Bisakah Wi-Fi Publik Dipantau?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jaringan Wi-Fi publik
nyaman bagi banyak orang dalam perjalanan mereka karena umum di bar, kafe, dan area lain dengan lalu lintas pejalan kaki yang tinggi. Namun, keamanan jaringan ini selalu dipertanyakan.

Jika Anda bertanya-tanya apakah Wi-Fi publik dapat dipantau, jawaban singkatnya adalah “ya”. Dalam artikel ini, kami akan mempelajari topik ini lebih dalam dan memberikan beberapa tips praktis yang dapat membuat Anda tetap aman saat menjelajahi internet.

Jadi, teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Siapa yang Mungkin Menonton Penggunaan Wifi Publik saya?

Ya, Wi-Fi publik dapat dipantau. Pertama, data yang dikirimkan pada jaringan Wi-Fi publik tidak dienkripsi. Itu dikirim sebagai teks biasa dan dapat dilihat oleh siapa saja yang memiliki akses ke panel admin. Lebih buruk lagi, siapa pun yang terhubung ke jaringan masih dapat melihat data jika mereka memiliki alat dan program khusus.

Banyak router modern mencatat informasi tentang perangkat yang terhubung ke Wi-Fi yang dihasilkannya. Jadi, mereka mungkin menampilkan pemilik Wi-Fi:
Waktu perangkat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi.URL situs yang Anda kunjungi saat Anda terhubung ke jaringan.Jumlah waktu yang Anda habiskan untuk terhubung ke jaringan.Anda riwayat penjelajahan, termasuk istilah pencarian yang Anda gunakan saat terhubung ke jaringan.Data spesifik yang dikirimkan di situs web yang Anda kunjungi.Alamat IP perangkat yang Anda gunakan untuk terhubung ke Wi-Fi.
Jenis data yang dicatat tergantung pada router yang digunakan dan ditampilkan secara berbeda. Namun, satu hal yang konsisten – mereka semua melacak riwayat pencarian Anda. Beberapa pemilik Wi-Fi bahkan mungkin menggunakan alat mata-mata untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang aktivitas internet Anda. Begitu mereka memiliki data, mereka dapat menggunakannya sesuai keinginan mereka. Misalnya, beberapa pemilik mungkin menjualnya ke perusahaan pemasaran yang mungkin juga menggunakannya untuk menargetkan Anda dengan iklan yang disesuaikan.

Namun, sebagian besar risiko pelacakan telah banyak dikurangi dengan meluasnya penggunaan protokol HTTPS. Ini sangat meningkatkan keamanan bahkan pada Wi-Fi publik karena semua situs web yang menggunakan HTTPS melewati data acak dan aman terlepas dari koneksi internet.

Cara Memantau Data pada Wi-Fi Publik Jika Anda Bukan Admin

Seperti yang disebutkan sebelumnya, siapa pun — termasuk Anda — dapat melihat data yang dikirimkan pada jaringan Wi-Fi publik karena tidak terenkripsi. Namun, tidak seperti admin jaringan, Anda memerlukan beberapa alat khusus untuk menyelesaikan prosesnya. Ini termasuk adaptor Wi-Fi yang mendukung mode “monitor” dan Kali Linux. Hal yang baik dengan Kali Linux adalah Anda dapat menjalankannya secara virtual. Anda tidak perlu menginstalnya di mesin fisik Anda jika Anda tidak mau. Distribusi Linux lainnya, seperti Ubuntu, juga dapat menyelesaikan pekerjaan, tetapi Anda perlu menginstal alat yang diperlukan secara manual.

Anda juga memerlukan program yang memungkinkan kami menilai keamanan jaringan Wi-Fi publik. Untuk tutorial ini, kami akan menggunakan program aircrack-ng karena mudah untuk memulai dan memiliki semua alat yang Anda perlukan untuk menilai jaringan. Setelah Anda menyiapkan alat, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mulai memantau data yang sedang dikirim di jaringan Wi-Fi publik yang Anda gunakan:

Identifikasi Nama Adaptor Jaringan Wi-Fi Anda

Nama default adaptor jaringan Wi-Fi Anda adalah “wlan0”. Namun, Anda dapat memeriksa ulang dengan menjalankan perintah “ifconfig” atau “iwconfig.”

