Bersiaplah untuk Lebih Banyak Iklan di Google Penelusuran dan YouTube

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Bisnis utama Google masih berupa periklanan online, dan sebagian besar dapat ditemukan di layanan Google sendiri. Sekarang perusahaan sedang mengerjakan format iklan baru di Google Penelusuran dan YouTube.

Google mengadakan acara ‘Google Marketing Live’ awal pekan ini, di mana perusahaan memamerkan bagaimana bisnis dapat menggunakan Google Ads, termasuk format iklan baru. Mulai akhir tahun ini, perusahaan akan dapat membuat iklan belanja yang lebih besar yang muncul di hasil penelusuran seluler. Contoh Google di bawah ini menunjukkan blok gambar lebar penuh saat Anda mencari “snowboard”, dengan geser ke kiri dan kanan untuk beralih di antara cantuman toko yang berbeda.

Google juga akan menambahkan kemampuan bagi pengecer untuk menambahkan tombol ‘3D’ ke tautan belanja di penelusuran, yang akan menampilkan model 3D yang dapat ditempatkan pada suatu ruangan menggunakan augmented reality (AR). Terakhir, pesan tentang program loyalitas/hadiah akan muncul di elemen belanja — contoh Google menyertakan sikat rambut dengan pesan di bawahnya yang menyatakan “Dapatkan pengiriman gratis dan dapatkan poin.”

Lebih banyak iklan juga hadir di YouTube, khususnya di YouTube Shorts -bentuk video layar penuh). Google tidak menyebutkan secara pasti bagaimana mereka akan bekerja dari sudut pandang seseorang yang menonton video, tetapi sepertinya mereka akan muncul saat Anda menggesek di antara Shorts yang berbeda, mirip dengan iklan di TikTok dan Instagram Stories. Google juga memberi pengiklan opsi untuk menambahkan tautan yang muncul di bagian bawah layar.

Google memberi tahu TechCrunch bahwa pembuat video tidak akan menerima penghasilan apa pun dari iklan yang muncul di Shorts, setidaknya saat ini. Perusahaan tersebut mengatakan, “Kami akan terus memberi penghargaan kepada ribuan pembuat konten dan artis setiap bulan melalui Dana Pendek YouTube sementara kami mengembangkan model jangka panjang untuk monetisasi pembuat konten di Shorts. Kami secara aktif bekerja pada solusi monetisasi untuk pembuat Shorts dan akan menggunakan pembelajaran dari peluncuran ini untuk menginformasikan hal itu.”

Advertisement

Iklan Google Penelusuran baru akan mulai muncul akhir tahun ini, tetapi Google sudah meluncurkan iklan di YouTube Shorts.

Sumber : Google, TechCrunch

Itulah berita seputar Bersiaplah untuk Lebih Banyak Iklan di Google Penelusuran dan YouTube, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.