Bagaimana Membandingkan File

Device Links
Notepad++Visual Studio CodeFiles in Two FoldersExcel FilesWordLinuxWindows Command PromptPerangkat Hilang?
Jika Anda seorang penulis atau programmer, kemungkinan besar Anda memiliki lebih dari satu versi dokumen yang berfungsi. Membandingkan file-file ini memungkinkan Anda untuk melacak perubahan dan menggabungkan perbedaan antara dua versi dari file yang sama.

Juga, terkadang menyalin file dapat menyebabkan hilangnya data, yang memaksa Anda untuk membuat perbandingan dan memastikan tidak ada yang rusak.

Membandingkan file dimungkinkan dalam pengeditan editor kode sumber, alat Microsoft Office, dan bahkan di antara dua direktori file. Anda biasanya dapat membandingkan file di sistem operasi Windows, Mac, dan Linux dengan lebih dari satu cara. Kami akan memandu Anda melalui solusi yang paling efisien dan praktis.

Cara Membandingkan File di Notepad++

Jika Anda menulis kode setiap hari, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk menggunakan Notepad++. Ini adalah editor teks dan kode sumber yang kompatibel dengan sistem operasi Windows.

Ini sepenuhnya perangkat lunak gratis yang bahkan tidak memerlukan banyak penyimpanan. Banyak pemrogram menggunakan Notepad++ untuk membandingkan dua file, tetapi fitur ini tidak terpasang secara default di editor.

Untungnya, yang perlu Anda lakukan hanyalah menginstal plugin “Bandingkan”. Inilah setiap langkah yang perlu Anda ambil untuk membandingkan dua file di Notepad++.
Unduh dan instal Notepad++ di komputer Windows Anda. Luncurkan Notepad++ dan klik opsi “Plugins” pada bilah alat utama di bagian atas. Dari menu tarik-turun, pilih ” Admin Plugin.” Dari daftar plugin, centang opsi “Bandingkan” lalu klik tombol “Instal”. Buka dua file secara bersamaan, lalu buka opsi “Admin Plugin” lagi. Dari drop-down menu, pilih “Bandingkan.”
Notepad++ akan segera menunjukkan perbedaan antara kedua file.

Setiap baris kode yang ditambahkan atau dihapus atau diubah dengan cara apa pun akan disorot di Notepad++. Perbedaan ini akan dikoordinasikan warna sehingga pengguna dapat melacaknya dengan lebih efisien.

Cara Membandingkan File dalam Visual Studio Code

Editor kode sumber populer lainnya yang digunakan banyak pengembang adalah Visual Studio Code. Ini tersedia di Windows, macOS, dan Linux.

Ini mendukung banyak bahasa pemrograman dan memungkinkan Anda untuk mengedit, membuat, dan men-debug kode. Tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk membandingkan dua file dan mencari perbedaannya. Begini cara kerjanya:
Jika Anda belum melakukannya, unduh dan instal Visual Studio Code ke komputer Anda.Luncurkan editor dan buka file yang perlu Anda bandingkan.Pilih keduanya dan gunakan tombol Shift pada keyboard Anda.Kanan- klik pada file dan pilih “Bandingkan yang Dipilih” dari menu.
Itu adalah salah satu cara untuk membandingkan file di Visual Studio Code. Tapi inilah cara lain yang bisa Anda lakukan:
Klik kanan pada file pertama. Klik “Pilih untuk Bandingkan” dari menu. Lanjutkan ke klik kanan pada file kedua. Klik “Bandingkan dengan yang Dipilih.” cepat, sederhana dan memberikan hasil yang sama.

Cara Membandingkan File dalam Dua Folder

Untuk beberapa proyek, Anda harus membandingkan konten dua folder dan bahkan subfolder dan bukan hanya dua file. Melakukannya secara manual akan sangat memakan waktu dan pekerjaan yang membosankan.

Untungnya, ada jalan pintas yang dapat Anda ambil. Jika Anda pengguna Windows, kemungkinan pilihan terbaik Anda adalah alat utilitas WinMerge. Ini adalah aplikasi yang sepenuhnya aman dan gratis, dan inilah cara Anda dapat menggunakannya:
Unduh dan instal WinMerge di komputer Windows Anda. Setelah penginstalan selesai, tekan tombol CTRL + O pada keyboard Anda. Itu akan membuka jendela perbandingan folder. Klik pada “Browse” untuk memilih folder pertama dan ikuti langkah yang sama untuk folder kedua. Pastikan untuk mencentang kotak “Read-only” di sebelah kedua folder. Sekarang, klik tombol “ Bandingkan” button.
Proses perbandingan segera dimulai. Jika ukuran folder relatif kecil, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama. Namun, jika direktori yang Anda bandingkan cukup besar, Anda harus bersabar.

WinMerge akan menampilkan file unik berwarna putih dan file tanpa kesamaan berwarna kuning. File yang tumpang tindih akan dikategorikan dalam warna abu-abu. Anda dapat melihat perbedaan ini dengan mengklik kanan pada file.

Pengguna Mac dapat mengandalkan Terminal untuk membandingkan dua folder. Ini adalah alat utilitas baris perintah yang digunakan pengembang untuk membuat perubahan cepat dan mudah pada sistem operasi. Inilah cara Anda dapat menggunakannya:
Buka “Applications” dan kemudian “Utilities.” Gunakan perintah “cd” untuk membuka direktori yang berisi folder yang ingin Anda bandingkan. Saat Anda di sana, jalankan perintah berikut “diff – rq folder1 folder2”.
Hanya itu yang perlu Anda lakukan. Anda akan dapat melihat perbedaan baris demi baris dalam teks dan kode.