Aktifkan Mode “Monitor”

Untuk memasukkan adaptor ke mode “monitor”, jalankan perintah berikut:

airmon-ng start wlan0

Perintah di atas juga akan membuat antarmuka virtual yang memungkinkan Anda memantau paket jaringan Wi-Fi. Untuk melihat antarmuka ini, jalankan perintah”iwconfig.”

Harap dicatat bahwa semua kartu tidak mendukung mode monitor. Jadi, Anda harus memastikan bahwa adaptor yang Anda beli kompatibel dengan mode ini.

Tentukan Frekuensi Yang Ingin Anda Gunakan

Untuk memantau lalu lintas menggunakan mode monitor, Anda perlu menentukan kanal frekuensi yang ingin Anda gunakan. Beberapa saluran paling populer termasuk 1, 6, dan 11 karena berjauhan dan tidak tumpang tindih. Setelah Anda memilih frekuensi pilihan Anda, jalankan perintah di bawah ini untuk menangkap semua data:

airodump-ng -c 1 -w allthedata wlan0mon

Harap dicatat bahwa 1 pada perintah di atas menunjukkan saluran yang Anda pilih. Jangan ragu untuk mengganti nomor tersebut dengan saluran pilihan Anda.

Jika Anda telah menyelesaikan langkah-langkah di atas, proses pengambilan data akan segera dimulai. Data yang ditangkap ditulis ke folder bernama “allthedata-01.cap.” Anda dapat membiarkan perintah berjalan selama Anda mau. Tekan tombol “Ctrl” + “C” untuk keluar dari proses.

Sekarang, Anda memiliki semua data lalu lintas yang Anda butuhkan, tetapi Anda harus menyortir dan menganalisisnya untuk mendapatkan informasi yang berarti darinya.

Menganalisis dan Menyortir Data Jaringan yang Diambil

Anda dapat menggunakan berbagai alat untuk menganalisis data yang telah Anda tangkap di atas. Ini termasuk urlsnarf, driftnet, dan dsniff. Misalnya, Anda dapat menggunakan alat urlsnarf untuk menangkap URL yang sedang dikunjungi saat mengambil data. Untuk melakukannya, ketikkan perintah di bawah ini:
nbpurlsnarf -p allthedata-01.cap

Untuk melihat semua kata sandi dalam data yang Anda tangkap, gunakan perintah berikut:

dsniff -p allthedata-01.cap

Harap dicatat bahwa contoh di atas didemonstrasikan untuk pendidikan tujuan saja.

Cara Menjaga Diri Anda Tetap Aman Saat Menggunakan Wi-Fi Publik

Seperti yang Anda lihat, siapa pun dapat memantau data Anda saat Anda terhubung ke Wi-Fi publik. Untungnya, Anda dapat melakukan beberapa hal agar tetap aman saat menggunakan Wi-Fi publik. Ini termasuk

Gunakan Virtual Private Network (VPN)

A VPN adalah cara terbaik untuk mencegah pemilik Wi-Fi publik memantau perilaku internet Anda di router mereka. Itu mengenkripsi data Anda dan memberikan perangkat Anda alamat IP yang berbeda dari alamat sebenarnya. Jadi, meskipun pemilik Wi-Fi dapat melacak riwayat pencarian Anda, mereka tidak dapat melacaknya kembali kepada Anda karena VPN menyembunyikan alamat IP Anda.

Namun tidak semua VPN dapat melindungi Anda. Beberapa — terutama yang gratis — bahkan tidak memiliki server apa pun, sehingga mereka tidak dapat memberi Anda alamat IP yang menyamarkan alamat asli Anda. Lebih buruk lagi, beberapa VPN mungkin menjual data Anda ke pengiklan dan lembaga pemerintah.

Berikut adalah daftar VPN terbaik dengan uji coba gratis untuk memastikan privasi dan anonimitas online Anda.

Jangan Mengunjungi Situs yang Membutuhkan Informasi Sensitif

Karena data yang dikirimkan melalui jaringan Wi-Fi publik tidak dienkripsi, hindari mengunjungi situs yang mengharuskan Anda memasukkan data pribadi informasi, termasuk informasi perbankan dan kata sandi. Sebaiknya isi informasi ini di jaringan pribadi Anda atau melalui data seluler.

