “Pengisian yang Dioptimalkan;” Ponsel Google Pixel memiliki “Pengisian Adaptif”. Perangkat Samsung Galaxy selangkah lebih maju dan memungkinkan Anda membatasi baterai hingga 85% setiap saat.

Jika Anda mengisi daya ponsel dalam semalam, sebaiknya aktifkan fitur ini jika Anda memilikinya. Itu membuat pengisian dalam semalam sedikit kurang bermasalah.

TERKAIT:Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Pengisian Baterai yang Dioptimalkan di iPhone

AndaBagaimana Kami Mendefinisikan “Buruk”?
Google

Dengan perlindungan tersebut, sangat, sangat sulit bagi Anda untuk melakukan kerusakan yang tidak semestinya pada baterai ponsel Anda . Namun, baterai akan menurun seiring waktu dan tidak ada yang bisa dilakukan tentang itu. Ini hanya masalah seberapa banyak Anda membantu proses itu.

Siklus pengisian daya adalah yang memengaruhi masa pakai baterai Anda. Semakin banyak siklus pengisian yang dilaluinya, semakin banyak baterai yang terdegradasi. Inilah sebabnya mengapa yang terbaik untuk menjaga ponsel Anda antara 20-80% biaya sebanyak mungkin.

TERKAIT:Cara Memeriksa Kesehatan Baterai iPhone Anda

Di situlah pengisian semalam dapat mempercepat proses degradasi baterai. Bersepeda antara 99-100% selama beberapa jam seperti menyalakan dan mematikan lampu. Itu tidak akan membuat bohlam meledak menjadi api, tetapi juga tidak terlalu baik untuk bohlam.

Itulah pertanyaan yang harus kita tanyakan ketika harus mengisi baterai dalam semalam. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan “buruk” untuk baterai? Apakah ponsel Anda akan menjadi terlalu panas dan mulai terbakar? Tidak, ada perlindungan untuk mencegahnya—selama Anda menggunakan peralatan yang benar. Apakah ini akan menghilangkan masa pakai baterai? Ya, tetapi mungkin tidak terlihat oleh Anda.

TERKAIT:Cara Memeriksa Kesehatan Baterai di Android

Mengisi Daya Semalam Tanpa Kerusakan
Nor Gal/Shutterstock

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengisi daya ponsel dalam semalam dan mengurangi beberapa kerugiannya. Pertama dan terpenting, pastikan perangkat memiliki ruang untuk bernapas. Panas berlebih adalah masalah besar, jadi berikan ruang dan jangan tutupi dengan apa pun.

Advertisement

Hal besar lainnya yang dapat Anda lakukan adalah memilih peralatan pengisian daya yang benar. Menggunakan pengisi daya yang disertakan dengan perangkat dan yang dirancang khusus untuk itu sangatlah penting. Di luar itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghindari “pengisian cepat” selama waktu tidur. Menjadi 100% lebih lambat berarti menghabiskan lebih sedikit waktu dalam siklus 99-100% itu.

Selain itu, Anda harus menerima bahwa baterai tidak dapat bertahan selamanya. Menggunakan telepon Anda menurunkan daya baterai. Tidak ada cara untuk menyiasatinya. Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memperlambat degradasi itu, tetapi kebanyakan dari kita tidak memiliki waktu yang nyaman untuk mengisi daya perangkat kita. Mengisi daya semua perangkat kami dalam semalam adalah bagian dari kehidupan sekarang.

Pengisi Daya Telepon Terbaik tahun 2022 Pengisi Daya Keseluruhan TerbaikPengisi Daya USB C TECKNET 65W PD 3.0 GaN Pengisi Daya Tipe C Adaptor Lipat dengan Pengisi Daya Dinding Cepat 3-Port Kompatibel untuk iPhone 13 Pro Max/13 Pro/ 13/13 Mini, MacBook Pro, iPad Pro, Switch, Galaxy S21/S20Amazon$36.99

Pengisi Daya iPhone/iPad TerbaikApple 20W USB-C Power AdapterAmazon$17.98 $19.00 Hemat 5%

Pengisi Daya Dinding TerbaikAmazon Basics Pengisi Daya Dinding GaN Empat Port 100W dengan 2 USB-C Port (65W + 18W) dan 2 Port USB-A (17W) – Putih (non-PPS)Amazon$50,15

Pengisi Daya Nirkabel TerbaikPengisi Daya Nirkabel Anker, Pengisi Daya Nirkabel 313 (Pad), 10W Max Bersertifikat Qi untuk iPhone 12/12 Pro/12 mini/12 Pro Max, SE 2020, 11, AirPods (Tanpa Adaptor AC, Tidak Kompatibel dengan Pengisian Magnetik MagSafe)Amazon$13.99

Pengisi Daya Mobil TerbaikPengisi Daya Mobil USB C 48W Super Mini AINOPE Adaptor Pengisi Daya Mobil USB Cepat Semua Logam PD&QC 3.0 Port Ganda Kompatibel dengan iPhone 13 12 11 Pro Max X XR XS 8 Samsung Galaxy Note 20/10 S21/20/10 Google PixelAmazon$16,99 $18,99 Hemat 11%

Stasiun Pengisian Daya TerbaikTechsmarter Stasiun Pengisian 11-Port dengan 100W Lima USB-C PD, PPS 25/45W, Lima Port USB-A 18W & Pad Pengisi Daya Nirkabel 15W yang Dapat Dilepas. Kompatibel dengan MacBook, iPad, iPhone, Samsung, Dell, HP, Yoga…Amazon$129,99

Itulah berita seputar Apakah Mengisi Daya Ponsel Anda Sepanjang Malam Buruk Untuk Baterai?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.