Apakah Saya Membutuhkan Kabel USB Baru untuk Pengisian Cepat?

Pengisian daya yang cepat meminimalkan waktu henti dari ponsel atau tablet Anda, tetapi dapat menjadi rumit dengan begitu banyak standar yang berbeda. Jadi, jika Anda memiliki ponsel atau pengisi daya baru, apakah Anda memerlukan kabel baru juga? Yah, itu tergantung.

Apakah Kabel Anda Kompatibel?

Ada hampir banyak jenis kabel seperti standar pengisian cepat USB. Kabar baiknya adalah, dalam banyak kasus, Anda tidak perlu khawatir apakah Anda salah memilih jenis kabel.

Mengapa? Karena kabel ini dimaksudkan untuk menjadi standar mungkin. Ini berarti bahwa selama kabel dicolokkan dengan benar ke port yang Anda gunakan, dan tidak rusak, itu akan berfungsi.

Dikatakan, ada perbedaan antara apakah kabel akan berfungsi sama sekali dan seberapa baik akan berfungsi. Untuk menjelaskan alasannya, mari kita lihat standar USB yang berbeda dan kecepatan pengisiannya.

USB dan Kecepatan Transfer

Anda mungkin pernah mendengar tentang USB 2.0, USB-C, dan jenis standar lainnya. Meskipun semua yang benar-benar perlu Anda ketahui tentang kabel ini adalah jenis konektor yang dimilikinya, standar yang berbeda memiliki kecepatan yang berbeda.

RELATEDKonektor USB Tipe A: Semua yang Perlu Anda KetahuibspKonektor USB Tipe A kemungkinan besar adalah hal pertama yang muncul pikiran Anda ketika Anda berpikir tentang USB karena bagaimana itu ada di mana-mana. Ini adalah konektor yang sangat kompatibel, dan karena itu mampu bekerja dengan standar USB dari 1.0 hingga 3.2.

USB Tipe A dapat sedikit membingungkan karena kompatibilitas mundur ini. Meskipun demikian, cara termudah untuk mengetahui apakah Anda menggunakan konektor yang lebih modern adalah warnanya: biru berarti USB 3.0 dan lebih cepat.

Konektor USB Tipe C juga ada di mana-mana, dan desainnya membuatnya lebih mudah digunakan daripada konektornya. pendahulu. Karena berfungsi dalam kedua orientasi, Anda tidak perlu khawatir tentang cara Anda mencolokkannya.

USB-C juga membawa kecepatan lebih cepat secara umum. Ini berarti kecepatan transfer data dan pengisian daya yang lebih cepat, berkat standar baru yang dikenal sebagai USB-PD, atau Pengiriman Daya USB.

Konektor dan kabel C hampir identik dengan pengisian cepat. Ada alasan untuk ini. Bersamaan dengan konektor yang lebih baik, USB-C memperkenalkan spesifikasi USB-PD, yang berarti kecepatan pengisian yang jauh lebih cepat.

Ini berarti bahwa ketika konektor dan kabel USB baru tiba, segalanya mulai meningkat pesat saat digunakan. Masalah muncul pada berapa banyak daya yang dikirimkan.

Meskipun standar USB-PD dapat memberikan output maksimum 100 watt, itu tidak berarti selalu perlu. Kabel yang dikirimkan bersama perangkat, misalnya, sering kali tidak mengalirkan daya lebih cepat daripada perangkat yang dapat diisi dayanya.

Tidak masalah jika Anda menggunakan perangkat yang disertakan dengan kabel, tetapi jika Anda menggunakan kabel di tempat lain, itu dapat membatasi seberapa cepat perangkat lain dapat mengisi daya.

Apakah Semua Kabel Dibuat Sama?

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, ada beberapa standar pengisian cepat yang berbeda. USB-PD dan Qualcomm Quick Charge adalah dua standar pengisian cepat yang paling umum, tetapi bukan itu saja.

Agar pengisian cepat berfungsi, perangkat yang Anda isi dayanya dan pengisi dayanya sendiri harus mendukung standar yang sama . Selama Anda memiliki dua elemen tersebut, pengisian cepat akan berfungsi, terlepas dari kabelnya.

Kabel USB apa pun dari jenis yang berbeda harus mengikuti panduan dasar tentang cara menerapkan standar. Yang mengatakan, produsen kabel memang memiliki beberapa kelonggaran tentang bagaimana mereka menerapkan standar. Artinya, tidak setiap kabel memiliki kinerja yang sama.

Meskipun kabel apa pun yang sesuai dengan standar yang tepat akan memberi Anda semacam pengisian cepat, tidak semuanya dibuat sama. Kabel apa pun akan berfungsi, tetapi kabel tertentu akan menghasilkan kecepatan pengisian daya yang lebih cepat.

Salah satu hal pertama yang harus diperiksa sebelum membeli kabel adalah jenis pengisian daya yang digunakan ponsel atau tablet Anda. Kemudian, Anda ingin memastikan pengisi daya Anda cocok dengan spesifikasi yang sama. Jika pengisi daya disertakan dengan perangkat Anda, itu mungkin yang benar untuk digunakan, tetapi ini dapat menjadi kurang bertenaga.

Jika kabel Anda tidak sesuai dengan kecepatan Pengiriman Daya yang sama yang dibutuhkan perangkat Anda untuk waktu pengisian tercepat, Anda memerlukan kabel baru. Saat Anda memilih satu untuk dibeli, pastikan itu cocok dengan standar Pengiriman Daya yang sama dan perangkat Anda akan mengisi daya secepat mungkin.

Itulah berita seputar Apakah Saya Membutuhkan Kabel USB Baru untuk Pengisian Cepat?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.