Bisakah VPN Meningkatkan Kecepatan Internet Anda?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

VPN suka menganggap semua jenis kekuatan luar biasa untuk VPN mereka. Beberapa akan mengatakan bahwa mereka dapat menawarkan anonimitas lengkap saat menjelajah, sementara beberapa VPN yang tidak dapat dipercaya bahkan dapat mengklaim untuk melindungi Anda dari peretas. Namun, salah satu contoh yang lebih aneh adalah mengklaim bahwa VPN benar-benar dapat mempercepat koneksi internet Anda.

Mengapa VPN Memperlambat Koneksi Anda?

Mari kita perjelas satu hal sejak awal: VPN tidak dapat mempercepat koneksi Anda dalam keadaan normal— ada satu pengecualian yang akan kita bicarakan nanti. Klaim apa pun yang bertentangan hanyalah omong kosong atau seseorang melakukan pekerjaan yang buruk dalam melakukan tes kecepatan mereka.

Ini karena sifat koneksi VPN. Ketika Anda terhubung ke internet secara normal, Anda terhubung ke server milik penyedia layanan internet (ISP) Anda dan kemudian ke situs yang ingin Anda kunjungi. Saat menggunakan VPN, Anda merutekan ulang koneksi, jadi dari server ISP Anda ke server VPN dan baru kemudian ke situs.

Jarak Penting

Perutean ulang ini adalah alasan utama Anda mengalami pelambatan. Saat Anda terhubung ke internet, Anda mengirim informasi melalui koneksi dan Anda mendapatkan informasi kembali. Semakin jauh data perlu melakukan perjalanan, semakin lama waktu yang dibutuhkan; hanya karena itu ada dalam bentuk digital tidak berarti itu dibebaskan dari hukum fisika.

Ini adalah sesuatu yang dapat Anda perhatikan saat mengunduh file besar. Secara umum, menghubungkan ke server di sisi lain dunia jauh lebih lambat daripada yang terletak di ujung jalan. Efek ini diperkuat saat menggunakan VPN. Server yang terletak di kota atau negara yang sama dengan Anda akan mendapatkan hasil kecepatan yang lebih baik daripada server di sisi lain benua.

Namun, bahkan server yang terletak hanya beberapa mil dari Anda akan memperlambat koneksi Anda, meskipun hanya dengan beberapa poin persentase. Ini bukan hanya karena masih ada beberapa perjalanan tambahan yang terjadi, tetapi juga karena dua faktor penting lainnya, yaitu beban server dan enkripsi.

Faktor Lainnya

Ketika Anda menggunakan VPN, data yang Anda kirim dienkripsi di akhir koneksi Anda dan kemudian didekripsi di sisi lain, ketika Anda sampai ke situs yang ingin Anda kunjungi. Proses ini membutuhkan waktu, tidak banyak, tetapi terlihat. Jika Anda mengirim data tidak terenkripsi, Anda mungkin akan melihat perbedaan kecil dalam kecepatan.

Faktor penting lainnya adalah beban server, atau berapa banyak orang yang menggunakan server VPN saat Anda terhubung. Tidak peduli seberapa dekat servernya, jika lalu lintasnya kelebihan beban, itu akan memperlambat koneksi Anda.

Dari semua faktor ini—ditambah beberapa faktor kecil yang berdampak jauh lebih kecil—jarak adalah masalah terbesar, dengan beban server dan enkripsi datang di tempat kedua dan ketiga, masing-masing. Namun, salah satu faktor ini mencegah kecepatan koneksi VPN menjadi lebih cepat daripada koneksi yang tidak terlindungi.NbspSpeed ​​Test Errors

Hal itu menimbulkan pertanyaan mengapa begitu banyak pengguna—dan pengulas—kadang-kadang akan mengklaim bahwa VPN mereka mempercepat koneksi mereka. Ini bisa disebabkan oleh salah satu dari dua hal, kemungkinan besar adalah mereka tidak terlalu berhati-hati dalam melakukan tes kecepatan.

Secara umum, Anda menguji kecepatan VPN dengan terlebih dahulu mengukur seberapa cepat koneksi yang tidak terlindungi dan kemudian mengukurnya lagi dengan VPNnya aktif. Pengukuran kedua harus selalu lebih rendah dari yang pertama, tetapi kadang-kadang akan keluar lebih tinggi. Jadi apa hasilnya?

Ketika Anda terhubung ke internet, dengan atau tanpa VPN, Anda selalu harus terhubung ke server ISP Anda. Seperti server mana pun, server ini juga dapat mengalami beban berat atau hal lain yang memengaruhi kecepatan Anda. Jika pengukuran pertama Anda terjadi pada salah satu masalah tersebut dan pengukuran kedua Anda tidak, kemungkinan besar hasilnya lebih tinggi.

Masalahnya, koneksi internet adalah hal yang berubah-ubah, dan tidak mungkin Anda dapat mengukurnya sekali dan menyebutnya sehari. Inilah sebabnya mengapa dalam ulasan Surfshark kami, misalnya, kami mengukur kinerjanya beberapa kali dengan interval beberapa jam. Ini satu-satunya cara untuk mendapatkan hasil yang andal.

Kapan VPN Dapat Mempercepat Koneksi?

Namun, ada pengecualian untuk semua hal di atas, satu kasus di mana VPN dapat mempercepat koneksi internet Anda, yaitu ketika ada semacam blokir pada koneksi yang diatur oleh ISP Anda. Biasanya disebut bandwidth throttle, ini adalah sistem yang membatasi kecepatan koneksi Anda secara artifisial.

Throttle bandwidth dapat diatur oleh ISP Anda jika beban pada sistem terlalu tinggi, atau jika pengguna tertentu terlihat menggunakan terlalu banyak bandwidth pada suatu waktu. waktu sibuk hari. Mereka juga dapat digunakan di negara-negara tanpa netralitas bersih, seperti A.S., jika Anda mengunjungi situs-situs yang dianggap ISP Anda di luar paket Anda.

Pembatasan bandwidth mengganggu, terutama jika mereka mendorong kecepatan Anda di bawah apa yang dapat diterima untuk penjelajahan atau streaming normal. Dalam kasus ini, dan hanya dalam kasus ini, VPN dapat memberikan kelegaan karena VPN ini dapat menghindari throttle dalam banyak kasus dan dengan demikian membawa Anda kembali ke kecepatan yang layak.

Namun, dalam kasus lain, VPN hanya dapat memperlambat koneksi Anda, tidak peduli apa yang dikatakan penyedia VPN kepada Anda. Apa yang membedakan VPN cepat dari VPN lambat hanyalah bahwa yang pertama kurang lambat daripada yang terakhir.

Itulah berita seputar Bisakah VPN Meningkatkan Kecepatan Internet Anda?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.