Bagaimana Anda Mengubah Folder Download Default Windows?

Lokasi unduhan default pada sistem Windows kami bekerja cukup baik hampir sepanjang waktu tanpa masalah, tetapi bagaimana jika Anda ingin atau perlu mengubah lokasi di tingkat sistem?

Biasanya folder Unduhan Anda ada di drive C:, di dalam folder pengguna Anda . Jika Anda memiliki drive boot yang besar atau secara teratur membersihkan unduhan lama yang tidak digunakan, itu mungkin baik-baik saja di sana. Jika Anda menyimpan semua yang Anda unduh, atau hanya membenci jalur file itu, Anda mungkin ingin memindahkan folder unduhan Anda ke lokasi yang berbeda.

Catatan: Tangkapan layar di sini menunjukkan Windows 11, tetapi proses yang sama ini bekerja pada Windows 10, Windows 8, Windows 7, dan bahkan Windows Vista.

  • Pertama, buat folder yang akan menjadi folder Downloads baru. Buka File Explorer dan navigasikan ke lokasi yang Anda inginkan. Kemudian, klik kanan ruang kosong, arahkan mouse ke “New,” dan pilih “Folder.” Anda dapat memberi nama folder apa pun yang Anda suka, tetapi Anda mungkin ingin menamakannya sesuatu yang logis, seperti “Unduhan.”
  • Kemudian, lihat sisi kiri File Explorer dan temukan folder “Unduhan”. Klik kanan dan tekan “Properties.”
  • Pilih tab “Location”, lalu klik “Move.”
  • Navigasi ke folder yang Anda inginkan, klik, lalu tekan “Select Folder.”
  • Jendela pilihan akan ditutup, dan Anda akan kembali ke jendela Downloads Properties. Klik “Terapkan.”

Jika Anda memiliki file di folder Unduhan Anda saat ini, Anda akan mendapatkan prompt yang menanyakan apakah Anda ingin memindahkan semua file dari lokasi lama ke yang baru. Apakah Anda melakukan ini atau tidak, itu murni terserah Anda dan apa yang Anda inginkan. Jika Anda tidak yakin, “Ya” mungkin adalah pilihan terbaik Anda.

Folder unduhan bisa berukuran puluhan atau bahkan ratusan gigabyte, jadi Anda harus memperkirakan transfernya memakan waktu cukup lama. Bersabarlah. Setelah selesai, klik “OK”, lalu klik “X” di kanan atas jendela Downloads Properties.

Tip: Banyak aplikasi Windows, termasuk browser web populer seperti Google Chrome, menggunakan folder Downloads sistem Anda secara default. Namun, sering kali juga dimungkinkan untuk mengubah folder Unduhan Anda di masing-masing aplikasi. Jika aplikasi individual tidak menyimpan file ke folder ini setelah Anda memindahkannya, lihat di pengaturan aplikasi itu.

Itu saja — selesai. Jika Anda terus-menerus kehabisan ruang karena folder unduhan yang membengkak, Anda dapat mempertimbangkan untuk memindahkan unduhan lama ke hard drive eksternal. Atau, Anda dapat menginstal hard drive internal baru untuk menyimpan semua file Anda.

Itulah berita seputar Bagaimana Anda Mengubah Jalur Unduhan Default Windows?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.