Cara Gratis Terbaik untuk Mengirim Email Terenkripsi dan Pesan Aman

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

 

Internet membuat komunikasi dengan orang lain menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Dalam hitungan detik, Anda dapat mengobrol dengan seseorang di sisi lain planet ini. Tetapi bagaimana jika Anda ingin berkomunikasi atau mengirim file secara pribadi? Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan enkripsi.

Encryption 101

Encryption, pada dasarnya, melibatkan pengaburan informasi sehingga tidak dapat dibaca oleh siapa pun selain penerima yang dituju. Contoh enkripsi yang sangat mendasar adalah memberi setiap huruf alfabet sebuah angka — seperti a = 1, b = 2, c = 3, dan lain-lain. Anda kemudian dapat mewakili kata-kata sebagai rangkaian angka, dan seseorang yang tidak tahu apa yang telah Anda lakukan tidak akan dapat membaca pesan Anda!

Tentu saja, algoritma enkripsi itu cukup sederhana dan mudah untuk dipecahkan, tetapi Anda dapat dengan mudah menambah kerumitan dengan menggeser penempatan huruf dan angka di sekitar, menambahkan karakter yang tidak masuk akal, dan hal-hal lain seperti itu. Metode enkripsi semacam itu telah digunakan selama ribuan tahun.

 

Algoritme enkripsi modern beroperasi dengan prinsip konseptual yang serupa, meskipun implementasinya jauh lebih kompleks karena kebutuhan. Komputer sangat baik dalam jenis pendekatan tebak-dan-periksa kasar yang sering diperlukan untuk menguraikan informasi terenkripsi. Beruntung bagi kita semua, telah terbukti lebih mudah untuk membuat algoritme enkripsi baru daripada membuat komputer yang cukup kuat untuk memecahkannya.

Kekuatan enkripsi tidak hanya bergantung pada kekokohan algoritme. Bagaimana Anda menggunakan enkripsi itu penting.

Misalnya Anda mengirim pesan kepada seseorang menggunakan aplikasi yang terpasang di ponsel Anda. Pesan dikirim dari telepon Anda, ke server pusat, dan kemudian diteruskan ke penerima. Jika pesan dienkripsi saat berpindah dari Anda ke server pusat, dan kemudian dari server pusat ke penerima, pesan tersebut dikatakan dienkripsi “dalam perjalanan”. Enkripsi transit lebih baik daripada tidak ada enkripsi, tetapi itu berarti bahwa informasi yang Anda kirim dapat dibaca oleh server pusat.

 

Opsi yang lebih aman adalah enkripsi ujung ke ujung (E2EE ). Enkripsi ujung ke ujung memastikan bahwa informasi dienkripsi oleh Anda, dan hanya dapat dibaca oleh penerima yang dituju. Tidak ada perantara yang dapat membaca informasi yang Anda tukarkan. Ini tidak sangat mudah — jika titik akhir disusupi, data Anda tidak akan aman.

Berikut adalah kumpulan layanan yang dapat digunakan untuk mengirim email, pesan, atau file terenkripsi ujung ke ujung. Semua layanan yang tercantum di sini telah diaudit oleh pihak ketiga, jadi kami relatif yakin bahwa mereka aman.

ProtonMail (Email)

ProtonMail adalah layanan email aman yang berbasis di Swiss. Semua yang Anda unggah disimpan terenkripsi, dan email yang Anda kirim dienkripsi ujung-ke-ujung. ProtonMmake itail menawarkan beberapa tingkatan yang berbeda — akun gratis memberi Anda satu gigabyte penyimpanan, satu alamat email, dan 150 pesan per hari. Jika Anda membayar untuk akun premium, Anda mendapatkan lebih banyak penyimpanan, akses ke lebih banyak alamat email dan domain email khusus, dan pesan tak terbatas.

Proton juga menerbitkan laporan transparansi, yang menguraikan seberapa sering mereka diminta untuk menyerahkan data ke Swiss government.

Thunderbird Dengan OpenPGP (Email)

Thunderbird adalah klien desktop email yang dikembangkan oleh Mozilla. Ini melayani tujuan yang sama seperti program seperti Microsoft Outlook dan Apple Mail, dan dapat sepenuhnya berintegrasi dengan hampir semua layanan email yang Anda gunakan, termasuk Gmail, Hotmail, Yahoo, dan ProtonMail, antara lain.

 

Thunderbird telah dikemas dengan Open Pretty Good Privacy, atau OpenPGP, yang terpasang sejak Agustus 2020. OpenPGP adalah standar enkripsi yang memungkinkan pengguna memastikan dua hal penting: bahwa peserta dalam pertukaran adalah siapa yang mereka katakan, dan bahwa informasi yang dipertukarkan dienkripsi, dan tidak dirusak dengan cara apa pun.

Signal (Obrolan)

Signal telah menjadi aplikasi yang menentukan untuk komunikasi pribadi terenkripsi. Mendukung teks, pesan multimedia, obrolan video, dan panggilan. Sinyal diamankan menggunakan skema enkripsi kuat yang disebut Protokol Sinyal. Protokol Sinyal sendiri telah diaudit berulang kali oleh pihak ketiga, dan secara konsisten menerima nilai bagus. Riwayat kinerja yang baik tidak menjamin bahwa skema enkripsi akan tetap efektif di masa depan, tetapi ini adalah pertanda positif.

