Bagaimana Cara Kerja Alat Pelacakan Asuransi Mobil?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pompa bensin bukan satu-satunya hal yang menguras dompet Anda. Tarif asuransi mobil terus meningkat, dan banyak pengemudi mencari cara untuk menghemat uang. Saat ini, perangkat pelacak asuransi mobil tersedia di sebagian besar perusahaan asuransi, tetapi apa saja itu, dan bagaimana cara kerjanya?

Perangkat pelacak asuransi mobil juga dikenal sebagai “monitor pengemudi”, dan Anda mungkin pernah melihat opsi untuk asuransi berbasis penggunaan diskon dan premium yang menggunakan perangkat pelacak.

Perangkat ini terhubung ke mobil Anda atau berbasis aplikasi dan mengumpulkan data tentang kebiasaan mengemudi Anda, berpotensi menawarkan diskon untuk pengemudi yang aman atau mereka yang tidak sering mengemudi. Berikut adalah dasar-dasar dan apa yang perlu Anda ketahui.

Apa itu Pelacak Asuransi Mobil?

Pelacak asuransi mobil adalah perangkat plug-in atau aplikasi smartphone yang melacak kendaraan Anda, kebiasaan mengemudi, dan banyak lagi dan dapat menawarkan penghematan hingga 30% dari tarif asuransi Anda. Salah satu yang pertama kali terlintas dalam pikiran adalah Progressive Snapshot, yang dapat memberikan premi berbasis penggunaan.

Mobil Lama Anda Semua perangkat ini menggunakan GPS dan sensor lainnya, banyak di antaranya sudah ada di dalam ponsel Anda. Kemudian, perusahaan asuransi menggunakan data yang dikumpulkan untuk melihat apakah Anda adalah pengemudi yang aman.

Ada dua jenis utama pelacak asuransi mobil yang tersedia. Yang pertama pada dasarnya adalah dongle yang dicolokkan pengguna ke port OBD-II di bawah kemudi. Ini dihubungkan ke tempat yang sama yang digunakan DMV untuk mengasap kendaraan. Ini adalah port “diagnostik onboard”, yang dapat mengakses informasi komputer kendaraan.

Yang kedua adalah aplikasi yang dapat Anda unduh di ponsel Anda. Aplikasi seluler menggunakan GPS, data, akselerometer, dan sensor ponsel Anda lainnya untuk melacak pergerakan dan mengemudi. Jenis pelacak bergantung pada penyedia atau paket asuransi Anda dan dapat bervariasi menurut pengguna dan wilayah.

Akhir-akhir ini, kami melihat sebagian besar perusahaan asuransi membuang dongle demi aplikasi seluler, lalu Anda akan menghubungkan aplikasi tersebut ke perangkat berkemampuan Bluetooth milik Anda. asuransi menyediakan dan menempatkannya di dalam mobil Anda. Beberapa di antaranya termasuk Progressive Snapshot, Drive Safe & Save by State Farm, DriveEasy dari Geico, dan lainnya.

Bagaimana Cara Kerja Pelacak Asuransi Ini?

Jadi, bagaimana cara kerja perangkat ini, dan apa yang mereka lacak? Sekali lagi, ini bervariasi menurut merek, tetapi perangkat atau aplikasi akan melacak kebiasaan mengemudi Anda, lokasi, informasi kendaraan, dan kemungkinan lainnya. Penanggung menyediakan dongle atau aplikasi sebagai bagian dari program asuransi berbasis penggunaan (UBI).

Kemudian, ia akan mengumpulkan metrik, termasuk kecepatan, pengereman keras, jarak tempuh, dan bahkan waktu, untuk merumuskan premi asuransi bulanan Anda. Berikut adalah daftar tipikal dari apa yang dapat Anda harapkan dari perangkat atau aplikasi untuk dilacak:

Kecepatan mengemudiGaya akselerasi pengemudiKebiasaan pengereman (seberapa keras Anda mengerem, dll.)Kemudi (menikung cepat, tikungan tajam, dll.)Waktu mengemudi, panjang, arah, dan jarak (mengemudi siang atau malam)Jarak tempuhLokasi mengemudiPenggunaan telepon (pada pelacak berbasis aplikasi)dan lebih banyak lagi

Seperti yang Anda lihat, perangkat atau aplikasi ponsel cerdas ini mengumpulkan banyak informasi. Dan sementara merek asuransi memahami pengereman keras adalah bagian dari kehidupan kadang-kadang, sistem dapat mempertimbangkan informasi penting tentang lokasi Anda, lampu lalu lintas, dan batas kecepatan.

