Cara Benar Mengatur variabel $PATH di Bash

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Bash adalah akronim dari Bourne-Again Shell, yang merupakan penerus Bourne Shell yang didistribusikan dengan sebagian besar sistem operasi Linux dan GNU. Muncul dengan beberapa fitur lanjutan dari versi sebelumnya.

PATH adalah variabel lingkungan yang menyimpan jalur direktori yang berisi file yang dapat dieksekusi.
Cara Menyetel Variabel PATH?

Setiap kali Anda perlu menambahkan executable baru dalam variabel PATH, Anda dapat menambahkan itu ke awal direktori lain atau di akhir direktori lain.

Sistem memeriksa setiap executable di bawah direktori yang diatur dalam PATH dari awal hingga akhir. Jika biner yang diperlukan ditemukan di direktori, itu akan mengabaikan sisanya. Jika Anda telah menambahkan executable di akhir, sistem mungkin mengabaikan jika executable ditemukan dengan nama yang sama di direktori yang dikonfigurasi sebelumnya.
Menyiapkan setelah executable lain: export PATH=${PATH}:/opt/maven/ bin1export PATH=${PATH}:/opt/maven/binMenyiapkan sebelum executable lain: export PATH=/opt/maven/bin:${PATH}1export PATH=/opt/maven/bin:${PATH} Info: Kapan menggunakan file /etc/environment, cukup atur jalur tanpa perintah ekspor, seperti: PATH=/opt/maven/bin:${PATH}1PATH=/opt/maven/bin:${PATH}Tempat Mengatur Variabel PATH ?

Ada beberapa skrip yang tersedia di sistem Linux di mana Anda dapat mengatur variabel lingkungan PATH. Script ini dijalankan dalam kondisi yang telah ditentukan. Seperti, beberapa skrip dieksekusi selama startup sistem, dan beberapa di antaranya dieksekusi saat login atau logout pengguna.

Di bawah ini adalah daftar skrip yang dieksekusi dalam kondisi berbeda. Anda dapat memilih salah satunya untuk mengatur variabel PATH.
System-wide Configuration:/etc/bashrc: Skrip ini dipanggil saat startup sistem. Menyetel lingkungan PATH ke file ini akan tersedia untuk semua pengguna. /etc/bash.bashrc: Skrip ini dipanggil untuk shell interaktif dan login. /etc/profile: Skrip ini dipanggil dengan shell login saja. /etc/profile.d/*.sh: Semua skrip dengan ekstensi “.sh” dipanggil oleh skrip /etc/profile. /etc/environment: Ini adalah file pertama yang digunakan sistem operasi saat login. Ini secara khusus digunakan untuk mengatur variabel lingkungan. File ini tidak perlu menggunakan kata kunci “ekspor”. Konfigurasi tingkat pengguna:$HOME/.bashrc: File ini dipanggil untuk shell non-login. $HOME/.profile: File ini dipanggil untuk shell login. Juga, file ini memanggil skrip ~/.bashrc. Kesimpulan

Variabel lingkungan PATH adalah bagian penting dari Linux dan sistem operasi berbasis GNU lainnya. Anda harus berhati-hati sebelum mengatur variabel PATH.

Referensi tecadmin.com