Bagaimana Mengenalinya Jika Orang Lain Menggunakan Akun Snapchat Anda

Snapchat memiliki kebijakan “satu perangkat pada satu waktu”, yang berarti Anda tidak dapat masuk ke satu akun di dua perangkat secara bersamaan. Jika aplikasi sering mengeluarkan Anda dan Anda mendapatkan banyak email dari Snapchat, kemungkinan akun Anda telah diretas. Tanda penyusup lainnya adalah pesan yang tidak Anda kirim atau teman yang tidak Anda terima. Terakhir, Anda mungkin harus mengatur ulang kata sandi saat Anda tahu bahwa Anda menggunakan kata sandi yang benar. Jika itu masalahnya, inilah yang harus dilakukan.

Cara Melihat Penggunaan Aktif Terakhir

Meskipun layar utama cukup sederhana, Snapchat menawarkan banyak info akun dan aktivitas kepada pengguna. Selain itu, ia memiliki sistem keamanan dan peringatan yang kuat.

Sayangnya, Anda tidak dapat mengakses banyak data, termasuk riwayat login Anda, melalui aplikasi yang diinstal pada ponsel Anda. Bagian “Pengaturan” menawarkan tarif standar, termasuk bagian Pengaturan Akun, Layanan Tambahan, Privasi, Dukungan, Umpan Balik, Informasi Lebih Lanjut, dan Tindakan Akun. Namun, itu tidak ada hubungannya dengan aktivitas Anda. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk melihat status aktif terakhir Anda dan info masuk lainnya adalah dengan meminta data akun Anda melalui bagian Akun di situs web resmi aplikasi. Untungnya, Anda dapat mengaksesnya dari perangkat apa pun yang memiliki browser dan koneksi internet aktif.

Anda akan menemukan info masuk Anda di bagian “Riwayat Masuk dan Info Akun”. Bagian ini juga berisi waktu dan tanggal pembuatan akun, informasi tentang perangkat Anda, dan riwayat perangkat (semua perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses aplikasi). Persyaratan yang diterima dan info akun dasar juga ada di bagian ini.

Sekarang, mari kita lihat cara mendapatkan laporan dari Snapchat. Penting untuk dicatat bahwa langkah-langkahnya sama, apa pun platformnya. Pengguna Android, iOS, Windows, Linux, dan macOS dilindungi.

