Cara Beralih Dari Kamera Laptop ke Webcam

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Kamera
Laptop biasanya tidak memiliki resolusi tinggi, sehingga banyak pengguna laptop membeli webcam sebagai penggantinya. Namun, sebelum Anda dapat menggunakan perangkat keras baru, Anda perlu mengalihkan kamera laptop Anda ke webcam.

Proses peralihan ini cukup mudah. Pada artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk beralih dari kamera laptop ke webcam di PC Windows dan Mac.

Cara Beralih Dari Kamera Laptop ke Webcam di PC Windows

Kamera eksternal sangat ideal untuk pengguna PC yang ingin untuk memanfaatkan fungsi seperti menggeser dan pelacakan otomatis, merekam video, atau berpartisipasi dalam obrolan video. Sebagian besar webcam juga menawarkan resolusi video yang lebih baik daripada kamera laptop standar.

Tetapi untuk menggunakannya untuk obrolan video dan perekaman video, Anda harus terlebih dahulu mematikan webcam bawaan laptop Anda. Kemudian Anda harus mengonfigurasi webcam eksternal sebagai webcam utama agar dapat beroperasi dengan program Windows lainnya.

Di sini Anda akan menemukan langkah-langkah untuk beralih dari kamera laptop ke webcam pada versi Windows yang berbeda.

Windows 11

Jika Anda melihat webcam di bawah kategori “Perangkat dan printer” saat Anda menghubungkannya ke PC, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka dialog Run dengan menekan tombol Windows + R.Untuk mengakses Control Panel.Masukkan “control” di kotak dialog Run dan tekan “Enter .”Setel” Opsi Lihat menurut” ke “Ikon besar” atau “Ikon kecil” di pojok kanan atas jendela. Pilih “Perangkat dan Printer”. Temukan webcam sekunder/eksternal Anda dan klik kanan padanya.Untuk menyetel kamera web sebagai default, klik “Set as Default Device.”
Namun, jika webcam Anda tidak muncul di bagian “Devices and printers” saat terhubung, coba nonaktifkan kamera laptop Anda dengan langkah berikut:
Gunakan tombol Windows + pintasan tombol R untuk membuka kotak dialog Jalankan.Akses “Pengelola Perangkat” dengan en tering “devmgmt.msc” di kotak dialog Jalankan dan tekan “Enter.” Di “Pengelola Perangkat”, buka daftar perangkat yang diinstal ke bagian “Kamera” dan pilih. Pilih “Nonaktifkan perangkat” dengan mengklik kanan ikon webcam internal.Lakukan ini untuk setiap kamera tambahan yang telah Anda tempatkan di sistem Anda.
Sekarang setelah kamera laptop Anda dinonaktifkan, laptop Anda akan secara otomatis mengakses webcam Anda saat dibutuhkan.

Windows 10

Pada Windows 10, Anda juga dapat beralih antara kamera laptop dan webcam dalam beberapa cara berbeda.

Untuk menonaktifkan kamera laptop, ikuti langkah-langkah berikut:
Secara bersamaan tekan pintasan Windows + X dan pilih “Pengelola Perangkat” dari daftar. Klik dua kali menu tarik-turun berlabel “Perangkat Pencitraan.” Pilih ” Nonaktifkan” di sebelah nama webcam internal. Coba gunakan program dan amati apakah masalahnya tetap ada.
Cara lain adalah dengan menyetel webcam sebagai perangkat default. Begini cara melakukannya:
Tekan Windows + S dan ketik “Control Panel.” Pilih item pertama dan klik “View Devices and Printers” di bawah “Hardware and Sound.” Konfirmasikan bahwa webcam ada di sana. Jika ini masalahnya, kan -klik webcam dan pilih “Set this device as the default.”
Cara Beralih Dari Kamera Laptop ke Webcam di Mac

Kamera iSight yang sudah terpasang di komputer Mac tidak dapat diganti dengan webcam eksternal, tetapi ada solusi sederhana. Anda dapat merekam diri sendiri atau mengobrol melalui webcam eksternal. Berikut cara melakukannya:
Hubungkan kamera ke komputer melalui kabel USB. Atau, jika Anda memiliki webcam Bluetooth, sambungkan melalui Bluetooth dengan Mac Anda. Tunggu hingga komputer mengenali webcam eksternal. Mungkin perlu 10-15 detik untuk menemukannya. Pilih perangkat lunak “Photo Booth” dari dok aplikasi di bagian bawah layar. Buka kamera dengan memilih “Camera” di bilah menu di atas halaman. Pilih eksternal webcam dari daftar opsi yang tersedia di daftar drop-down.
Laptop akan beralih ke webcam eksternal dari webcam iSight biasa. Demi konsistensi, penyesuaian ini akan diterapkan ke semua aplikasi Mac lain yang diinstal.

Tanya Jawab Umum Tambahan
Mengapa Saya Tidak Dapat Beralih Dari Kamera Laptop Saya ke Webcam Saya?

Jika Anda mengikuti semua langkah dan masih tidak dapat mengakses webcam Anda, ada adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya. Coba sambungkan kamera ke komputer lain. Jika Anda mengalami masalah dengannya di banyak PC, kemungkinan besar masalahnya ada pada webcam.

Terlihat Lebih Baik di Panggilan Video Menggunakan Laptop Anda

Beralih dari kamera laptop ke webcam cepat dan mudah di perangkat Mac dan Windows.

Demikian pula, jika Anda menggunakan platform obrolan video eksternal apa pun, Anda dapat menyesuaikan kamera default aplikasi dengan membuka opsi aplikasi dari bilah menu. Prosesnya harus sangat mirip dengan apa yang kami uraikan dalam artikel ini, terlepas dari apakah Anda menggunakan WhatsApp, WebEx, atau salah satu dari banyak aplikasi dan layanan panggilan video lain yang tersedia.

Apakah Anda menggunakan kamera laptop atau webcam? Apakah Anda pikir kamera laptop sudah cukup, atau Anda lebih suka webcam? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!