Berapa Panjang Kabel HDMI?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Kabel HDMI yang panjang dapat berguna dalam berbagai situasi, mulai dari menyiapkan home theater hingga menghubungkan papan reklame digital. Tetapi apakah ada batasan panjang kabel HDMI? Inilah semua yang perlu Anda ketahui.

Mengapa Panjang Kabel HDMI Penting?

Antarmuka Multimedia Definisi Tinggi, atau HDMI, adalah antarmuka tampilan paling umum saat ini. Ini digunakan dalam segala hal mulai dari televisi hingga monitor hingga seni elektronik. Dengan menggunakan satu kabel HDMI, Anda dapat mengirimkan sinyal audio dan video dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Anda akan menemukan kabel HDMI dalam berbagai ukuran di pasaran. Beberapa sekitar satu kaki, sedangkan yang lain panjangnya beberapa meter. Tetapi jika Anda ingin tahu tentang panjang maksimum kabel HDMI, tidak ada yang seperti itu. Spesifikasi HDMI standar resmi tidak merekomendasikan panjang kabel. Selama kabel HDMI memenuhi standar kinerja dan berhasil membawa sinyal dari satu ujung ke ujung lainnya, kabel itu dapat berukuran berapa pun.

Namun, kabel HDMI, seperti yang lainnya, harus mematuhi hukum fisika. Jadi, setiap sinyal digital yang berjalan melalui kabel HDMI akan menemui hambatan. Tingkat resistansi tergantung pada beberapa faktor, dengan bahan konduktor di kabel dan pengukurnya menjadi yang paling penting.

Akibatnya, tergantung pada konduktor dan pengukurnya, kabel HDMI hanya dapat memiliki panjang tertentu sebelum sinyal mulai menurun, menyebabkan artefak dalam output video atau audio. Namun, merek yang memiliki reputasi baik tidak akan memproduksi kabel yang cukup lama untuk menimbulkan masalah tersebut.

Panjang Maksimum Kabel HDMI

Seperti yang disebutkan, HDMI spesifikasi tidak menunjukkan panjang kabel. Tetapi Administrator Lisensi HDMI, sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk mempromosikan dan melisensikan teknologi HDMI, mencatat bahwa pengujian awal dalam program Kabel Ultra High Speed ​​(UHS) menunjukkan bahwa kabel UHS HDMI pasif dapat mencapai panjang lima meter. Kabel HDMI pasif adalah kabel HDMI standar Anda, yang dilengkapi port HDMI di setiap ujungnya yang dihubungkan oleh kabel tembaga berpelindung.

Untuk yang belum tahu, kabel UHS adalah jenis kabel HDMI terbaru dan satu-satunya yang memenuhi persyaratan untuk memastikan kompatibilitas penuh dengan masing-masing Fitur HDMI 2.1a. Jadi, jika Anda ingin membeli kabel HDMI hari ini dan ingin tahan lama, kabel HDMI UHS adalah caranya.

 

Tergantung pada generasi HDMI, panjang kabel HDMI aktif atau optikal dapat berkisar antara beberapa lusin hingga 100 kaki. Jika Anda membutuhkan lebih panjang dari yang dapat ditawarkan oleh satu kabel HDMI aktif atau optik, Anda harus menggunakan kabel HDMI extender.

Seperti yang Anda lihat, panjang maksimum untuk kabel HDMI tidak sekering yang Anda harapkan. Untungnya, di antara kabel HDMI pasif, aktif, dan optik, Anda mungkin akan menemukan kabel yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan Anda. Dan jika Anda membutuhkan sesuatu yang lebih lama, Anda selalu dapat menggunakan extender.

Yang mengatakan, tetap berpegang pada merek terkemuka saat membeli kabel HDMI dan cari sertifikasi resmi untuk mendapatkan kabel kualitas terbaik. Misalnya, kabel HDMI Premium High Speed ​​dan Ultra High Speed ​​disertifikasi oleh HDMI Licensing Administrator. Sertifikasi akan memastikan bahwa kabel tersebut memenuhi persyaratan untuk mendukung fitur yang ditawarkan oleh generasi HDMI-nya.

Itulah berita seputar Berapa Panjang Kabel HDMI?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.