Bagaimana TV Diukur untuk Menentukan Ukuran Layar

Bayangkan jika Anda menghabiskan waktu berbulan-bulan mencari TV berkualitas untuk ruang hiburan rumah Anda. Anda akhirnya membeli televisi yang Anda inginkan dengan harga yang Anda mampu. Saat dipasang, Anda kecewa. Tampaknya tidak pada tempatnya di dalam ruangan. Ini mungkin terjadi karena Anda tidak tahu bagaimana ukuran layar berkorelasi dengan ukuran TV sebenarnya.

Ada proses untuk mengukur ukuran layar TV. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana TV diukur sehingga Anda dapat memilih ukuran yang tepat untuk sebuah ruang.

Cara Mengukur Layar TV?

Keseimbangan sangat penting ketika Anda mempertimbangkan untuk menempatkan TV di sebuah ruangan. Jangan tergoda untuk membeli televisi terbesar jika ruangannya kecil. Demikian juga, bukan ide yang baik untuk menghemat uang dengan membeli TV kecil untuk ruangan besar. Pedoman ukuran TV utama untuk ruang media umum adalah:
60 hingga 90 inci untuk home theater50 hingga 64 inci untuk ruang keluarga besar atau ruang keluarga33 hingga 49 inci untuk ruang keluarga sedang atau kamar tidur yang lebih besar32 inci atau lebih kecil untuk kamar tidur rata-rata32 inci atau lebih kecil di dapur, asrama, dan apartemen kecil
Meskipun ini adalah pedoman yang disarankan, pilihan akhir untuk ukuran layar Anda sepenuhnya terserah Anda. Jika Anda menikmati menonton film di layar berukuran “lebih besar dari kehidupan”, jangan ragu untuk membeli televisi terbesar yang Anda mampu. Yang penting adalah Anda tahu cara mengukur layar TV dengan benar sebelum membeli TV agar sesuai dengan ruangan dengan benar.

Ada tiga faktor utama yang perlu Anda ketahui tentang melakukan pengukuran layar TV. Mereka adalah:
Ukuran layar yang dapat dilihatDimensi bingkai atau bezelUkuran ruang tempat TV akan ditempatkan
Semua ukuran layar dinyatakan dalam inci. Angka-angka mewakili pengukuran diagonal dari kiri atas ke sudut kanan bawah. Anda harus mengukur layar secara diagonal untuk mendapatkan ukuran yang benar. Layar TV awalnya diukur secara diagonal karena:
Mereka memiliki tabung gambar bulat yang memproyeksikan gambar layar.Layar tidak boleh lebih besar dari tabung melingkar.Mengukur tabung memberikan ukuran layar.
Mengekspresikan ukuran layar televisi dengan cara ini tetap merupakan praktek standar. Namun, tidak semua ukuran layar yang diiklankan “dapat dilihat” karena sebagian kecil layar ditutupi oleh bingkai atau bezel. Namun, iklan toko menyertakan bezel dalam pengukuran ukuran layar televisi diagonal.

Bagian layar tempat Anda benar-benar melihat gambar sedikit lebih kecil. Bingkai layar televisi biasanya memiliki lebar antara hingga 3 inci, tetapi lebar bingkai berbeda-beda untuk setiap produsen televisi. Ini menciptakan perbedaan antara ukuran layar total dan ukuran layar yang dapat dilihat. Di bawah ini adalah contoh beberapa layar diagonal yang diiklankan versus ukuran layar sebenarnya.
Diiklankan 40 inci, ukuran sebenarnya 39,9 inci Diiklankan 55 inci, ukuran sebenarnya 54,6 inci Diiklankan 65 inci, ukuran sebenarnya 64,5 inci Diiklankan 75 inci, ukuran sebenarnya 74,5 inci
Anda mungkin pernah melihat kata “kelas ” dalam sebuah iklan TV. Misalnya, sebuah iklan mungkin mencantumkan “TV kelas” 70 inci. Istilah ini digunakan karena bingkai perlu menutupi bagian panel kecil untuk mengamankannya. Toko menggunakan kata “kelas” untuk melawan klaim iklan palsu.