Pastikan Situs yang Anda Kunjungi Memiliki HTTPS

HTTPS singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Ini adalah gabungan antara Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dan protokol Secure Socket Layer/Transport Layer Security (SSL/TLS). Data yang dikirimkan menggunakan protokol HTTPS dienkripsi, dan sulit bagi penyerang dan pemilik Wi-Fi untuk melihatnya apalagi mengaksesnya. Meskipun mereka masih dapat melihat situs web yang Anda kunjungi dan berapa banyak waktu yang Anda habiskan di sana, mereka tidak dapat melihat apa yang Anda lakukan saat mengunjunginya.

Aktifkan Autentikasi Dua Faktor di Situs Web Dengan Informasi Sensitif 

Jika Anda mengunjungi jaringan sensitif, pastikan Anda mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA). Penyerang mungkin dapat menemukan nama pengguna dan kata sandi untuk situs web ini, tetapi jika mereka tidak memiliki kode autentikasi dua faktor, mereka tidak akan dapat masuk ke akun.

Jelajahi Internet Menggunakan Mesin Pencari Pribadi

Untungnya , beberapa mesin telusur menghargai privasi penggunanya, seperti DuckDuckGo dan Startpage. Mesin pencari ini membantu mengenkripsi data Anda dan tidak melacak aktivitas internet Anda. Anda dapat melangkah lebih jauh dan menggunakan browser pribadi seperti Tor. Sayangnya, ISP dapat memblokir akses internet Anda jika mereka mengetahui bahwa Anda menggunakan browser Tor. Selain itu, peretas tingkat lanjut dan pakar keamanan masih dapat memantau apa yang Anda lakukan saat terhubung ke Wi-Fi menggunakan browser ini.

FAQ Tambahan
Apakah pemilik Wi-Fi masih dapat memantau aktivitas internet saya jika saya menjelajahi internet melalui mode penyamaran?

Sayangnya, penjelajahan internet melalui mode penyamaran tidak mencegah pemilik jaringan untuk melihat apa yang Anda jelajahi. Mode penyamaran hanya mencegah ponsel Anda melacak perilaku penelusuran Anda. Riwayat pencarian Anda masih tercatat di router Wi-Fi yang Anda gunakan.
Siapa lagi yang dapat memantau aktivitas internet saya?

Penyedia layanan internet Anda juga dapat memantau aktivitas internet Anda. Misalnya, mereka dapat melihat situs yang Anda kunjungi, waktu yang Anda habiskan di sana, browser yang Anda gunakan, dll. Bergantung pada undang-undang privasi digital di wilayah Anda, beberapa ISP dapat melangkah lebih jauh dan mengumpulkan alamat IP Anda bersama dengan data geografis Anda. Mereka kemudian dapat menjual data ini ke perusahaan periklanan, dan pada gilirannya, tambak ini dapat menggunakannya untuk mengirimkan iklan yang disesuaikan. Kadang-kadang ISP dapat memantau berapa banyak bandwidth yang Anda gunakan dan memutuskan untuk membatasi Anda. Pelambatan bandwidth berarti ISP menurunkan kecepatan internet Anda sehingga server mereka tidak kewalahan selama jam sibuk. Cara terbaik untuk mencegah ISP Anda memantau perilaku internet Anda adalah dengan menggunakan VPN yang aman atau mesin pencari pribadi.
Apakah menghapus riwayat penelusuran saya menghapus data saya dari router pemilik Wi-Fi?

Tidak, menghapus riwayat penelusuran Anda hanya akan menghapus data di perangkat Anda. Log Anda masih dapat dilihat di router pemilik Wi-Fi.

Tetap Aman di Jaringan Wi-Fi Publik

Meskipun jaringan Wi-Fi publik nyaman, Anda tidak boleh mengandalkannya jika ingin tetap aman saat online. Data yang dikirimkan pada jaringan ini tidak dienkripsi dan dapat diakses oleh pemilik Wi-Fi dan hampir semua orang yang berada dalam jangkauan sinyal. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk tidak mengunjungi situs web yang mengharuskan Anda mengisi informasi sensitif saat menggunakan Wi-Fi publik. Jika Anda harus mengakses situs web ini, gunakan alat perlindungan seperti VPN untuk mengenkripsi dan mengirimkan data Anda dengan aman.

Bagaimana Anda melindungi diri saat menggunakan Wi-Fi publik? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.