Cara Hanya Mengizinkan Panggilan Dari Kontak di Ponsel Android

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Setiap kali seseorang mengganggu Anda dengan panggilan yang tidak diminta dan mereka tidak ada dalam daftar kontak Anda, insting pertama Anda adalah memblokirnya. Tetapi ketika panggilan yang tidak diinginkan ini meningkat menjadi hampir selusin sehari, memblokirnya satu per satu bukan lagi solusi yang layak. Akibatnya, mungkin membantu untuk mengetahui cara memfilter panggilan yang tidak ada dalam daftar kontak Anda.

Jika Anda menggunakan ponsel Android dan hanya ingin mengizinkan panggilan dari orang-orang di daftar kontak Anda, Anda telah datang ke tempat yang benar. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan proses tersebut sehingga Anda dapat mencegah panggilan yang tidak diinginkan. Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Cara Hanya Mengizinkan Panggilan Dari Kontak di Ponsel Android

Mendapat panggilan dari penguntit, spammer, telemarketer, dan scammer bukanlah hal yang menyenangkan. Tapi jangan khawatir. Selain memblokir kontak tertentu, banyak ponsel Android memiliki fitur yang membantu Anda memblokir panggilan dari nomor yang tidak ada dalam daftar kontak Anda. Plus, banyak aplikasi pihak ketiga dapat membantu memecahkan masalah jika ponsel Anda tidak mendukung fitur tersebut.

Sayangnya, memblokir panggilan dari non-kontak berbeda dari satu model Android ke model lainnya karena produsen menyesuaikan OS Android agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Di bawah ini, kami telah membahas cara melakukan proses pada beberapa merek ponsel utama.

Cara Hanya Mengizinkan Panggilan Dari Kontak di Ponsel Huawei

Jika Anda menggunakan Huawei dan hanya ingin menerima panggilan dari kontak yang dikenal, ikuti langkah-langkah ini:
Luncurkan aplikasi Telepon.Ketuk tiga titik di sudut kanan atas layar.Dari opsi, pilih “Blocked.”Buka “Calls” dan pilih “Block rules.”Jika Anda menggunakan EMUI 10 , pilih “Aturan Pemblokiran Panggilan”; jika tidak, pilih “Block Strangers.” Centang opsi “Block Unknown Number”.
Cara Hanya Mengizinkan Panggilan Dari Kontak di Oppo

Jika Anda menggunakan Oppo, ikuti langkah-langkah ini untuk hanya mengizinkan panggilan dari orang-orang di daftar kontak Anda.
Buka Pengaturan aplikasi. Gulir ke bawah dan pilih “Panggil.” Aktifkan menu sakelar “Blokir nomor tidak dikenal”.
Cara Hanya Mengizinkan Panggilan Dari Kontak di Samsung

Samsung adalah merek teratas lainnya di ekosistem Android. Berikut cara hanya mengizinkan panggilan dari orang-orang di daftar kontak Anda jika Anda menggunakan Samsung.
Buka aplikasi Telepon.Ketuk tiga titik di bagian atas layar.Dari menu, pilih “Pengaturan.” Pilih “Blokir nomor. Nyalakan sakelar sakelar Blokir nomor tak dikenal Panggilan Dari” dan pilih “Hanya kontak.” Anda juga dapat mengubah opsi menjadi “Hanya Kontak Favorit” untuk hanya mengizinkan panggilan dari kontak favorit Anda. Dengan opsi di atas diaktifkan, Anda tidak akan mendengar telepon berdering kecuali penelepon ada dalam daftar kontak Anda. Namun, panggilan tetap harus masuk.

Cara Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Memblokir Panggilan yang Bukan Dari Kontak

Jika ponsel Anda tidak mengizinkan Anda memblokir orang asing, maka pilihan terbaik Anda adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi pihak ketiga di Google Play Store, tetapi mendapatkan yang berfungsi dengan benar bisa jadi rumit.

Untungnya, aplikasi Daftar Hitam Panggilan melakukan pekerjaan yang cukup baik. Berikut cara menggunakan aplikasi untuk memblokir panggilan dari nomor yang tidak ada dalam daftar kontak Anda.
Unduh dan instal aplikasi Daftar Hitam Panggilan.Luncurkan aplikasi dan navigasikan ke tab “Daftar Hitam”. Dari opsi, pilih “Pengaturan.” Buka ke “Memblokir” dan centang opsi “Nomor tidak dikenal”. Anda juga dapat memblokir panggilan dari “Nomor pribadi” jika Anda mau.
Cara Mengidentifikasi Nama Penelepon yang Tidak Ada di Daftar Kontak Anda

Memblokir semua panggilan kecuali yang berasal dari kontak Anda dapat cukup berisiko. Ini berarti orang baru tidak dapat menghubungi Anda, sehingga meningkatkan kemungkinan kehilangan panggilan penting. Untuk alasan itu, mungkin membantu untuk mengetahui siapa sebenarnya yang menelepon sehingga Anda dapat memutuskan apakah akan mengangkat panggilan atau tidak. Dan di situlah Truecaller masuk.

Truecaller adalah layanan freemium yang memungkinkan Anda melihat nama penelepon jika mereka bukan bagian dari daftar kontak Anda. Berikut cara menggunakan aplikasi untuk mengidentifikasi panggilan dari nomor yang tidak dikenal:
Unduh dan instal Truecaller. Izinkan aplikasi mengakses kontak Anda. Masuk ke aplikasi menggunakan kredensial Anda. Sekarang, setiap kali Anda menerima panggilan dari nomor baru, aplikasi akan menampilkan Anda nama pemanggil.
Truecaller dapat membantu mengidentifikasi panggilan penipuan karena ini menunjukkan jika pengguna lain telah menandai nomor baru sebagai spam. Namun, nama yang ditampilkan Truecaller hanyalah apa yang diisi pengguna saat mendaftar. Oleh karena itu, mungkin palsu jika pengguna tidak menggunakan nama asli mereka saat mendaftar untuk sebuah akun. Namun secara keseluruhan, ini adalah aplikasi yang sangat baik jika ponsel Anda tidak memiliki fitur perlindungan spam.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi untuk memblokir panggilan yang tidak ada dalam daftar kontak Anda. Inilah cara melakukan prosesnya.
Buka Truecaller. Ketuk tiga titik di sudut kanan atas layar. Dari opsi, pilih “Pengaturan” dan buka “Blokir.” Gulir ke bawah dan aktifkan “Blokir nomor tidak di phonebook” option.
Tanya Jawab Tambahan
Bagaimana saya hanya mengizinkan panggilan dari kontak saya di Xiaomi?

Xiaomi tidak menyediakan cara bagi Anda untuk mengizinkan panggilan hanya dari kontak Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Truecaller.

Simpan Panggilan yang Tidak Diinginkan di Bay

Meskipun menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal dapat mengganggu, tidak ada alasan untuk stres karena ada banyak perbaikan untuk masalah tersebut. Misalnya, sebagian besar ponsel Android menyediakan fitur yang membantu Anda memblokir orang asing. Namun, fiturnya sedikit berbeda dari satu versi Android ke versi lainnya. Selain itu, aplikasi pihak ketiga seperti Truecaller dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Terlepas dari itu, kami harap Anda sekarang dapat mengubah pengaturan sehingga Anda hanya menerima panggilan dari orang-orang di daftar kontak Anda.

Apakah Anda telah menyesuaikan pengaturan untuk hanya mengizinkan panggilan dari kontak ? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.