Cara Membandingkan Dua File Excel

Membandingkan dua file Excel dapat membantu saat Anda berurusan dengan kumpulan data kecil. Anda dapat menggunakan alat perbandingan bawaan dan meninjau file secara manual.

Misalnya, bayangkan Anda memiliki dua file Excel yang melacak inventaris dari dua bulan yang berbeda dan perlu memeriksa nilainya. Berikut cara membuat ikhtisar yang nyaman untuk perbandingan yang lebih mudah:
Luncurkan Excel dan buka dua file yang ingin Anda bandingkan. Pastikan untuk memilih lembar di setiap file yang akan dibandingkan. Buka tab “Lihat” di bilah alat utama. Di bagian “Windows”, pilih opsi “Lihat Berdampingan”. Excel akan secara otomatis mengatur buku kerja secara horizontal, dan kedua file akan terlihat.
Sekarang Anda dapat membandingkan dan mengedit file-file ini secara manual.

Namun, Anda juga dapat mengandalkan yang ketiga -alat perbandingan online pihak dalam keadaan darurat. Lihat alat XL Comparator jika Anda tidak ingin membuang waktu dan memerlukan laporan perbandingan cepat.

Ini adalah sumber daya gratis yang mendukung file Excel hingga ukuran 5MB. Yang perlu Anda lakukan adalah mengunggah dua file dan mengatur Pembanding untuk mencari data yang cocok atau berbeda. Anda dapat mengunduh hasilnya dan membandingkan persamaan atau perbedaan yang disorot.

Meskipun metode ini dapat bermanfaat dan sangat cepat, ini mungkin bukan strategi terbaik jika Anda berurusan dengan data sensitif.

Cara Membandingkan Dua File Kata

Jika menulis adalah sesuatu yang Anda lakukan setiap hari, membandingkan file teks versi dokumen Word sebelumnya dan saat ini dapat menjadi penting.

Terkadang Anda perlu menggabungkan dua dokumen, tetapi Anda harus terlebih dahulu memeriksa apakah ada informasi yang tumpang tindih atau berulang.

Untungnya, sebagai pengolah teks Microsoft, Word memiliki fitur bawaan yang dapat membantu Anda membandingkan dua versi dokumen.

Ikuti langkah-langkah untuk membandingkan dua versi dokumen di Word:
Buka versi dokumen apa pun di Word.Pada tab “Tinjau”, buka tab “Bandingkan pita. Dari menu tarik-turun, pilih opsi “Bandingkan…”. Sebuah jendela baru akan muncul. Unggah kedua versi dokumen dan klik “OK.”
Jika ada perubahan yang dilacak dalam dokumen yang direvisi, panel di sisi kiri akan mencantumkan semua revisi.

 Di sisi kanan, Anda akan melihat file asli ditumpuk di atas dari yang direvisi. Saat Anda menggulir teks, mereka akan bergerak secara bersamaan dan memungkinkan Anda untuk memeriksa perbedaan.

Anda juga dapat mengakses fitur “Gabungkan” di pita “Bandingkan”. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menggabungkan dokumen Word yang direvisi dari beberapa penulis.

Cara Membandingkan File di Linux

Penulis dan pemrogram yang lebih suka menggunakan Linux juga mendapat manfaat dari membandingkan dua file untuk memeriksa perbedaannya.

Ada beberapa cara Anda dapat membandingkan file di Linux, termasuk menggunakan Visual Studio Editor kode. Namun, salah satu cara tertua dan paling populer untuk membandingkan teks dan kode adalah menggunakan perintah “diff”.

Alat baris perintah ini mudah digunakan dan sudah diinstal sebelumnya di sebagian besar sistem Linux. Berikut tampilan sintaks baris perintah tersebut:

“diff [options] File1 File2”

Di Linux, Anda juga dapat menggunakan Kompare, antarmuka pengguna grafis, untuk melihat perbedaan antara dua file.

Cara Membandingkan File di Command Prompt Windows 10

Windows pengguna memiliki pilihan untuk mengandalkan alat baris perintah terintegrasi sistem operasi untuk membandingkan dua file. Ini adalah proses yang sederhana jika Anda tahu persis apa yang harus dilakukan.

Namun, agar ini berfungsi dengan baik, file harus berada di lokasi yang sama. Pastikan mereka berada di folder yang sama dan ikuti langkah-langkah ini untuk membandingkannya:
Buka “Mulai” dan cari “Prompt Perintah.” Pilih opsi “Jalankan sebagai administrator”. Salin dan tempel perintah berikut “cd PATHTO FILES” dan tekan “Enter.” Perbarui perintah dengan lokasi file. Sekarang, masukkan perintah berikut – “fc filename1.txt filename2.txt” – dan tekan “Enter.”
Pastikan untuk menulis nama file yang benar dari “filename1” dan “filename2.”

Berhasil Mengelola File Anda

Bahkan jika Anda tidak membuat kode atau menulis setiap hari, Anda mungkin perlu membandingkan file yang ada dari waktu ke waktu. Kabar baiknya adalah banyak alat hebat yang dapat membantu Anda melakukannya. Editor teks dan kode seperti Notepad++ dan Visual Studio Code adalah alat luar biasa yang memberikan hasil langsung.

Plus, semuanya terkoordinasi warna untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Alat Microsoft seperti Excel dan Word memiliki alat perbandingan terintegrasi, tetapi mereka memiliki keterbatasan. Anda mendapatkan gambaran umum yang lebih baik tetapi masih perlu mengamati perbedaannya sendiri.

Untuk membandingkan dua folder, Anda memerlukan alat pihak ketiga di Windows atau pengetahuan tentang Terminal di macOS. Terakhir, Linux menawarkan beberapa solusi, dan di Windows, Anda selalu dapat menjalankan prompt perintah untuk membandingkan dua file.

Apa cara pilihan Anda untuk membandingkan dua file? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.