Aplikasi Berbasis Web Akan Menjadi Lebih Baik di Windows 10

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Banyak aplikasi desktop, seperti Discord dan Spotify, didasarkan pada teknologi web dan biasanya menghabiskan sumber daya sistem daripada aplikasi asli yang sesuai. Microsoft telah mengerjakan alternatif kerangka kerja Electron yang digunakan sebagian besar aplikasi berbasis web, dan sekarang diluncurkan di Windows 10.

Microsoft mengumumkan bahwa runtime WebView2 diluncurkan ke semua PC Windows 10, jika mereka menjalankan April Pembaruan 2018 atau lebih baru. Komponen sudah disertakan di Windows 11, tetapi sebelumnya, aplikasi harus menggabungkan seluruh runtime (meningkatkan ukuran dan kompleksitas unduhan) jika mereka ingin menggunakan WebView2 di Windows 10. Sekarang komponen akan ada di lebih banyak PC, mungkin menjadi pilihan yang lebih populer untuk aplikasi berbasis web.

Slack, Discord, Skype, Spotify, Visual Studio Code, dan banyak aplikasi desktop lainnya dibuat dengan Electron, yang didasarkan pada mesin yang sama yang mendukung Google Chrome, Microsoft Edge, dan lainnya browser. Kerangka kerja telah membuatnya lebih mudah untuk membuat aplikasi lintas platform, tetapi aplikasi Electron terkenal membutuhkan CPU dan memori, yang menyebabkan komputer lebih lambat dan mengurangi masa pakai baterai pada laptop.

Microsoft telah bekerja pada ‘WebView2’ untuk Windows 10 dan 11, yang sebagian besar ditujukan untuk aplikasi Windows yang perlu menyematkan halaman web (seperti formulir login). Namun, WebView2 juga dapat menjalankan seluruh aplikasi sendiri, seperti halnya Electron — Microsoft Teams pada Windows 11 adalah aplikasi WebView2.

WebView2 membawa beberapa keuntungan untuk aplikasi berbasis web. Karena runtime disertakan dalam Windows 11 dan 10, aplikasi tidak perlu menggabungkan seluruh mesin dengan aplikasi mereka, mengurangi ukuran file dan waktu unduh untuk pembaruan. Jika aplikasi menggunakan waktu proses yang disertakan (pengembang masih dapat memilih untuk menggabungkan versi tertentu jika mereka mau), mereka akan menerima peningkatan kinerja dan masa pakai baterai dari versi baru WebView2 karena Microsoft terus menyempurnakannya.

Tidak banyak aplikasi yang menggunakan WebView2 saat ini, tetapi sekarang diluncurkan ke jutaan PC lainnya, ini mungkin mulai menjadi alternatif populer untuk kerangka kerja intensif sumber daya seperti Electron. Kita semua dapat menggunakan lebih banyak aplikasi yang tidak menguras baterai dan menghabiskan RAM.

Sumber: Microsoft Edge Blog

Itulah berita seputar Aplikasi Berbasis Web Akan Menjadi Lebih Baik di Windows 10, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.