Perusahaan asuransi mengetahui situasi tertentu terjadi di jalan yang sibuk, tetapi jika Anda terus-menerus mengemudi tidak menentu, mereka akan mengenalinya. Di sisi lain, jika Anda adalah pengemudi yang aman, sistem akan mengumpulkan data tersebut, dan Anda akan mendapatkan premi asuransi yang lebih rendah.

Pelacak Asuransi Mobil Pro dan Kontra

Seperti yang mungkin dapat Anda bayangkan, ada beberapa pro dan kontra yang berbeda saat menggunakan program pelacakan asuransi mobil. Pro yang paling jelas adalah Anda akan mendapatkan premi asuransi yang lebih rendah dan menghemat uang, terutama jika Anda adalah pengemudi yang aman atau tidak terlalu sering mengemudi.

Selain itu, jika Anda sering mengebut, melewati rambu berhenti, dan tidak menunjukkan kebiasaan mengemudi yang baik, Anda mungkin tidak menginginkannya di mobil Anda. Anda berpotensi meningkatkan tarif Anda. Perusahaan asuransi cenderung membingkainya seperti “Anda akan mendapatkan diskon apa pun yang terjadi,” tetapi tidak selalu demikian.

Semua perangkat pelacak asuransi ini melacak lokasi Anda berkat GPS. Mengetahui lokasi kendaraan Anda memiliki beberapa keuntungan di luar harga tarif. Misalnya, data lokasi dapat membantu responden pertama dalam kecelakaan, membantu mengambil kendaraan yang dicuri atau diderek, dan banyak lagi.

Manfaat besar lainnya bagi orang tua adalah kemampuan untuk melacak atau memantau pengemudi anak-anak dan remaja. Banyak dari platform ini menawarkan aplikasi bagi orang tua untuk melihat kapan dan ke mana anak-anak pergi, kecepatan, dan perilaku berisiko lainnya. Ini cara yang bagus untuk melacak anak-anak atau anggota keluarga lanjut usia.

Namun, dengan semua data yang dikumpulkan oleh perusahaan asuransi, privasi menjadi perhatian. Menurut Lembaga Informasi Asuransi, banyak negara bagian memiliki undang-undang untuk memastikan perusahaan asuransi terbuka, jujur, dan transparan tentang informasi yang dikumpulkan. , dan banyak lagi. Dan, seperti yang kami katakan sebelumnya, beberapa program berbasis aplikasi dapat dan akan melacak penggunaan telepon, yang dapat menurunkan tarif jika Anda aktif menggunakan perangkat seluler dan mengirim pesan teks saat mengemudi.

Haruskah Saya Menggunakan Perangkat Pelacakan Asuransi Mobil?

Jadi, apakah alat pelacak asuransi atau monitor pengemudi layak dipertimbangkan? Sejujurnya, kami tidak dapat menjawab pertanyaan itu untuk Anda. Jelas ada beberapa manfaat besar. Baik itu melacak anak-anak Anda, menemukan kendaraan curian, atau menghemat uang bulanan.

Sekali lagi, privasi menjadi perhatian yang berkembang (secara umum) akhir-akhir ini. Ke mana informasi ini pergi? Apakah perusahaan menjual data apa pun, dan dapatkah Anda memilih untuk tidak membagikan detail spesifik? Itu semua pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada penyedia Anda.

Pada akhirnya, terserah Anda. Jika Anda adalah pengemudi yang aman dengan kebiasaan baik, Anda bisa mendapatkan manfaat darinya. Mereka yang tidak melanggar batas kecepatan, jarang mengemudi di malam hari, atau bahkan menempuh jarak kurang dari 11.000 mil setahun dapat melihat diskon.

Beberapa penyedia asuransi mobil bahkan memiliki aplikasi yang dapat Anda unduh dan jalankan selama beberapa hari sebagai pengujian, lalu lihat jika Anda bisa memenuhi syarat untuk rencana penghematan biaya. Apa pun itu, ingatlah bahwa jika Anda memiliki pelacak asuransi mobil, setiap gerakan yang Anda lakukan di dalam kendaraan akan dilacak, dipantau, dan dikumpulkan ke dalam titik data.

Itulah berita seputar Bagaimana Cara Kerja Alat Pelacakan Asuransi Mobil?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.