Bagaimana Membandingkan Dua Daftar di Microsoft Excel

Microsoft Excel menawarkan dua metode berbeda untuk membantu Anda membandingkan dua daftar dan menyorot item yang hilang di masing-masing daftar. Anda dapat memilih untuk menyorot item yang hilang di kedua daftar atau dalam satu daftar. Kami akan menunjukkan caranya.

Cara Cepat: Sorot Sel Unik untuk Membandingkan Daftar

Cara cepat untuk membandingkan dua daftar di spreadsheet Anda adalah dengan menggunakan fitur sorotan unik Excel. Fitur ini menyoroti item dalam daftar yang tidak ditemukan di daftar lain. Dengan cara ini Anda tahu persis item apa yang hilang dari daftar Anda.

Untuk menggunakan metode ini, pertama, pilih daftar yang ingin Anda bandingkan di spreadsheet Anda.

  • Saat daftar Anda disorot, di pita Excel di bagian atas, klik tab “Beranda” .
  • Pada tab “Beranda”, di bagian “Gaya”, klik Pemformatan Bersyarat > Sorot Aturan Sel > Nilai Duplikat.
  • Dalam kotak “Nilai Duplikat”, klik “Duplikat” dan pilih “Unik”. Klik menu tarik-turun kedua dan pilih bagaimana Anda ingin menyorot item yang hilang. Untuk menentukan pemformatan Anda sendiri, pilih “Format Kustom” dari menu.
  • Lalu terapkan perubahan Anda ke daftar Anda dengan mengklik “OK.”

Excel akan menyorot item yang hilang dalam daftar Anda. Misalnya, dalam daftar pertama Anda, Anda akan memiliki item yang disorot yang hilang dari daftar kedua, dan seterusnya.

Dan hanya itu.

Cara Rumus: Gunakan Pemformatan Bersyarat untuk Membandingkan Daftar

Metode di atas menyoroti item di kedua daftar Anda. Jika Anda hanya ingin menyorot item yang hilang dalam daftar tertentu, gunakan rumus dengan pemformatan bersyarat seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Pertama, di spreadsheet Anda, pilih semua baris pertama Anda daftar. Kemudian, di sudut kiri atas, klik kotak teks, ketik FirstList, dan tekan Enter. Ini memberikan nama unik untuk rentang sel Anda, yang memungkinkan Anda merujuk ke semua sel ini menggunakan satu nama.

Tetapkan nama unik ke daftar kedua Anda dengan terlebih dahulu memilih semua baris daftar Anda. Kemudian, di pojok kiri atas, klik kotak teks, ketik SecondList, dan tekan Enter.

Pilih semua baris dari daftar pertama Anda dengan mengklik kotak teks di pojok kiri atas dan pilih “FirstList.”

Di pita Excel di bagian atas, klik tab “Beranda” dan pilih Pemformatan Bersyarat > Aturan Baru.

Pada jendela “Aturan Pemformatan Baru”, Anda akan menentukan cara item yang hilang akan disorot. Pada jendela ini, dari bagian “Select a Rule Type”, pilih “Gunakan Rumus untuk Menentukan Sel yang Akan Diformat.”

Dalam kotak “Format Values ​​Where This Formula is True”, ketikkan berikut ini:

=COUNTIF(SecondList, A1)=0

Pilih tombol “Format” dan tentukan bagaimana Anda ingin memformat item yang hilang dalam daftar Anda. Kemudian, simpan perubahan Anda dengan mengklik “OK.”

Kembali pada spreadsheet, Excel telah menyorot item dalam daftar pertama Anda yang hilang dari daftar kedua. Tugas Anda selesai.

Dan begitulah cara Anda dengan cepat melakukan perbandingan dua daftar berbeda di spreadsheet Excel Anda. Sangat berguna!

Anda juga dapat mengurutkan data menurut abjad untuk menemukan perbedaan secara manual dalam dua daftar di spreadsheet Anda. Lihat panduan kami untuk mempelajari cara melakukannya.

Itulah berita seputar Bagaimana Membandingkan Dua Daftar di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.