Bagaimana Cara Kerja Tongkat Selfie Tak Terlihat?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda mungkin pernah mendengar tentang produk yang disebut “tongkat selfie tak terlihat” yang, ketika digunakan dengan kamera 360 derajat, tidak muncul dalam rekaman sama sekali, menciptakan kesan seperti drone yang terbang rendah. Tapi bagaimana cara kerjanya?

Cara Kerja Kamera 360 Derajat

Tongkat selfie tak terlihat dijual oleh Insta360, salah satu produsen kamera 360 derajat utama. Jika Anda memasangnya ke salah satu model kamera Insta360 yang terdaftar, maka itu benar-benar tidak terlihat dalam rekaman yang dihasilkan.

Insta360 Invisible Selfie Stick
Stik selfie ini menghilang dalam rekaman atau foto dari kamera Insta360 yang dirancang untuk digunakan, meskipun jika Anda Kamera 360 cukup tebal, kamera ini dapat digunakan dengan kamera 360 derajat merek apa pun.

Insta360 mengatakan ini berkat “algoritme lanjutan”, tetapi jika Anda memahami dasar-dasar cara kerja kamera 360 derajat, jelas bahwa ini bukan keseluruhan cerita.

Kamera 360 derajat pada dasarnya adalah dua kamera yang saling membelakangi. Setiap kamera memiliki lensa sferis khusus yang memungkinkannya mengambil foto 180 derajat. Foto-foto dari kedua kamera kemudian digabungkan menggunakan perangkat lunak. Ada kamera 360 derajat yang menggunakan lebih dari dua lensa, tetapi kebanyakan model yang ditujukan untuk konsumen rata-rata memiliki desain ini.

Tongkat Selfie Tak Terlihat Adalah Trik Optik

Trik tongkat selfie tak terlihat memanfaatkan cacat kecil dalam desain banyak kamera 360 derajat kamera. Ada titik buta yang diciptakan oleh ketebalan bodi kamera. Ini menciptakan zona kecil di mana tak satu pun dari kamera dapat melihat apa pun, dan itu lebih jelas semakin dekat ke bodi kamera yang Anda dapatkan.

Tongkat selfie tak terlihat cukup sempit untuk masuk ke zona itu yang tidak dapat dilihat oleh kamera mana pun, dengan fitur tak terlihat lebih lanjut. oleh tumpang tindih di garis jahitan antara dua bidang kamera. Anda benar-benar dapat melihat beberapa distorsi di tangan pengguna yang memegang tongkat, di mana bidang-bidang ini bertemu.

Bintik buta ini meluas di sekitar garis jahitan, dan jika bukan karena itu, kami juga akan melihat bodi kamera itu sendiri di gambar! Kami tidak melihat titik buta ini dalam foto dan video 360 derajat karena objek yang cukup jauh dari kamera muncul di kedua bidang kamera, sehingga memudahkan untuk membuat gambar yang kohesif. Objek yang terlalu dekat dengan kamera akan terlihat seperti diambil oleh seseorang.

Tongkat Selfie Apa Pun Bisa Tidak Terlihat

Selama tongkat selfie Anda cukup tipis dan tepat sejajar dengan panjang bodi kamera, Anda akan mendapatkan efek tongkat selfie yang tidak terlihat. Kami telah menggunakan stik Insta360 dengan kamera merek lain, dan hasilnya sama. Di foto ini, kami menggunakan Ricoh Theta Z1, dan seperti yang Anda lihat, tongkatnya tidak terlihat.

Sydney Butler / How-To Geek

Bukan berarti tidak ada saus algoritmik khusus yang membantu efeknya menjadi lebih mulus, hanya saja pengangkatan paling berat dilakukan oleh fitur intrinsik dari desain bodi kamera yang umum.

TERKAIT:6 Tips untuk Mengambil Selfie yang Lebih Baik

Itulah berita seputar Bagaimana Cara Kerja Tongkat Selfie Tak Terlihat?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.