Jika Anda berencana membeli TV, berikut cara mengukur layar:
Instal aplikasi pengukur di perangkat seluler Anda. Mereka tersedia di Android dan iOS. Televisi yang ingin Anda beli mungkin dipajang di toko. Gunakan pita pengukur dan letakkan secara diagonal di layar di dalam bezel. Baca dengan cermat spesifikasi produk pabrikan, biasanya terdapat di bagian luar kotak. Cari merek, merek, dan model TV secara online. Spesifikasinya akan ada di situs web produsen atau pengecer. Saat berbelanja televisi, ada baiknya Anda membawa pita pengukur sehingga Anda dapat mengukur total tinggi, kedalaman, dan lebar TV juga. Pengukuran ini dapat membantu Anda menentukan apakah televisi akan muat di ruang yang ingin Anda tempatkan.

Membeli TV baru bukan satu-satunya alasan mengapa Anda perlu mengukurnya.

Mungkin Anda perlu mengetahui cara mengukur layar pada TV yang sudah Anda miliki untuk dijual, atau Anda berniat untuk memindahkannya ke lokasi lain di rumah Anda. Anda dapat menghitung layar TV dengan beberapa cara, seperti:
Instal aplikasi pengukur terbaru di perangkat seluler Anda.Periksa manual pemilik Anda untuk pengukuran layar.Telusuri merek, merek, dan model secara online untuk mendapatkan spesifikasinya.Ukur dengan memasang pita pengukur diagonal di layar.
Anda juga dapat menggunakan barang-barang sehari-hari yang ditemukan di rumah Anda jika Anda tidak memiliki pita pengukur. Coba item ini dalam keadaan darurat:
Rekatkan lembaran kertas printer standar 11” secara diagonal di layar untuk menghitung ukuran. Satu lembar uang kertas memiliki panjang tepat 6 inci. Gunakan mata uang kertas untuk mengukur layar secara diagonal. Gunakan penggaris untuk mengukur layar. Pastikan untuk melindungi layar dari goresan. Letakkan seutas tali di layar secara diagonal dan tandai jarak antara bezel. Gunakan barang rumah tangga lain yang telah diukur sebelumnya untuk mengukur string.
Jangan mengambil risiko karena harus mencopot dan memindahkan TV yang terpasang di dinding. Pelajari cara mengukur layar Anda di area tertentu untuk memasangnya dengan benar pertama kali. TV yang dipasang di dinding harus ditempatkan pada ketinggian mata yang tepat untuk kenyamanan menonton yang optimal.

Misalnya, sebagian besar aksi film terjadi di sepertiga tengah layar. Untuk memastikan Anda tidak ketinggalan aksi, ukur televisi Anda, sehingga mata Anda sejajar dengan area ini saat Anda dalam posisi duduk. Lihat tips berikut sebelum Anda memasang TV:
Ukur tinggi layar Anda sehingga Anda tahu di mana bagian tengah layar berada.Ukur lebar layar Anda untuk memastikan Anda membeli dudukan dinding yang benar.Ukur ukuran layar yang dapat dilihat untuk dipilih lokasi terbaik di ruangan untuk memasangnya.
Mengukur layar TV proyektor adalah proses yang unik. Rasio aspek layar dapat bergantung pada tujuan tampilan. Rasio layar proyeksi umum meliputi:
4:3 untuk pengaturan umum seperti menonton film4:3 untuk ruang kelas atau ruang rapat16:9 untuk melihat dalam HD16:10 untuk melihat dalam layar lebar
Anda mungkin sudah memiliki TV proyeksi untuk hiburan rumah. Berikut cara mengukur layar TV proyektor jika Anda berencana untuk menggantinya:
Ukur panjang layar dari kiri atas ke sudut kanan bawah (seperti layar TV biasa). Ubah rasio aspek menjadi pecahan (misalnya, 6:19 akan menjadi 16/9).Ukur lebar layar.Kalikan dengan pecahan untuk mendapatkan tinggi.Tambahkan tinggi2 ditambah lebar2. Ini sama dengan diagonal2.
Akar kuadrat dari angka ini adalah ukuran diagonal layar TV proyektor Anda, berdasarkan Teorema Pythagoras (a2+b2=c2).

Hiburan Rumah dalam Ukuran “Anda”

Ruang hiburan rumah Anda adalah lingkungan yang santai, dan TV adalah fitur utamanya. Tidak ada aturan keras tentang ukuran layar; itu adalah pilihan pribadi Anda. Namun, beberapa panduan umum dapat membantu Anda memastikan kesesuaian yang sempurna.

Apakah Anda menonton televisi? Beri tahu kami seberapa sering Anda menonton TV. Sertakan ukuran televisi terbesar Anda. Gunakan kotak komentar di bawah untuk tanggapan Anda.