Jika Anda mencari aplikasi perpesanan berorientasi privasi dengan semua lonceng dan peluit yang kami datangi harapkan, saat ini tidak ada opsi yang lebih baik daripada Signal.

Telegram (Obrolan)

Telegram — seperti namanya — adalah aplikasi perpesanan lain. Telegram mendukung obrolan suara dan video, serta pesan teks dan multimedia biasa. Penting untuk dicatat bahwa Anda harus memilih fitur “Obrolan Rahasia” aplikasi, tetapi setelah itu, semua komunikasi Anda akan dienkripsi menggunakan protokol MTProto internal mereka.

 

WhatsApp (Obrolan)

WhatsApp tidak perlu diperkenalkan. Ini adalah aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan di dunia, memiliki lebih dari 2 miliar pengguna. WhatsApp telah mengaktifkan enkripsi ujung ke ujung secara default untuk semua percakapan sejak 2016. Semua layanan yang ditawarkan oleh WhatsApp dienkripsi, termasuk pesan teks, pesan multimedia, dan panggilan suara dan video. Mereka bahkan telah menambahkan opsi untuk mengenkripsi cadangan Anda, yang memastikan percakapan Anda tetap pribadi, bahkan jika cadangan harus jatuh ke tangan yang jahat.

Peringatan: Enkripsi ujung ke ujung bukanlah privasi akhir dari segalanya. WhatsApp mengubah persyaratan privasinya pada tahun 2021 menjadi respons yang sangat negatif. Meskipun WhatsApp tidak dapat melakukan apa pun dengan konten pesan Anda, WhatsApp masih mengumpulkan metadata, dan membagikan metadata tersebut dengan perusahaan induknya, Meta.

Facebook Messenger (Chat)

Facebook tidak pernah menjadi anak poster untuk privasi, tetapi itu belum menghentikannya dari membuat perubahan positif sesekali. Facebook Messenger — seperti WhatsApp — mendukung pesan terenkripsi ujung ke ujung menggunakan Protokol Sinyal. Itu berarti bahwa selama titik akhir diamankan dengan benar, percakapan Anda akan tetap pribadi.

Ini tidak diaktifkan di Messenger secara default. Anda harus masuk ke pengaturan percakapan untuk mengaktifkannya.

Warning: Hanya karena isi pesan dienkripsi tidak berarti bahwa Facebook tidak dapat mengumpulkan metadata tentang percakapan Anda.

 

Apple iMessage (Obrolan)

iMessage Apple sangat populer, dan untuk alasan yang bagus. iMessage telah mendukung sejumlah fitur canggih selama bertahun-tahun, termasuk reaksi obrolan, tanda terima baca yang andal, dan enkripsi ujung ke ujung. Itu menjadi standar pada setiap iPhone sebagai aplikasi SMS default – pengguna iPhone lainnya terkenal dengan warna biru, sementara yang lainnya berwarna hijau. Perbedaan warna lebih dari sekadar kosmetik, ini sebenarnya memberi tahu Anda beberapa informasi penting. Gelembung obrolan biru menunjukkan — antara lain — bahwa pesan dienkripsi antara Anda dan penerima melalui iMessage, sedangkan pesan hijau telah dikirim menggunakan SMS konvensional, yang terkenal tidak aman. iPhone, dikombinasikan dengan kumpulan fitur dan enkripsi ujung ke ujung menjadikannya aplikasi yang memikat, bahkan untuk pengguna Android.

VeraCrypt (File)

VeraCrypt adalah cabang dari proyek sumber terbuka TrueCrypt. Veracrypt — seperti TrueCrypt sebelumnya — menawarkan cara sederhana dan kuat untuk mengenkripsi segala sesuatu mulai dari drive sistem hingga disk cadangan hingga file individual. Ini melayani fungsi yang sangat berbeda dari aplikasi lain yang tercantum dalam artikel ini. Aplikasi tersebut terutama dirancang untuk menyediakan komunikasi terenkripsi ujung-ke-ujung, sedangkan VeraCrypt dirancang untuk memungkinkan Anda mengenkripsi file Anda.

VeraCrypt bekerja dengan membuat disk terenkripsi virtual yang dipasang seperti hard drive nyata. Setelah disk virtual terenkripsi dibuat, Anda dapat memindahkan dan membuat file seperti yang Anda lakukan di sistem file lainnya. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan file terenkripsi untuk nanti, atau mengirimkannya, mengetahui bahwa tidak ada yang dapat mengintip apa yang Anda lakukan. Anda bahkan dapat menyembunyikan semua data Anda dalam Volume Tersembunyi VeraCrypt, jika Anda ingin ekstra hati-hati.

Tentu saja, penerima file harus menginstal perangkat lunak VeraCrypt dan kata sandi yang digunakan untuk melindungi file agar dapat membukanya.

VeraCrypt jauh lebih praktis daripada aplikasi perpesanan dalam artikel ini, jadi memulai VeraCrypt membutuhkan waktu lebih lama.

Meskipun ada banyak layanan di luar sana yang menjanjikan untuk mengirimkan pesan dengan aman, layanan di atas adalah yang kami rekomendasikan dan percayai . Beberapa opsi seperti “mode rahasia” Gmail sebenarnya tidak seaman yang Anda kira, sementara kami menyarankan untuk menghindari layanan yang kurang dikenal yang tidak memiliki rekam jejak dan reputasi yang kuat untuk privasi dan keamanan.

Itulah berita seputar Cara Gratis Terbaik untuk Mengirim Email Terenkripsi dan Pesan Aman, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.