Berapa Harga Mobil Listrik Sebenarnya?

Alexander Steamaze/Shutterstock.com

Kebanyakan orang percaya kendaraan listrik (EV) jauh lebih mahal daripada mobil bertenaga gas. Ketika EV pertama kali memasuki pasar, itu benar, tetapi celahnya menyempit. Di sini kita akan menyelami berapa biaya EV yang sebenarnya.

Berapa Biaya Sebenarnya EV?

Saat berbelanja EV, biaya pembelian di muka adalah yang dipikirkan kebanyakan orang. Dan mobil listrik masih memiliki biaya yang lebih tinggi pada saat Anda membelinya daripada rata-rata kendaraan bensin. Namun, dalam beberapa kasus, perbedaan biaya tersebut dapat dikurangi dengan insentif pemerintah. Namun, harga stiker bukanlah satu-satunya biaya yang perlu dipertimbangkan. Seperti halnya biaya untuk memiliki kendaraan berbahan bakar bensin, seperti penggantian oli, perawatan rutin, dan pengisian bahan bakar, ada biaya seumur hidup untuk memiliki EV. Ini termasuk:

Biaya di muka untuk membeli kendaraanInsentif pemerintahBiaya listrikBiaya rata-rata pemeliharaan dan perbaikanBiaya pemasangan stasiun pengisian rumah

Dan banyak lagi. Ketika digabungkan, apakah ini lebih atau kurang dari memiliki mobil bensin? Jawabannya adalah: rumit.

Biaya Awal

Beberapa kendaraan listrik dihargai setara dengan mobil mewah. Model jarak jauh Tesla Model 3 yang benar-benar baru, misalnya, akan membuat Anda membayar kembali sekitar $50K. Tapi Nissan Leaf 2022 berharga sekitar $28K, sebanding dengan harga sedan bertenaga gas serupa. Jadi, biaya di muka sangat bervariasi.

Advertisement

Beberapa EV juga memenuhi syarat untuk kredit pajak dari pemerintah federal hingga $7.500, yang dapat mengurangi biaya pembelian jika kendaraan Anda memenuhi syarat untuk jumlah maksimum. Tidak semua kendaraan memenuhi syarat untuk potongan harga itu, dan itu hanya berlaku untuk 200.000 kendaraan pertama yang dijual pabrikan — pembuat mobil seperti Tesla dan GM telah mencapai target itu. Anda memenuhi syarat untuk keduanya. Rabat Drive Clean New York, misalnya, dapat memberikan Anda hingga $2.000. Plug In America, sebuah kelompok advokasi untuk kendaraan listrik, memiliki peta interaktif yang dapat Anda gunakan untuk melihat apakah Anda bisa mendapatkan potongan harga di tempat Anda tinggal.

Biaya Pengisian Daya

Ini sulit untuk dijabarkan, karena akan bergantung pada beberapa hal. Apakah Anda mengisi daya kendaraan Anda di rumah atau stasiun pengisian umum (atau keduanya), apakah stasiun pengisian umum yang Anda gunakan gratis atau berbayar, tingkat stasiun pengisian yang Anda gunakan secara teratur, dan harga listrik di daerah Anda semuanya ikut berperan saat menghitung biaya pengisian rata-rata EV. Stasiun pengisian cepat DC Level 3, misalnya, seringkali lebih mahal daripada stasiun level 2.

RELATEDLevel 1, Level 2, atau Level 3? Pengisi Daya EV Dijelaskan

Mereka yang memiliki opsi untuk mengisi daya kendaraan mereka di rumah dapat mencolokkannya ke stopkontak (pengisi daya level 1) atau memasang stasiun pengisian daya level 2 untuk pengisian daya yang lebih cepat di rumah. Biaya sistem pengisian di rumah berkisar dari $200 hingga lebih dari $1.000, dengan pemasangan menambahkan biaya tambahan $800-$1.300 menurut Edmunds. Memasang pengisi daya rumah level 2 memiliki biaya di muka yang tinggi tetapi juga manfaat jangka panjang karena Anda akan menghemat uang tepat waktu dengan lebih sedikit mengandalkan stasiun pengisian umum berbayar. Yang mengatakan, itu bukan sesuatu yang semua orang mampu lakukan. Setidaknya, belum.

Efisiensi Bahan Bakar

Seberapa efektif EV Anda dalam menggunakan energi yang tersimpan akan memengaruhi jangkauan yang dapat Anda peroleh dengan biaya, yang akan menentukan berapa banyak Anda harus membayar rata-rata untuk listrik. Misalnya, jika satu EV mendapat 100 mil dengan 21kWh energi dan EV lain harus menggunakan 33kWh energi untuk menempuh jarak yang sama, kendaraan pertama lebih efisien dan karena itu mendapatkan lebih banyak dari setiap pengisian, mengurangi biaya bahan bakar jangka panjang Anda .

RELATEDBagaimana Biaya Baterai EV Dibandingkan dengan Tangki Gas?Majalah

Car dan Driver baru-baru ini memperkirakan biaya kepemilikan dua kendaraan gas selama tiga tahun dibandingkan dua versi listrik dari kendaraan yang sama dengan hasil yang beragam. Untuk beberapa model, perkiraan biaya bahan bakar untuk model EV lebih murah. Bagi yang lain, lebih murah mengendarai versi bensin.

Biaya Perawatan

Mobil listrik memiliki bagian yang bergerak lebih sedikit daripada kendaraan bensin, dan oleh karena itu biaya perawatannya harus lebih murah selama masa pakainya. Tidak ada busi yang harus diganti, misalnya, dan tidak ada oli yang harus diganti secara berkala. Dan itu tampaknya mengurangi biaya pemeliharaan EV jangka panjang. Laporan Oktober 2021 oleh firma analitik We Predict menyatakan bahwa meskipun biaya layanan pada awalnya lebih tinggi, setelah tiga tahun kepemilikan, biaya perawatan EV 31% lebih rendah daripada kendaraan bensin.

Jadi Berapa Biaya Total Kepemilikan EV?

Intinya muncul bahwa total biaya bervariasi, tetapi semakin lama Anda memiliki EV, semakin banyak yang Anda hemat. EV mungkin lebih murah untuk dimiliki daripada kendaraan berbahan bakar bensin, tetapi mereka biasanya masih membutuhkan investasi di muka yang lebih tinggi untuk membelinya. Rabat, model yang lebih murah, dan pengisian daya di rumah semuanya dapat membuat perbedaan besar, jadi sebaiknya Anda memperkirakan tidak hanya harga stiker EV yang Anda perhatikan, tetapi juga biaya jangka panjangnya. Anda dapat memutuskan bahwa sesuatu seperti hibrida plug-in dan bukan kendaraan listrik penuh akan menjadi yang terbaik, tergantung pada cara Anda mengemudi.

TERKAIT:Mobil Listrik vs. Hibrida: Apa Perbedaannya?

Itulah berita seputar Berapa Harga Mobil Listrik Sebenarnya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.