Bagaimana Memulai Dengan TV Android Anda

Setiap pembelian Android TV adalah pengalaman yang mendebarkan. Anda senang memiliki produk baru yang berkualitas tinggi dan bersemangat untuk membuka kemasannya dan memulai pengalaman menonton yang benar-benar baru. Tetapi begitu Anda meletakkan TV di tempatnya, bagaimana Anda melanjutkan pengaturannya?

Jika Anda menanyakan pertanyaan ini, Anda telah tiba di halaman yang tepat. Artikel ini membagikan hal-hal penting tentang penyiapan Android TV baru. Kami tahu Anda pasti bersemangat untuk langsung ke intinya, jadi mari kita langsung masuk.

Cara Memulai TV Android Anda

Setelah berhari-hari menunggu TV tiba, akhirnya tiba saatnya untuk menyiapkan semuanya. Untuk memulai, Anda perlu memeriksa ulang beberapa hal penting.

Pertama, pastikan Anda memiliki koneksi Wi-Fi yang stabil, karena TV Android Anda akan mengandalkannya untuk memuat konten. Kecuali jika Anda ingin disadap dengan kelambatan sesekali dan buffering lambat, Anda memerlukan jaringan yang kuat.

Juga, Anda akan memerlukan Akun Google. Jika Anda memiliki ponsel Android, Anda dapat menggunakan akun Google Play Store Anda. Jika tidak, Anda dapat menggunakan tautan ini untuk membuat yang baru.

Jika TV Anda tidak memiliki built-in Android TV, Anda memerlukan beberapa peralatan tambahan:
Satu perangkat Android TV eksternalTV atau monitor dengan port HDMI dan dukungan HDCPAn Kabel HDMI (biasanya disertakan di dalam kotak)
Setelah Anda siap, saatnya untuk mengonfigurasi TV Android Anda. Anda dapat melakukannya menggunakan remote TV Android, ponsel Android, atau komputer Anda.

Kami akan membagikan petunjuk langkah demi langkah untuk semua metode. Mari kita mulai dari pengaturan awal bagi yang belum menyelesaikannya.

Pengaturan Awal

Pengaturan awal terdiri dari menyalakan TV dan memasangkan remote.

Pasangkan Remote

Untuk memasangkan remote ke Android TV, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Nyalakan TV atau monitor yang terpasang padanya.Ikuti petunjuk di layar.
Sebuah tanda centang akan muncul di layar setelah Anda berhasil menghubungkan remote.

Sekarang remote Anda telah terhubung dengan benar, Anda dapat melanjutkan dengan menyiapkan Android TV Anda.

Menyiapkan Android TV

Saat memasangkan remote, Anda akan melihat opsi yang memungkinkan Anda menyetel TV dengan perangkat seluler atau tablet Android. Ini disebut “Mulai Cepat”, dan ini adalah cara paling mudah untuk melakukannya.

Jika Anda lebih suka melakukan penyiapan dengan remote, lewati opsi ini.

Menyiapkan Android TV Dengan Perangkat Seluler Android
Pastikan Android TV Anda aktif.Menggunakan remote, tekan “Yes” di sebelah “Quickly Set Up Your TV with Your Android Phone?” kueri.Mulai Google app di ponsel Anda.Masukkan “Siapkan perangkat saya.”Ikuti petunjuk di layar di ponsel Anda. Sebuah kode akan segera muncul di layar ponsel Anda. Masukkan di TV.Di ponsel cerdas Anda, ketik nama TV setelah muncul.Ikuti petunjuk layar TV untuk menyelesaikan penyiapan.
Catatan: TV Anda akan secara otomatis masuk ke Akun Google Anda dan terhubung ke jaringan yang sama sebagai ponsel Anda.

Menyiapkan TV Android Dengan Remote
Nyalakan TV Android Anda.Gunakan remote untuk menekan “Lewati” pada kueri yang meminta Anda menyetel TV menggunakan ponsel Android.Hubungkan TV ke jaringan Wi-Fi Anda. TV mungkin harus melakukan pembaruan pada saat ini. Tunggu sampai selesai dan lanjutkan ke langkah berikutnya. Pilih “Masuk”, lalu “Gunakan remote.” Masuk ke Akun Google Anda. Ikuti petunjuk di layar.
Menyiapkan Android TV Dengan Komputer
Mulai Android TV.Tekan “Lewati” setelah Anda melihat kueri yang meminta Anda menyetel TV menggunakan ponsel Android.Hubungkan ke Wi-Fi (yang sama dengan yang tersambung ke komputer Anda). Pilih “Masuk” di TV dan lanjutkan untuk menggunakan komputer Anda.Masuk dengan Akun Google Anda.Ikuti petunjuk di layar.
Memeriksa Pembaruan

Setelah menyiapkan Android TV, Anda akan siap untuk mulai menggunakannya. Namun sebelum Anda mulai menonton acara TV favorit Anda secara berlebihan, sebaiknya instal pembaruan perangkat lunak terbaru.

