Cara Berbagi Foto dari Android ke iPhone

Tautan Perangkat AndroidiPhonePerangkat Hilang?
Kesenjangan antara pengguna Android dan iPhone selalu lebar. Tetapi terlepas dari sisi mana Anda berada dalam pertempuran tanpa akhir ini, akan tiba saatnya ketika Anda perlu menemukan bahasa yang sama. Berbagi foto dari Android ke iPhone adalah salah satunya.

Apakah Anda baru saja beralih ke perangkat baru dan perlu mentransfer data? Atau apakah Anda ingin mengirim foto ke teman menggunakan sistem operasi seluler yang berbeda? Ada beberapa cara untuk berbagi foto antara perangkat Android dan iPhone secara efisien. Berikut adalah beberapa opsi yang Anda inginkan.

Berbagi Foto Menggunakan Aplikasi Google Foto

Google Foto adalah aplikasi penyimpanan foto gratis yang juga merupakan alat praktis untuk berbagi foto dalam jumlah besar. Anda mungkin sudah menginstal aplikasi di perangkat Android Anda. Untungnya, aplikasi tidak perlu dipasang di iPhone untuk berbagi foto antara Android dan iPhone. Penerima akan dapat mengakses album Anda bahkan tanpa akun Google.

Namun, jika Anda berniat menggunakan Google Foto untuk berbagi foto dalam jangka panjang, memiliki aplikasi di kedua ujungnya akan memaksimalkan fungsinya. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.

Cara berbagi foto menggunakan Google Foto:
Buka Google Foto di perangkat Android Anda dan ketuk “Berbagi” di menu bawah. Cari opsi “Buat album bersama” ( yang pertama di atas). Beri nama album Anda dan ketuk tanda plus untuk memilih foto yang ingin Anda bagikan. Ketuk “Bagikan” di sudut kanan atas setelah Anda menambahkan semuanya.
Di menu yang muncul, Anda akan mendapatkan opsi untuk mengundang seseorang (jika mereka memiliki akun Google) atau cukup buat tautan yang dapat dibagikan. Pengguna iPhone akan dapat mengunduh foto Anda dalam kedua kasus tersebut.

Berbagi Foto Dengan Snapdrop

AirDropping adalah fungsi populer yang eksklusif untuk iOS yang memungkinkan pertukaran data cepat dan mudah dengan perangkat terdekat. Android juga telah datang dengan versinya sendiri, yang disebut Nearby Share. Namun, kedua sistem operasi masih tidak dapat berkomunikasi satu sama lain dengan cara ini. Namun demikian, Anda masih dapat berbagi foto dengan perangkat terdekat dengan bantuan alat gratis.

Snapdrop adalah aplikasi browser untuk berbagi lokal. Anda dapat dengan cepat mengirim file antara sistem operasi apa pun dengan bantuan alat ini. Anda tidak perlu mengunduh atau menginstal apa pun selama perangkat Anda memiliki browser.

Cara menggunakan Snapdrop:
Pastikan kedua perangkat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.Buka situs web Snapdrop di kedua perangkat. Perangkat lain akan segera muncul di kedua layar. Ketuk layar pada perangkat pengirim dan telusuri file yang ingin Anda bagikan. Saat transfer selesai, penerima akan mendapatkan pesan pop-up. Setelah mereka menerima file, file itu akan diunduh di perangkat mereka.
Berbagi Foto dalam Email

Jika Anda hanya ingin mentransfer satu atau dua file, tidak perlu terlalu memperumit prosesnya. Cukup kirim gambar ke penerima dalam email. Ini adalah cara aman untuk mentransfer data apa pun.
Buka aplikasi email Anda dan buat email baru. Temukan penerima di daftar kontak Anda. Lampirkan file yang ingin Anda kirim. Perhatikan bahwa ukurannya kemungkinan akan terbatas. Gmail, misalnya, memiliki batas 25 MB untuk lampiran email. Ketuk “Kirim”, dan voila!
Gunakan Aplikasi Transfer Foto

Jika kebutuhan transfer Anda lebih besar, lampiran email 25 MB tidak akan memotongnya. Untungnya, banyak aplikasi transfer data gratis yang dapat membantu Anda mendapatkan gambar dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Kelemahan dari sebagian besar ini adalah Anda harus menginstalnya di kedua perangkat agar berfungsi. Berikut adalah beberapa aplikasi yang akan melakukan pekerjaan itu:

Pindah ke iOS

Pindah ke iOS dikembangkan secara eksplisit untuk mentransfer data dari Android ke iOS sehingga Anda hanya perlu mengunduhnya di Android. Paling baik digunakan saat mengganti Android Anda dengan iPhone baru; aplikasi ini dapat mentransfer berbagai jenis data selain foto. Meskipun aplikasi meninggalkan banyak hal yang diinginkan, aplikasi ini terus ditingkatkan. Nantikan pembaruan apa pun jika Anda berencana untuk mencobanya!

