Bagaimana VPN Bisa Mengenkripsi Koneksi Anda dengan Aman?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda berbelanja VPN, Anda akan melihat bagaimana layanan membanggakan memiliki enkripsi terbaik dan betapa pentingnya Anda mengamankan koneksi menggunakan kriptografi. Tetapi bagaimana VPN mengenkripsi koneksi Anda, dan apakah ada jenis enkripsi yang berbeda untuk dipilih? Terowongan

Untuk menjelaskan bagaimana VPN mengenkripsi koneksi Anda, pertama-tama kita perlu melihat apa yang disebut terowongan VPN. Biasanya, ketika Anda mengunjungi sebuah situs, Anda terhubung ke server yang dioperasikan oleh penyedia layanan internet (ISP), yang mengarahkan Anda ke situs yang ingin Anda kunjungi.

Ketika Anda menggunakan VPN, Anda sedang merutekan ulang koneksi Anda: bukannya pergi dari server ISP ke situs, Anda terlebih dahulu melalui server yang dioperasikan oleh penyedia VPN Anda. Ini memberi Anda alamat IP baru, yang berguna karena sejumlah alasan, tetapi VPN juga melakukan trik rapi lainnya: VPN ini mengenkripsi koneksi dari ISP Anda ke server VPN dalam apa yang disebut tunnel.

A VPN tunnel adalah terenkripsi koneksi yang mencegah orang lain, termasuk ISP Anda dan situs yang Anda kunjungi, melacak Anda. (ISP tidak akan dapat melihat situs web yang Anda kunjungi, dan situs web yang Anda kunjungi tidak akan dapat melihat alamat IP asli Anda.) “Tunnel” sebenarnya adalah nama yang bagus untuk itu karena berfungsi kurang lebih seperti itu jika Anda mengemudi di jalan. Saat berada di tempat terbuka, siapa pun dapat melihat apa yang Anda lakukan dan ke mana Anda pergi, tetapi begitu Anda memasuki terowongan, keberadaan Anda dapat ditebak oleh siapa pun.

Tentu saja, terowongan VPN tidak dibuat dengan batu bata dan mortar; sebagai gantinya, mereka dibuat oleh apa yang disebut protokol VPN, yang akan kita lihat selanjutnya.

VPN Protocols

Untuk membuat terowongan VPN, Anda perlu menggunakan protokol VPN, yang merupakan bagian dari perangkat lunak yang menentukan bagaimana VPN berbicara dengan yang lain mesin pada jaringan. Sebuah protokol dapat melakukan banyak hal yang berbeda, tetapi yang terpenting, protokol tersebut berisi informasi tentang enkripsi apa yang digunakan dan bagaimana lalu lintas dirutekan melalui server.

Dengan demikian, protokol VPN sangat penting, karena dapat menentukan kecepatan dan keamanan jaringan Anda. koneksi. Ada banyak protokol VPN yang berbeda untuk dipilih, tetapi yang terbaik adalah yang disebut OpenVPN. Biasanya menawarkan kecepatan yang layak sambil tetap aman, yang tentu saja merupakan alasan utama mengapa banyak orang mendapatkan VPN.

Cukup menarik, protokol VPN umumnya akan memberi Anda pilihan jenis enkripsi apa yang akan digunakan di terowongan Anda, itulah yang kami ‘ll melihat next.

Encryption

VPNs menjaga koneksi Anda tetap aman melalui enkripsi, yang merupakan cara untuk membuat pesan tidak dapat dibaca dengan mengacaknya menjadi tidak masuk akal. Untuk menguraikannya, Anda memerlukan kunci, sepotong kode yang berfungsi sebagai “kunci” untuk pengacakan. Kunci ini, biasanya rumus matematika yang disebut algoritme, juga dikenal sebagai sandi.

Cara kerjanya dengan VPN adalah koneksi Anda dienkripsi saat Anda terhubung ke internet—awal dari terowongan, bisa dibilang. Setelah tiba di ujung yang lain, di server VPN, itu akan didekripsi dan dikirim ke situs yang Anda kunjungi. Hasilnya adalah situs melihat alamat IP server VPN, dan ISP Anda melihat aliran informasi acak.

Jenis Enkripsi

Untuk memastikan bahwa informasi tetap aman, Anda perlu menggunakan jenis enkripsi yang baik: tidak semua dibuat sama. Akibatnya, banyak penyedia VPN akan menyombongkan diri bahwa mereka menawarkan enkripsi “tingkat militer”, yang merupakan cara yang bagus untuk mengatakan bahwa mereka menggunakan algoritme enkripsi yang sama dengan militer.

Enkripsi yang paling umum digunakan adalah standar enkripsi tingkat lanjut, atau Singkatan AES, yang hadir dalam beberapa varian. Setiap varian menggunakan jumlah bit yang berbeda untuk mengenkripsi kuncinya—lebih lama menawarkan lebih banyak keamanan. Yang paling aman adalah AES-256, yang berarti menggunakan kunci 256 bit dan akan membawa laptop Anda sampai kematian panas alam semesta retak; artikel ini membahas beberapa math.

Anda juga dapat memilih untuk menggunakan versi yang lebih ringan seperti AES-128 yang masih cukup aman; bagi kebanyakan orang, sebagian besar waktu itu tidak terlalu penting. AES juga bukan satu-satunya standar; itu hanya yang paling dikenal. Anda juga bisa menggunakan algoritma yang disebut Blowfish; apa pun itu, koneksi Anda aman.

Melindungi Kunci

Yah, itu aman kecuali untuk satu masalah: kunci itu sendiri juga perlu dilindungi. Untuk melakukannya, biasanya diamankan menggunakan TLS, atau keamanan lapisan transport. Teknologi ini umum di internet dan digunakan di semua jenis teknologi, mulai dari penyimpanan cloud hingga HTTPS, protokol yang Anda gunakan saat ini untuk membaca halaman web ini.

Tanpa TLS, pesan terenkripsi hanya akan menanyakan ke server tujuan pengiriman kunci untuk mendekripsi dirinya sendiri. Dalam sistem itu, sangat mudah bagi pihak ketiga untuk menyelinap masuk dan mencegat pengiriman kunci, yang berarti mereka dapat mendekripsi pesan untuk diri mereka sendiri. TLS mencegah hal ini dengan memaksa setiap pesan untuk ditanyakan oleh server ketiga yang dapat memberikan lampu hijau untuk mendekripsi pesan.

Kami tahu bahwa semuanya sangat terlibat, tetapi hasilnya adalah tidak ada penyusup yang dapat memecahkan sandi terowongan VPN. Jika Anda menggunakan VPN dan mereka menganggap serius keamanan, hampir tidak mungkin koneksi Anda dapat diretas dari luar.

Itulah berita seputar Bagaimana VPN Mengenkripsi Koneksi Anda dengan Aman?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.