Berikut caranya:
Buka “Pengaturan” dengan menekan ikon roda gigi di layar TV. Buka “Preferensi Perangkat”, lalu “Tentang.” Tekan “Pembaruan Sistem.”
Pada saat penulisan, Android 11 adalah versi Android terbaru yang tersedia untuk TV. Tergantung pada modelnya, TV Anda mungkin menjalankan 10 atau bahkan 9.

Anda juga ingin melakukan pembaruan aplikasi secara teratur. Anda mungkin menggunakan platform streaming populer seperti YouTube, Netflix, atau Amazon Prime Video. Ini bahkan mungkin sudah diinstal sebelumnya di TV Anda. Sebelum Anda membukanya, navigasikan ke Google Play Store menggunakan remote dan cari pembaruan di sana.

Anda akan menemukan “Play Store” di bagian atas beranda Android TV atau di “Saluran Aplikasi”.

Anda dapat memperbarui semua aplikasi di TV Anda sekaligus:
Buka “Play Store” di TV Anda. Buka “Kelola aplikasi.” Tekan “Perbarui Semua.”
Anda juga dapat mengatur pembaruan otomatis:
Arahkan ke “Play Store” dan pilih “Auto- perbarui aplikasi.”Pilih “Perbarui aplikasi secara otomatis kapan saja.”
Dengan mendapatkan pembaruan rutin, Anda akan mengurangi masalah pemutaran seminimal mungkin.

Mengenal Android TV

Saat menyiapkan TV untuk digunakan, Anda mungkin ingin membiasakan diri dengan fitur-fiturnya. Untungnya, antarmuka Android relatif mudah dinavigasi. Anda dapat melihat semua saluran default di sebelah kiri layar. Juga akan ada saran untuk setiap kategori di sebelah kanan aplikasi.

Menyesuaikan Pengaturan Android TV

Untuk menyesuaikan pengaturan Android TV Anda seperti suara, kualitas gambar, izin aplikasi, koneksi, dan lainnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Klik ikon roda gigi di Layar TV Android.Buka pengaturan perangkat keras atau kinerja perangkat.Pilih pengaturan yang ingin Anda sesuaikan.
Menyesuaikan Layar Utama

Android dikenal sebagai salah satu sistem operasi yang paling dapat disesuaikan, dan TV mereka tidak terkecuali. Anda dapat mengubah saluran default, mengubah urutan aplikasi yang muncul di layar, menghapus saluran, dan banyak lagi.

Misalnya, untuk menambah atau menghapus saluran yang ditampilkan di sebelah kiri layar, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Navigasi ke bagian bawah layar beranda.Klik “Sesuaikan Saluran Anda.”Ubah preferensi sesuka Anda.
Anda juga dapat mengatur ulang aplikasi dengan membuka “Pengaturan”, lalu “Preferensi Perangkat”. Di sini Anda juga akan menemukan opsi terkait pratinjau audio dan video.

Menghubungkan Asisten Google ke Android TV

Android TV Anda kemungkinan besar dilengkapi dengan tombol Asisten Google khusus di remotenya. Anda dapat menggunakannya untuk melakukan pencarian suara atau menavigasi konten. Cukup tekan tombol dan ucapkan “Ok Google” ke mikrofon remote Anda. Asisten dapat membantu Anda menemukan game atau acara TV, menaikkan atau menurunkan volume, atau mematikan TV.

Menghubungkan Chromecast ke Android TV

Chromecast memungkinkan Anda mentransmisikan semua jenis konten dari ponsel, tablet, atau komputer Android ke TV. Pastikan perangkat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka aplikasi di ponsel yang ingin Anda gunakan untuk mentransmisi konten. Ketuk ikon transmisi dan pilih nama TV Anda. Tunggu hingga ikon cast berubah warna.
Setelah ikon berubah warna, artinya ikon tersebut terhubung ke TV.

Memulai Pengalaman Android TV Baru Anda

Ada sesuatu yang memuaskan dalam menyiapkan peralatan baru. Android TV adalah perangkat super serbaguna yang memungkinkan Anda melakukan streaming konten apa pun yang Anda suka. Yang terbaik dari semuanya, mengonfigurasinya sangat mudah.

Artikel ini memberikan semua detail tentang menyiapkan perangkat Anda untuk pertama kali yang Anda perlukan. Sekarang, Anda seharusnya sudah memiliki gagasan yang jelas tentang cara menghubungkan TV Android Anda, memperbarui perangkat lunak dan aplikasi, dan mengubah pengaturan di layar untuk mempersonalisasi pengalaman.

Apakah Anda menggunakan ponsel, remote, atau komputer untuk menyiapkan TV Android baru? Aplikasi mana yang paling ingin Anda mulai gunakan? Bagikan pengalaman Anda di komentar di bawah.