Apakah Power Supply Yang Kebesaran Memboroskan Daya?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika ragu, Anda disarankan untuk memperbesar PSU, tetapi apakah memperbesar PSU menghabiskan daya? Berikut adalah tampilan pemanfaatan daya PSU.

Jika Anda baru dalam membangun PC atau belum pernah memikirkannya sebelumnya, akan mudah untuk mengasumsikan bahwa nilai watt daya yang tercantum untuk PSU mewakili daya absolut beban, seperti peringkat watt pada pemanas ruang mewakili watt sebenarnya yang ditarik perangkat untuk memanaskan ruangan.

Meskipun PC terkadang terasa seperti pemanas ruangan, peringkat watt PSU adalah untuk beban maksimum, bukan beban absolut.

PSU hanya akan memasok daya sebanyak yang dibutuhkan PC Anda dan tidak lebih . Jika Anda menempatkan monster 1600W PSU dalam build yang hanya membutuhkan 200W di bawah beban, maka hanya itu yang akan diberikan oleh PSU. Anda dapat menukar PSU 1600W dengan PSU 500W, dan Anda akan mendeteksi perbedaan nol antara menggunakan komputer dengan PSU yang lebih besar dan PSU yang lebih kecil.

Selanjutnya, Anda akan kesulitan untuk melihat perbedaan dalam tagihan listrik Anda. Bahkan dengan komputer Anda terhubung ke perangkat seperti Kill A Watt untuk mengukur watt yang ditarik ke soket, Anda masih hampir tidak melihat perbedaan antara keduanya.

Berbicara Secara Teknis, Ada Inefisiensi

Jika Anda ingin menjauh dari berbicara tentang perbedaan , Anda akan benar-benar memperhatikan—yang akan berdampak pada tagihan listrik Anda—dan dalam hal teknis efisiensi PSU, sebenarnya ada perbedaan antara menggunakan PSU besar dan kecil untuk build tertentu.

PSU memiliki kurva efisiensi. Ketika mereka kekurangan beban secara signifikan atau, sebaliknya, ditempatkan di bawah beban maksimum, mereka kurang efisien. Efisiensi puncak adalah sekitar 50% dari beban terukur.

Seberapa efisien atau tidak efisiennya hal itu biasanya dijelaskan menggunakan terminologi sertifikasi 80 Plus. Sertifikasi 80 Plus menunjukkan bahwa PSU setidaknya 80% efisien dalam mengubah energi listrik AC menjadi energi listrik DC yang digunakan PC Anda.

Di atas sertifikasi minimum 80 Plus Basic, Anda memiliki Bronze, Perak, Emas, Platinum, dan Titanium. Pada 80 Plus Basic, Anda mendapatkan efisiensi 80% pada beban 50%, dan naik hingga 94% pada level Titanium.

Saat beban turun menjadi 20%, efisiensi PSU 80 Plus Basic tetap pada 80%, tetapi pada skala premium PSU, efisiensi unit Titanium turun menjadi 92% dari 94%. Kehilangan efisiensi 2-3% untuk apa pun di atas sertifikasi Dasar diharapkan. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang sertifikasi 80 Plus dan spesifikasi terkait di sini jika Anda ingin menggali lebih dalam.

Jadi apa artinya ini, secara praktis? Mari kita bandingkan dua build yang identik tetapi ubah PSU untuk menunjukkan bagaimana konsumsi daya sebenarnya berubah berdasarkan efisiensi PSU.

Misalnya kita memiliki build PC yang membutuhkan daya 250W. Demi kesederhanaan, kita akan mengatakan bahwa penarikan 250W stabil dan tidak berfluktuasi secara liar dengan tuntutan beban hanya agar kita dapat melakukan beberapa perhitungan dasar di belakang amplop.

Jika kita menempatkan 500W 80 Plus Emas PSU dalam build ini, maka undian 250W kebetulan mencapai titik 50% untuk peringkat watt mati. PSU berperingkat Emas diharapkan 87% efisien pada beban 20%, 90% efisien pada beban 50%, dan 87% efisien pada beban 100%.

Itu berarti PSU 500W kami, pada beban 50%, membutuhkan 10 % lebih banyak energi dari dinding daripada yang dikirim ke komponen. 250W * 1,10 = 275W. Kita kehilangan 25W dalam proses konversi.

Sekarang, katakanlah kita mempertahankan build yang sama dan menukar PSU 500W dengan PSU 1000W yang lebih besar, masih dengan peringkat Emas 80 Plus.

A beban 250W pada PSU 1000W hanya 25% dari nilai kapasitas dan menurunkan efisiensi kami menjadi 87% atau lebih, dari sebelumnya 90%. Jadi sekarang overhead konversi kami adalah 13%, atau 250W * 1,13 = 282,5. Kami kehilangan 32,5 watt.

Perbedaan antara dua kerugian overhead hanya 7,5 watt. Meskipun itu cukup energi untuk menyalakan bola lampu LED, itu tidak banyak energi. Faktanya, pada penggunaan 8 jam per hari, 365 hari setahun, dan 12 sen per kWh, ini menghasilkan tambahan $1,31 untuk tagihan listrik tahunan Anda. membayar premi untuk peringkat watt yang lebih tinggi yang mungkin tidak Anda perlukan. Namun, terutama jika Anda membeli unit berkualitas, Anda dapat menggunakannya tidak hanya untuk PC yang Anda buat hari ini, tetapi juga untuk PC yang akan Anda buat lima tahun dari sekarang.

Itulah berita seputar Apakah PSU Kebesaran Memboroskan Daya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.