Send Anywhere

Send Anywhere adalah aplikasi praktis untuk pertukaran cepat. Itu perlu diunduh di kedua perangkat untuk memungkinkan transfer. Setelah memilih file, pengirim akan mendapatkan PIN dan kode QR yang dapat dipindai oleh pihak lain. Penerima perlu mengaktifkan mode “Terima” sebelum mereka dapat memasukkan kode.

Aplikasi ini juga memungkinkan untuk berbagi dengan banyak orang secara bersamaan. Dalam hal ini, pengirim akan mengunggah file dan menerima URL yang dapat mereka bagikan.

Xender

Xender adalah alat hebat lainnya untuk berbagi nirkabel dengan cepat di seluruh platform. Karena didukung iklan, ini sepenuhnya gratis. Menggunakan Wi-Fi langsung dan dapat mentransfer foto pada 40 Mbps. Jika Anda membutuhkan cara aman untuk mentransfer data, Anda mungkin ingin mencobanya.

SHAREit

SHAREit adalah alat lain untuk mentransfer foto. Ini agak lebih lambat dari Xender, dengan kecepatan transfer 20 Mbps. Namun, ia memiliki antarmuka yang sangat intuitif yang membuatnya mudah dinavigasi. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mentransfer folder secara keseluruhan dan mendukung lebih banyak jenis data daripada Xender.

Tentu saja, versi gratisnya akan disertai dengan iklan, tetapi Anda juga dapat meningkatkannya ke premium.

Aplikasi Penyimpanan Cloud

Anda juga dapat menggunakan penyimpanan cloud untuk mentransfer foto , apakah Anda lebih suka Dropbox, Google Drive, atau platform serupa lainnya. Perlu diingat, bahwa versi gratis menawarkan penyimpanan terbatas.

Pindahkan Foto Secara Manual

Jika ada banyak data yang ingin Anda transfer, menggunakan komputer Anda mungkin merupakan solusi yang paling dapat diandalkan. Metode jadul ini mudah dan tidak harus bergantung pada koneksi internet.
Menggunakan kabel USB, sambungkan Android Anda ke komputer. Anda mungkin perlu memilih opsi “Transfer File” di ponsel Anda untuk terhubung. Jelajahi foto-foto di perangkat Anda dengan membuka folder DCIM di penyimpanan Android Anda. Di Mac, Anda memerlukan alat yang disebut Android File Transfer untuk membuka folder tersebut. Salin file yang ingin Anda bagikan ke komputer Anda dan putuskan sambungan Android Anda. Hubungkan iPhone Anda dan sinkronkan gambar dengan iTunes Anda. Atau, gunakan iCloud untuk mentransfer foto ke perangkat secara nirkabel.
Anda juga dapat AirDrop file ke iPhone jika Anda menggunakan Mac. Di macOS Catalina, Anda akan dapat menyinkronkan data menggunakan Finder.

Tanya Jawab Umum Tambahan
Dapatkah saya mengirim foto dari Android ke iPhone melalui Bluetooth?

Sayangnya, meskipun Anda dapat menghubungkan kedua perangkat melalui Bluetooth, gambar Anda tidak akan dapat terkirim. Bukan karena ada yang rusak. Itu hanya karena perangkat Apple diprogram dengan cara ini. Untungnya, ada banyak alternatif untuk transfer Bluetooth.
Bisakah saya menggunakan AirDrop untuk mengirim foto dari Android ke iPhone?

Android tidak memiliki fungsi Airdrop. Namun, Anda dapat menggunakan alat serupa bernama Snapdrop yang memungkinkan kedua sistem operasi berkomunikasi.
Dapatkah saya mentransfer foto dari Android ke iPhone tanpa internet?

Menggunakan metode transfer manual, Anda dapat mentransfer foto tanpa koneksi internet. Salin gambar ke komputer, sambungkan iPhone, dan transfer gambar menggunakan Windows Explorer atau aplikasi manajemen file khusus.

Kirim Foto Secara Efisien ke Semua Ponsel

Mengirim data dari Android ke iPhone mungkin merupakan tantangan di masa lalu. Saat ini, ada banyak cara untuk menyelesaikannya secara efisien. Cobalah beberapa metode pengiriman foto ini untuk menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apakah Anda memiliki pengalaman dengan salah satu aplikasi dan situs web di atas? Atau apakah Anda masih mencari cara paling andal untuk berbagi foto dan file lain dengan teman Anda? Beri tahu kami di komentar!