Bisakah Anda Menjalankan Perangkat Lunak Windows di Mac M1 atau M2?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Mac pertama dengan Apple Silicon adalah mesin yang sangat mengesankan. Namun, dalam peralihan dari chip Intel ke prosesor ARM milik Apple, apa yang terjadi pada perangkat lunak Windows di Mac? Apakah Boot Camp masih berfungsi? Inilah semua yang perlu Anda ketahui.

Mengapa Chip M1 dan M2 Menjadi Masalah Untuk Perangkat Lunak Windows

Chip M1 Apple adalah chip Apple Silicon pertama yang digunakan di Mac. Ini adalah chip ARM kustom yang memiliki lebih banyak kesamaan dengan chip yang ada di iPhone dan iPad daripada CPU Intel yang ditemukan di Mac yang ada. (M2 adalah penerus M1, dan berada dalam situasi yang sama dengan aplikasi Windows.)

Apple dibangun ke dalam sistem terjemahan bernama Rosetta 2, dan memungkinkan Mac baru ini menjalankan aplikasi Mac yang dirancang untuk Intel Mac. Aplikasi Mac Anda yang ada akan berjalan dengan baik meskipun belum ditingkatkan untuk mendukung Apple Silicon. Ada sedikit pelambatan karena terjemahannya, tetapi chip M1 dan M2 sangat cepat sehingga kinerjanya sama baiknya seperti pada Intel Mac. Aplikasi tersebut akan berjalan lebih cepat setelah diperbarui untuk mendukung Apple Silicon.

Tapi bagaimana dengan aplikasi yang bukan aplikasi Mac?

Lakukan Boot Dukungan Mac M1 dan M2 Camp?

Intel Mac Apple menyertakan fitur yang disebut “Boot Camp” yang memungkinkan Anda menginstal Windows langsung di Mac Anda. Untuk beralih antara Windows dan macOS, Anda harus reboot. Windows berjalan di Mac sama seperti di PC. Bagaimanapun, baik Intel Mac dan PC memiliki arsitektur perangkat keras yang sama.

Namun, Boot Camp tidak didukung pada Mac M1 dan M2 dengan Apple Silicon. Boot Camp hanya berfungsi pada Mac berbasis Intel. Anda tidak dapat menggunakan Boot Camp untuk menginstal Windows di M1 atau M2 MacBook atau desktop Mac.

Bahkan jika Apple mendukung Boot Camp di M1 atau M2 Mac, Anda hanya dapat menginstal Windows 10 atau Windows 11 versi ARM. t versi ideal Windows: Ini memiliki lapisan emulasi sehingga dapat menjalankan perangkat lunak Windows yang ditulis untuk chip Intel, tetapi jauh lebih lambat dan buggier daripada lapisan terjemahan Mac.

Dapatkah Anda Menjalankan Mesin Virtual Windows di Mac M1 atau M2?

Anda juga dapat menjalankan perangkat lunak Windows di Intel Mac melalui mesin virtual. Program mesin virtual populer termasuk Parallels Desktop dan VMWare Fusion. Apakah ini berfungsi pada Mac M1 atau M2?

Bisa! Meskipun belum siap untuk rilis awal MacBook M1 Apple pada November 2022, Parallels Desktop sekarang memungkinkan Anda menginstal Windows 11 versi ARM pada Mac.

VMware Fusion M1 atau M2. Mulai Agustus 2022, Anda dapat mengunduh versi pratinjau teknologi VMware Fusion untuk Mac M1 dan M2. Versi pratinjau ini belum sepenuhnya stabil, tetapi dapat digunakan—dan kemungkinan akan menawarkan alternatif yang solid untuk Parallels Desktop setelah selesai.

Versi lama dari Parallels Desktop dan VMware Fusion tidak berjalan dengan baik di MacBook dengan Apple Silicon. Aplikasi ini bergantung pada fitur virtualisasi perangkat keras pada Intel Macs.

Pada WWDC 2020, Apple menunjukkan Parallels menjalankan mesin virtual dengan sempurna—mesin virtual Linux. Itu kemungkinan merupakan versi ARM dari Linux. Parallels tidak dapat menjalankan Windows versi lama berbasis Intel atau sistem operasi lain di Apple Silicon. Untungnya, versi Windows 11 berbasis ARM memiliki lapisan emulasinya sendiri untuk menjalankan perangkat lunak Windows berbasis Intel.

Apakah CodeWeavers CrossOver Bekerja? Mac. Aplikasi ini didasarkan pada perangkat lunak Wine sumber terbuka yang menjadi terkenal karena memungkinkan pengguna Linux menjalankan beberapa aplikasi Windows tanpa Windows itu sendiri.

CodeWeavers pada dasarnya adalah lapisan kompatibilitas rekayasa balik yang dirancang untuk menjalankan aplikasi Windows pada sistem operasi non-Windows. Ini tidak sempurna, tidak mendukung setiap aplikasi, dan Anda akan mengalami beberapa bug. CodeWeavers memelihara aplikasi daftar database yang bekerja dengan baik.

CrossOver bekerja di MacBook dengan Apple Silicon. Jika dapat menjalankan aplikasi Windows di Mac, dapat menjalankan aplikasi yang sama di Mac dengan Apple Silicon.

Haruskah Anda Membeli Mac M1 atau M2 Jika Anda Membutuhkan Windows?

M1 dan M2 Apple MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini adalah produk generasi pertama ketika mereka memulai debutnya pada tahun 2022. Mereka meletakkan dasar untuk masa depan Mac tanpa prosesor Intel.

Mesin ini tidak sebaik menjalankan Windows seperti MacBook lama. Boot Camp hilang dan kemungkinan tidak akan kembali, jadi Anda tidak dapat melakukan dual-boot Windows di Mac modern. Anda akan dibatasi untuk menjalankan Windows 11 versi ARM di mesin virtual, dan perangkat lunak Windows lama apa pun yang ingin Anda gunakan harus melalui lapisan emulasi Windows 11 yang berjalan di dalam mesin virtual.

Jika ini masalah bagi Anda dan Anda sangat menyukai Mac M1 dan M2 ini, Anda dapat mencoba kompromi. Misalnya, jika Anda senang memiliki dua mesin, Anda dapat memiliki satu MacBook dan laptop atau desktop terpisah untuk perangkat lunak Windows Anda. Kedengarannya gila, tetapi ini mungkin pengalaman yang lebih baik daripada membeli Intel Mac yang sudah ketinggalan zaman dan kemudian me-reboot bolak-balik untuk menggunakan Boot Camp.

Atau, Anda dapat menjalankan aplikasi Windows pada PC Windows jarak jauh dan mengaksesnya dari jarak jauh. Bahkan, itu mungkin menjadi solusi masa depan bagi banyak orang. Itulah yang dimaksud dengan sistem “Cloud PC” Microsoft untuk bisnis.

Itulah berita seputar Bisakah Anda Menjalankan Perangkat Lunak Windows di Mac M1 atau M2?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.