Cara Mendapatkan Riwayat Masuk Snapchat dan Daftar Perangkat
Buka browser di perangkat Anda dan buka accounts.snapchat.com dan masuk. Setelah masuk, Snapchat meminta Anda untuk menyelesaikan captcha. Itu untuk keamanan tambahan dan untuk memverifikasi bahwa Anda bukan robot. Jika login gagal dan Anda tahu bahwa Anda memasukkan kata sandi yang benar, seseorang mungkin telah meretas akun Anda. Klik atau ketuk tautan “Lupa Kata Sandi” dan ikuti instruksi pengaturan ulang kata sandi. Anda akan masuk ke halaman accounts.snapchat.com/accounts/welcome. Klik atau ketuk tombol “Data Saya”. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman Data Saya, di mana Anda dapat melihat apa yang termasuk dalam file ZIP. Anda tidak dapat memilih dan memilih di sini. Setelah memeriksa daftar, gulir ke bagian bawah layar dan klik atau ketuk tombol kuning “Kirim Permintaan”. Snapchat kemudian memberi tahu Anda bahwa ia menerima permintaan dan memproses data Anda. Anda akan menerima email saat unduhan sudah siap. Laporan tidak akan memakan waktu terlalu lama untuk dikompilasi, kecuali jika Anda memiliki riwayat informasi yang sangat banyak. Buka email setelah Anda menerimanya. Perhatikan bahwa masih diperlukan waktu hingga 24 jam untuk menerima email. Klik atau ketuk tautan “klik di sini” yang akan membawa Anda ke halaman accounts.snapchat.com/accounts/downloadmydata. Klik atau ketuk tautan ke file ZIP.Snapchat harus segera memulai pengunduhan. Anda dapat melacak kemajuan di bilah unduhan di bagian bawah browser Anda. Setelah unduhan selesai, buka folder unduhan default Anda. Jika Anda menggunakan PC, itu harus di “Unduhan.” Opsional: Untuk melindungi data Snapchat yang Anda unduh dari pemeliharaan Windows atau aplikasi pembersihan File, buat dan pindahkan file ke folder lain, seperti “D:Snapchat” atau “C:BackupsSnapchat Bkup.” Partisi terpisah adalah yang terbaik jika terjadi crash. Kemudian, Anda masih dapat mengakses file cadangan jika partisi OS Anda gagal. Akhirnya, saatnya untuk membongkar file ZIP Anda. Anda akan mendapatkan folder HTML dan JSON, serta file index.html. Saat tidak dikompresi, file ZIP akan terlihat seperti ini. Setelah membongkar file ZIP “mydata”, Anda harus mengklik dua kali atau mengetuk folder “HTML”. Di folder, Anda akan melihat daftar dokumen HTML yang berisi semua info. Anda dapat mengklik dua kali pada salah satu file, dan itu akan terbuka di browser default Anda. Tidak masalah file mana yang Anda buka. Tab “Riwayat Masuk dan Informasi Akun” tetap menjadi entri teratas di sisi kiri jendela browser. Terakhir, klik atau ketuk tab “Riwayat Masuk dan Informasi Akun” untuk melihat semua info masuk Anda. Daftar ini kronologis, dan setiap entri menyertakan IP Perangkat, Kode negara, waktu/tanggal login, dan status login. Jika Anda melihat beberapa IP atau perangkat aneh yang tidak Anda miliki dalam daftar, segera ambil tindakan. Salah satu hal pertama yang harus dilakukan adalah keluar dari semua perangkat lain.
Cara Keluar dari Semua Perangkat Lain menggunakan iOS dan Android

Keluar dari perangkat lain akan memerlukan penggunaan aplikasi ponsel Anda.

Sekali lagi, Anda tidak dapat menggunakan aplikasi di dua perangkat secara bersamaan.
Masuk melalui perangkat pilihan Anda, dan Snapchat akan secara otomatis keluar dari perangkat lain.Untuk memastikan bahwa perangkat yang tidak dikenal tidak dapat masuk ke akun Anda, buka “Pengaturan”, lalu pilih “Lupakan Perangkat.”
Penting untuk diperhatikan bahwa Anda memerlukan pengaturan autentikasi dua faktor agar langkah-langkah di atas berfungsi. Jika tidak, atur dari bagian Otentikasi Dua Faktor di menu Pengaturan. Jika Anda memiliki autentikasi dua faktor, lewati bagian berikutnya.

Manfaat utama dari fitur keamanan tambahan ini adalah Anda harus memberikan kode verifikasi saat Anda masuk dari perangkat baru. Itu akan membuat lebih sulit untuk membobol akun Anda.

