Bisakah iPhone yang Tidak Terkunci Digunakan Dengan Semua Operator Seluler? Ya

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda ingin membeli iPhone dan membayarnya dengan mencicil, Anda langsung menuju ke operator pilihan Anda dan menandatangani kontrak. Banyak orang menempuh jalan ini karena membuat iPhone lebih mudah diakses. Perangkat ini terikat ke operator yang bersangkutan, dan kartu SIM dari operator lain tidak kompatibel.

Namun, beberapa di antaranya bersedia membayar jumlah total di muka untuk memiliki ponsel yang tidak terkunci dan tidak terikat komitmen multi-tahun.

Saat membeli iPhone langsung dari Apple bisa nyaman, mungkin membuat Anda bertanya-tanya tentang operator mana yang dapat Anda gunakan. Inilah semua yang harus Anda ketahui untuk menavigasi masalah ini.

Apakah iPhone yang Tidak Terkunci Bekerja Dengan Operator Apa Pun?

Jawaban singkat dan langsungnya adalah – ya. Jika Anda memiliki iPhone yang tidak terkunci, itu akan bekerja dengan semua perusahaan telepon seluler besar. Itu termasuk semua operator terkemuka, seperti Verizon, T-Mobile, Sprint, dan AT&T.

Selama operator setidaknya mendukung sistem radio Global System for Mobiles (GSM) atau Code Division Multiple Access (CDMA), Anda dapat menggunakan dengan iPhone yang tidak terkunci.

Jika Anda memiliki iPhone yang terkunci sebelumnya dan ingin beralih ke operator lain, ingatlah bahwa Anda harus mendapatkan kartu SIM baru. Namun, Anda mungkin dapat menyimpan nomor telepon Anda jika Anda tinggal di wilayah geografis yang sama.

Dapatkah Anda Menggunakan Lebih dari Satu Operator Sekaligus?

Memang, Anda bisa. Dengan iPhone yang tidak terkunci, Anda dapat memiliki kartu SIM sebanyak yang Anda inginkan. SIM harus aktif, dan Anda harus berada di lokasi di mana operator memiliki jangkauan.

Jika iPhone Anda tidak memiliki fitur Dual SIM, Anda harus mengeluarkan kartu SIM setiap kali secara manual. Ini bisa rumit, dan Anda harus berhati-hati agar tidak merusak kartu SIM selama penggantian.

Namun, jika Anda memiliki iPhone 11/12/XS/XR, Anda memiliki opsi untuk menggunakan dua operator secara bersamaan. Anda dapat menggunakan satu kartu SIM fisik bersama dengan SIM berbasis perangkat lunak yang disebut eSIM.

Cara Menyiapkan eSIM pada iPhone yang Tidak Terkunci

Langkah pertama adalah memilih operator seluler yang menawarkan layanan eSIM. Anda dapat melihat daftar perusahaan dan melihat mana yang memiliki penawaran terbaik.

Ketika Anda memilih operator, mereka akan memberi Anda kode QR untuk memindai dan mengatur eSIM atau menggunakan aplikasi seluler operator untuk menyelesaikan penginstalan.

Menggunakan eSIM sangat berguna bagi mereka yang bepergian karena memfasilitasi akses yang lebih cepat ke operator lokal. Jika iPhone Anda tidak terkunci, Anda dapat memanfaatkan fitur Dual SIM secara maksimal.

Cara Memeriksa apakah iPhone Anda Tidak Terkunci

Jika Anda sudah lama menggunakan iPhone, Anda mungkin tidak yakin apakah iPhone Anda tidak terkunci atau tidak. Jadi, sebelum membeli kartu SIM dari operator lain, ada baiknya untuk memastikan bahwa Anda benar-benar dapat menggunakannya. Ada cara mudah untuk memeriksa apakah iPhone Anda tidak terkunci atau tidak. Inilah yang harus Anda lakukan:
Buka aplikasi “Pengaturan” di iPhone Anda. Pilih “Umum” diikuti oleh “Tentang.” Pilih opsi “Kunci Operator”.
Jika Anda membaca “Tidak ada batasan SIM”, itu berarti iPhone Anda tidak terkunci, dan Anda dapat menggunakannya dengan perusahaan telepon lain.

Cara Membuka Kunci iPhone

Ada banyak keuntungan menggunakan iPhone yang tidak terkunci, dan fleksibilitas ada di urutan teratas daftar. Jika Anda telah membeli ponsel dari operator dan membayarnya secara penuh melalui cicilan, ponsel tersebut memenuhi syarat untuk membuka kunci resmi. Namun, Anda perlu menghubungi operator Anda secara langsung dan meminta mereka meninjau akun Anda dan membuka kunci ponsel Anda.

Seluruh proses mungkin memakan waktu beberapa hari, tetapi operator akan memberi tahu Anda ketika iPhone Anda telah dibuka kuncinya. Yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan kartu SIM yang ada dan memasukkan kartu SIM dari operator baru. Setelah Anda menghidupkan ponsel, kartu SIM baru akan aktif.

Namun, perlu diingat bahwa Anda juga dapat membeli ponsel baru yang tidak terkunci langsung dari Apple. Perangkat ini tidak terkunci secara default dan dapat digunakan dengan operator apa pun sejak saat pembelian.

Apakah iPhone Jailbroken Sama dengan Tidak Terkunci?

Istilah “tidak terkunci” dan “jailbroken” dalam konteks iPhone sering digunakan secara bergantian, tetapi mereka tidak sama sama sekali. Ponsel yang tidak terkunci hanyalah perangkat yang dapat Anda gunakan dengan operator apa pun, dan kewajiban kontraktual apa pun dengan operator tempat Anda membeli perangkat telah kedaluwarsa.

Di sisi lain, Anda tidak dapat membeli ponsel yang sudah di-jailbreak dari Apple.

Jika Anda jailbreak iPhone, Anda membatalkan garansi apa pun yang Anda miliki dengan operator atau pabrikan. Meskipun pengguna bebas melakukan jailbreak pada perangkat mereka, tindakan ini membuat mereka tidak terlindungi.

Jailbreaking sering disalahartikan dengan membuka kunci ponsel karena Anda dapat memilih operator di kedua kasus.

Namun, dengan jailbreak, Anda juga dapat mengubah pengaturan sistem iPhone dan menggunakan ketiga -aplikasi pihak Anda sebaliknya tidak bisa. Biasanya, pengembang aplikasi yang menggunakan iPhone yang sudah di-jailbreak dan mereka yang lebih suka tidak menunggu kontrak berakhir sebelum mereka dapat menggunakan operator lain.

Memilih Operator Anda Secara Bebas

Jika Anda memiliki iPhone yang tidak terkunci, Anda memiliki lebih banyak kebebasan untuk memilih paket telepon yang cocok untuk Anda. Meskipun membeli iPhone dan menandatangani kontrak dengan operator adalah hal yang praktis, namun ada beberapa kelemahannya.

Kita sering kali membuat komitmen yang tampaknya tidak terlalu bagus dalam jangka panjang, hanya karena kita menginginkan iPhone baru. Namun, setelah durasi kontrak berakhir, Anda dapat secara resmi meminta operator untuk membuka kunci iPhone Anda. Jika Anda bersedia membayar harga penuh di muka, Anda dapat membeli telepon langsung dari Apple. Either way, setelah iPhone Anda tidak terkunci, Anda dapat menggunakan operator seluler utama di AS.

Apakah Anda memiliki iPhone yang tidak terkunci? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.