Cara Downgrade ke Windows 10 dari

Anda telah beralih ke Windows 11, tetapi ada yang tidak beres. Antarmuka mungkin tidak cocok untuk Anda, atau Anda tidak terbiasa dengan posisi baru menu Mulai. Bagaimanapun, Anda ingin kembali ke Windows 10, tetapi bagaimana melakukannya?

Dalam entri ini, kami akan memberi Anda panduan mendetail tentang cara menurunkan versi ke Windows 10 dari Windows 11. ke sistem operasi favorit Anda dan nikmati pengalaman PC Anda sekali lagi.

Cara Downgrade ke Windows 10 dari Windows 11

Mengonfigurasi ulang Windows 10 seharusnya tidak terlalu sulit. Namun, Anda hanya dapat melakukannya dalam waktu 10 hari setelah memutakhirkan ke Windows 11. Melakukannya dalam jangka waktu ini memungkinkan Anda untuk menyimpan data dan file Anda. Setelah kedaluwarsa, Anda harus mencadangkan sistem dan menginstal OS dari awal.

Pertama, mari kita lihat bagaimana Anda dapat menurunkan versi ke Windows 10 dalam 10 hari pertama:
Luncurkan “Pengaturan.” Arahkan ke “Sistem,” diikuti oleh “Pemulihan.” Tekan tombol “Kembali”. Di layar ini, pilih alasan Anda ingin kembali ke Windows 10 dan tekan “Berikutnya.” Klik tombol “Periksa pembaruan”. Jika ini tidak berhasil, tekan “Tidak, terima kasih.” Buka informasi di jendela berikutnya dengan hati-hati dan tekan “Berikutnya” ketika Anda siap untuk melanjutkan. Ingat kata sandi Windows Anda untuk mencegah sistem mengunci Anda. Pilih “Berikutnya.” Tekan prompt untuk kembali ke Windows 10. Tunggu hingga sistem dimulai ulang. Ini mungkin memakan waktu, tergantung pada data dan PC Anda. Layar boot sekarang akan muncul, memungkinkan Anda untuk memasukkan kredensial log-in Anda. Setelah log in, periksa versi Anda menggunakan perintah “winver”.
Jika langkah-langkah ini tidak tersedia, jendela 10 hari mungkin telah kedaluwarsa. Untungnya, Anda masih dapat kembali ke OS lama Anda dengan menginstal ulang sistem. Berikut cara melakukannya:
Luncurkan browser Anda dan buka situs web Microsoft. Navigasikan ke halaman unduhan ini. Tekan perintah untuk mengunduh alat penginstalan Windows. Tunggu file diunduh dan klik. Izinkan program untuk membuat perubahan pada komputer dengan menekan tombol “Ya”. Ini akan membuka jendela pengaturan. Terima persyaratan aplikasi. Tekan prompt untuk memutakhirkan PC Anda dan pilih “Berikutnya.” Perangkat lunak sekarang akan mengunduh versi Windows 10 terbaru. Tekan tombol “Berikutnya” dan pilih “Terima.” Pilih ” Tidak ada” pada layar berikut dan pilih “Berikutnya” lagi. Tekan tombol “Instal” untuk memulai instalasi. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat kembali dari sini. Jika Anda belum mencadangkan file, file tersebut akan dihapus. Biarkan penginstalan selesai dan gunakan petunjuk di layar untuk menyiapkan perangkat Anda.
Cara Downgrade ke Windows 10 dari Windows 11 dengan Drive USB

Jika Anda seorang pengguna tingkat lanjut, Anda mungkin ingin mencoba proses yang lebih rumit. Ini melibatkan penurunan versi dari Windows 11 ke Windows 10 menggunakan drive USB. Ingatlah bahwa Anda memerlukan dua PC untuk menyelesaikan tugas:
Buka browser Anda dan buka halaman unduhan Windows 10. Unduh alat dan simpan ke PC Anda. Setelah unduhan selesai, mulai program dan tekan “Terima ” untuk mengotorisasi peluncuran. Pilih perintah untuk menyiapkan media penginstalan untuk komputer lain. Tekan “Berikutnya.” Pilih versi, arsitektur sistem, dan bahasa Windows 10 yang Anda inginkan. Jika Anda tidak diizinkan untuk mengubah pengaturan, gunakan opsi yang disarankan PC untuk melanjutkan. Pilih opsi drive USB dan tekan “Berikutnya.” Pilih USB Anda dari daftar drop-down. Sistem sekarang harus mengunduh file ke drive Anda. Ini mungkin memakan waktu cukup lama jika kecepatan internet Anda rendah, tetapi jangan hentikan prosesnya karena Anda harus memulai dari awal. Colokkan drive USB ke port yang sesuai dan boot komputer Anda. Jika diminta, tekan tombol yang sesuai untuk memulai boot dari USB Anda. Pilih pengaturan keyboard, mata uang, zona waktu, dan bahasa Anda. Tekan “Next,” diikuti dengan “Install Now.” Pilih versi Windows 10 Anda dan tekan “Next” lagi untuk memulai instalasi. Pilih jenis instalasi. Opsi “Tingkatkan” memungkinkan Anda menyimpan file, aplikasi, dan pengaturan Anda, sedangkan fitur “Kustom” memulai instalasi bersih. Pilih yang terakhir untuk memformat sistem sesuai dengan preferensi Anda. Menginstal Windows 10 memerlukan partisi untuk menyimpan file sistem, yang akan menjadi drive (C) utama Anda. Anda dapat memilih dan memformat salah satu partisi yang ada atau menghapusnya untuk membuat penyimpanan baru. Jika Anda menghapus semua partisi, Anda akan membuat ruang yang tidak terisi pada hard drive Anda, dan Anda harus menyiapkan yang baru. Untuk melakukannya, tekan tombol “Baru” dan pilih ukuran partisi. Pilih “Selanjutnya,” tunggu prosesnya selesai, dan klik “OK.” Pilih partisi untuk menginstal Windows 10 dan pilih “Berikutnya.” Instalasi akan dimulai, dan PC Anda mungkin restart beberapa kali. Setelah proses selesai, PC Anda akan reboot lagi. Perangkat akan diluncurkan, dan Anda sekarang harus menyesuaikan pengaturan Anda atau menggunakan pengaturan yang disarankan. Masuk ke akun Anda untuk mengakses fitur Windows 10 terbaru. Atau, lewati langkah ini dan buat akun lokal dengan mengikuti petunjuk di layar. Anda sekarang seharusnya dapat menggunakan Windows 10.
Seamless Transition

Windows 11 dirilis beberapa bulan yang lalu dan masih dalam proses. Biasanya berfungsi dengan baik, tetapi menurunkan versi ke Windows 10 mungkin merupakan keputusan yang bijaksana hingga Microsoft menyelesaikan masalah tertentu.

Kami telah menjelaskan beberapa cara untuk melakukan transisi. Metode pertama adalah yang termudah, tetapi hanya tersedia selama 10 hari setelah peningkatan Anda. Namun, ini tidak berarti semuanya hilang jika periode tersebut berakhir. Anda masih dapat kembali ke OS sebelumnya, tetapi pastikan untuk mencadangkan file Anda sebelumnya.

Bagaimana Anda menilai pengalaman Windows 11 Anda? Apakah Anda mempertimbangkan untuk menurunkan versi ke Windows 10? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.