Cara Menggunakan Otentikasi Dua Faktor di Snapchat

Pertama, Anda harus
Luncurkan aplikasi “Snapchat” di ponsel Anda. Setelah Anda mendarat di layar kamera, ketuk “ikon profil” Anda di pojok kiri atas. Anda akan mendarat di Halaman Profil Anda. Ketuk “Pengaturan roda gigi” di sudut kanan atas layar. Itu akan membawa Anda ke halaman “Pengaturan”. Gulir ke bawah dan pilih “Otentikasi Dua Faktor.” Anda mungkin harus menggulir sedikit ke bawah. Ketuk untuk mengakses halaman pengaturan. Pada halaman “Pengaturan”, pilih metode otentikasi yang disukai. Aplikasi Teks dan Otentikasi akan siap membantu Anda. Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan opsi Verifikasi Teks, karena lebih sederhana. Ketuk opsi “Verifikasi Teks”. Snapchat kemudian akan mengirimi Anda pesan teks dengan kode enam digit. Buka “pesan” Anda dan buka yang berisi kode. Salin kode ke clipboard dan buka “aplikasi Snapchat” sekali lagi. Kembali ke halaman “Otentikasi Dua Faktor” dan masukkan kodenya. Setelah memberikan kode, Anda akan melihat dua opsi tambahan di menu Otentikasi Dua Faktor— “Kode Pemulihan” dan “Lupakan Perangkat.” Kami akan membutuhkan yang terakhir untuk bagian kedua dari tutorial. Sekarang, lupakan perangkat yang bukan milik Anda. Di bagian ini, Anda memerlukan ponsel dan aplikasi Snapchat. Buka “Snapchat.” Pada layar Kamera, pilih “ikon profil” Anda di sudut kiri atas. Setelah aplikasi mengarahkan Anda ke halaman profil Anda, ketuk “Pengaturan roda gigi” di sudut kanan atas layar. Setelah itu, temukan dan ketuk entri “Otentikasi Dua Faktor”. Selanjutnya, ketuk opsi “Lupakan Perangkat”. Itu harus yang paling bawah.Snapchat kemudian akan menampilkan daftar semua perangkat yang digunakan untuk masuk ke akun Anda. Ketuk tombol “X” di sebelah perangkat yang ingin Anda hapus dari daftar. Snapchat kemudian akan menanyakan apakah Anda yakin ingin melupakan perangkat ini. Klik “Ya.” Ulangi proses untuk setiap perangkat yang ingin Anda hapus.
Tindakan Keamanan

Jika Anda ingin membuat akun Anda antipeluru di masa mendatang, Anda dapat mengambil beberapa langkah lagi. Pertama, Anda harus mengubah kata sandi.

Cara Mengganti Kata Sandi Snapchat Anda

Ada dua cara untuk mengubah kata sandi Snapchat—melalui email dan SMS. Kedua proses ini sangat mirip, jadi kita akan membahasnya bersama. Penting untuk dicatat bahwa langkah-langkahnya sama untuk platform seluler dan desktop/laptop.

Pertama, Anda harus Selanjutnya,
Log out dari Snapchat.Luncurkan browser pilihan di ponsel Anda dan buka halaman login situs resmi.Pada layar login , ketuk atau klik tombol “lupa kata sandi Anda”. Pilih cara Anda ingin mengatur ulang kata sandi Anda dengan memilih “nomor telepon” atau “alamat email.” Klik atau ketuk tombol “Kirim”. Masukkan kode ke dalam bidang dan klik atau ketuk “Lanjutkan.” Sekarang, masukkan kata sandi baru Anda dan konfirmasikan, lalu klik “Simpan.”
Jalankan Pemindaian Antivirus jika Alamat IP Mencurigakan Ditemukan di Snapchat

Agar lebih aman, Anda dapat menjalankan pemindaian virus jika Anda telah menemukan beberapa alamat IP yang mencurigakan masuk ke akun Anda. Seseorang mungkin telah meretas komputer atau ponsel Anda dan memperoleh info Snapchat Anda.

Selain itu, kami menyarankan agar antivirus tetap aktif di latar belakang di semua perangkat.

Sebagai penutup, langkah-langkah yang dijelaskan dalam tutorial ini seharusnya cukup untuk membuat Anda tetap aman dari peretas dan orang iseng virtual . Sekarang Anda tahu cara mendapatkan data login Anda, menyiapkan otentikasi dua faktor, menghapus perangkat yang tidak diinginkan, dan menyetel ulang kata sandi Anda.

FAQ Snapchat yang Diretas
Seseorang meretas akun saya, dan sekarang saya tidak bisa masuk. Apa yang bisa saya lakukan?

Sayangnya, beberapa penyusup ingin lebih dari sekadar mengintip akun Anda. Mereka mungkin mengambil alih akun Anda. Anda akan tahu ini terjadi karena login Anda tidak lagi berfungsi, email Anda telah berubah, dan Anda yakin menggunakan kata sandi yang benar.

Untungnya, kami memiliki seluruh artikel di sini yang akan membantu Anda memulihkan akun Snapchat Anda .